Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Enam Pasar Hewan Besar di Wonogiri Jawa Tengah

Posted by

Tidaklah berlebihan jika propinsi Jawa Tengah merupakan salah satu lumbung ternak sapi nasional. Dulu sebelum Jabodetabek dibanjiri dengan sapi impor jenis brahman cross asal Australia, sapi-sapi lokal dari Jawa Tengah merupakan salah satu andalan jagal untuk memenuhi kebutuhan sapi potongnya.

Banyak kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang menjadi jujugan para pedagang sapi dan blantik dari Jawa Barat maupu DKI Jakarta yang akan berbelanja sapi lokal. Beberapa daerah tersebut antara lain seperti ke Banyumas, Klaten, Magelang, Sragen, Boyolali, Salatiga, Solo dll.

Salah satu sentra sapi lokal di Jawa Tengah ada di Wonogiri Solo, hal ini ditandai dengan adanya 6 pasar hewan besar yang buka pada hari hari pasaran Jawa seperti pon, wage, kliwon dll.

Dimana saja pasar hewan besar yang ada di Wonogiri?

Pasar Hewan, Sapi dan Kambing, di Wonogiri

Jawa Tengah juga masih merupakan sentra penghasil sapi lokal selain Jawa Timur. Sebagai sentra sapi lokal tentu terdapat tempat khusus sebagai sarana jual beli dan komunikasi antar pemain sapi yang meliputi pedagang, blantik jagal dan lain-lain.

Ilustrasi: PASAR HEWAN BESAR
Di Wonogiri Jawa Tengah terdapat dua pasar hewan yang tergolong besar dan ramai dari jumlah 6 pasar hewan yang ada. yaitu Pasar Hewan Purwantoro dan Pasar Hewan Pracimantoro.

Pasar Hewan Purwantoro Wonogiri mempunyai hari pasaran pon dan wage dengan populasi sapi yang diperdagangkan antara 450 - 550 ekor tiap hari pasarannya. Pada saat ramai pedagang yang datang tidak hanya pedagang lokal wonogiri tetapi juga dari luar daerah Wonogiri seperti dari Jawa Barat, Banten dan Jakarta.

Pasar Hewan yang kedua yang ada di Wonogiri adalah Pasar Hewan Pracimantoro yang memiliki hari pasaran wage dan legi.

Di Kabupaten Wonogiri terdapat enam pasar hewan besar, yaitu di Kecamatan Purwantoro, Slogohimo, Jatisrono, Sidoharjo, Wuryantoro, dan Pracimantoro. Sementara pasar kambing ada di Wonogiri, Pracimantoro, Baturetno, Tirtomoyo, Sidoharjo, Slogohimo, Jatisrono, dan Purwantoro.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 05:03:00

0 komentar: