Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Cara Penggunaan dan Pemanfaatan Dadap Serep Untuk Pengobatan Herbal

Posted by

Pohon Dadap Serep aslinya adalah tanaman hutan, karena kemampuan tumbuhnya yang bisa mencapai tinggi diatas 20 meter maka tanaman ini jarang ditanam di sekitar rumah dan pekarangan. Tanaman dadap ini bisa tumbuh pada dataran dengan ketinggian 300 - 1500 dpl dan bisa tumbuh bagus ditanah yang mengandung garam dan berpasir. Tanaman dadap serep mempunyai sifat khas : pahit, mendinginkan, dan membersihkan darah. Kandungan Zat aktif pada dadap serep : Alkaloid, eritradin, eritrina, aritramina, hipaforina, dan erisofina. Tanaman dadap serep menghasilkan kayu ringan, lunak dan berwarna putih yang baik untuk pembuatan pelampung, peti-peti pengemas, pigura, dan mainan anak. Daun mempunyai khasiat sebagai Antipiretik dan anti inflamasi, dapat digunakan untuk mengobati Demam, Pelancar ASI, Sariawan perut, mencegah keguguran (obat luar), Nifas (obat luar), Perdarahan bagian dalam (obat luar), Sakit perut (obat luar). Kulit Kayu mempunyai khasiat sebagai Ekspektoran,dapat digunakan untuk menyembuhkan Batuk dan Sariawan perut.

Tanaman Dadap serep adalah tanaman kayu yang batangnya licin dengan warna kelabu kehijau-hijauan dengan gari-garis pucat yang membujur, Batang ada yang berduri dan ada yang halus, batang yang berduir biasanya dengan duri-duri tempel kecil berukuran 1–2 mm. Bagian kulit batang yang masih muda berkulit halus dan bergaris-garis vertikal hijau, abu-abu, coklat muda atau keputihan

Bentuk daunnya akan membesar semakin ke ujung. Kadang bisa bentuknya sampai bulat dengan ujung yang pendek dan tajam. Daun dadap berupa daun majemuk beranak daun tiga, hijau hingga hijau muda, poros daun dengan tangkai panjang 10–40 cm. Anak daun bundar telur terbalik, segitiga, hingga bentuk belah ketupat dengan ujung tumpul; anak daun ujung yang terbesar ukurannya, 9-25 × 10-30 cm.

Bunga-bunga tersusun dalam tandan berbentuk kerucut, di samping atau di ujung ranting yang gundul, yang biasanya muncul tatkala daun berguguran. Mahkota bunga berwarna merah jingga hingga merah gelap; benderanya 5,5-8 × 8 cm, berkuku pendek, tidak bergaris putih. Polong tebal dan berwarna gelap, menyempit di antara biji-biji, berukuran 15-20 cm × 1.5-2 cm, berisi 5-10 butir biji berbentuk telur, coklat, merah atau ungu mengkilap.

Penelitian Ilmiah Untuk Mengungkap Manfaat Tanaman Dadap Serep

Penelitian Dadap Serep Sebagai Antipiretik
Penelitian efek antipiretik hasil penyarian dan infus daun Dadap Serep terhadap burung merpati. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata infus daun Dadap Serep berkhasiat sebagai antipiretik, sedangkan hasil penyarian dengan kloroform tidak memberikan efek antipiretik. Sebagai kontrol digunakan suspensi parasetamol 300 mg/kg bb. (Penelitian Roswina Silalahi, 1988. Jurusan Farmasi, FMIPA USU.)

Penelitian Dadap Serep Sebagai Analgesik
Penapisan aktivitas farmakodinamik ekstrak etanol daun beberapa species Erythrina (E. orierrtalis, E. irtdica, dan E. litliospernla). Dari hasil penelitian tersebut, ternyata ekstrak etanol ketiga daun tersebut memiliki aktivitas penekanan sistem saraf pusat, relaksasi otot simpatolitik dan para simpatomimetik.
Aktivitas analgesik hanya terdapat pada E. indica dan F. litlnosperrrla. Intensitas efek meningkat dengan meningkatnya dosis yang diberikan. (Penelitian Roy Mustakin, 1992. Jurusan Farmasi, FMIPA UNAND. dengan Pembimbing: Drs. Rusdi, M.S. dan Dra. Armenia, M.S)

Penelitian Dadap Serep Untuk Produksi Air Susu
Penelitian pengaruh pemberian infus daun Dadap Serep terhadap produksi air susu pada mencit yang menyusui. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata ada perbedaan yang bermakna produksi air susu pada pemberian infus Dadap Serep 40%. (Penelitian Christine Gunawan, 1993. Fakultas Farmasi, WIDMAN. dengan Pembimbing: Drs. Soemartojo.)

Cara Memanfaatkan Dadap Serep Sebagai Obat Herbal

Mengatasi Sariawan Perut
Caranya: Siapkan kulit kayu Dadap Serep 3 gram, Sidowayah 3 gram, Daun Prasman segar 4 gram, Akar Manis Cina 4 gram, Air 110 ml. Semua bahan dibuat infus. Diminum sehari 1 kali 100 ml. Diulang selama 14 hari.

Mengatasi Perdarahan/Peradangan Bagian Dalam 
Caranya: Siapkan Daun Dadap Serep segar secukupnya,air secukupnya. Dipipis hingga berbentuk pasta.
Dibalurkan pada bagian yang diperkirakan terjadi perdarahan bagian dalam. Lakukan setiap 3 jam sekali.

Obat Alami untuk Sakit Perut
Caranya: Ambil  Daun Dadap Serep segar secukupnya, Daun Sosor Bebek secukupnya, Air secukupnya. Dipipis hingga berbentuk pasta. Balurkan pada perut. Diperbaharui setiap 3 jam sekali.

Mengatasi Demam
Caranya: Penderita Demam Dapat dikompres dengan daun Dadap Serep yang dipipis halus.

Menjaga Kesehatan Saat Nifas
Caranya: Siapkan bobokan daun Dadap Serep dan memakai gurita

Efek Samping dan Bahaya Pemakaian Dadap Serep
Belum ada laporan tentang efek samping penggunaan daun dadap serep sebagai obat herbal selama pemakaiannya mengikuti aturan dan anjuran yang tepat. Jangan menggunakan obat herbal secara berlebihan karena segala yang berlebihan bisa memicu timbulnya efek samping.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 18:50:00

0 komentar: