Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Kacang Tanah, Manfaat Dan Kandungan Nutrisinya

Posted by

Salah Satu Cara Menurunkan Kolesterol : Makan Kacang Tanah

Kacang tanah. Jenis kacang-kacangan yang satu ini sangat digemari oleh semua umur baik tua maupun muda pria dan wanita. Jika anda ingat saat musim piala dunia atau piala eropa, kacang tanah laris manis sebagai camilan ringan saat menonton piala dunia. Kacang tanah dapat dimakan langsung dengan cara digoreng, direbus maupun disangrai. Jika anda ingin mengonsumsi kacang tanah secara sehat sebaiknya tidak digoreng tetapi bisa disangrai atau direbus.
Ternyata kacang tanah, saat dikonsumsi secara jumlah yang wajar tidak berlebihan sangat bagus untuk membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah. Hal ini karena kacang tanah mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan. Kacang tanah juga kaya serat yang sangat bagus bagi pencernaan dan mengurangi penyerapan lemak dan kolesterol. Jadi jika anda ingin sehat tanpa gangguan kolesterol bisa mulai mengonsumsi kacang tanah dalam jumlah sewajarnya saja.

Kandungan Nutrisi Kacang Tanah
Seperti jenis kacang-kacangan yang lain, kandungan lemak pada kacang tanah termasuk tinggi, tetapi jangan kuatir karena lemak pada kacang tanah adalah lemak jenuh yang tidak berbahaya bagi jantung anda juga tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut kandungan nutrisi pada 1 cangkir kacang tanah:
  • Energi: 828 kalori, hal ini setara dengan 8% dari kebutuhan harian.
  • Lemak 72 gram yang artinya melebihi sekitar 110% dari kebutuhan harian
  • Protein 37 gram setara dengan 73% protein dari kebutuhan harian
  • Karbohidrat 24 gram, dengan mengonsumsi 1 cangkir kacang tanah maka 8% kebutuhan harian karbohidrat terpenuhi.
  • Serat 12 gram, setara dengan pemenuhan 19% dari kebutuhan harian
  • Lemak Jenuh 10 gram setara dengan 50% dari kebutuhan harian
Sumber: Healthyeating.sfgate.com, Health Benefits of Raw Peanuts)

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Meningkatkan Kesuburan Dan Baik Bagi Ibu Hamil
Kandungan asam folat pada kacang tanah dapat mencegah cacat tabung syaraf pada bayi dan juga janin. Dengan mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat mengurangi resiko kecacatan pada syaraf otak janin hingga 70%.

Menstabilkan Kadar Gula Darah
Seperempat cangkir kacang dapat memasok tubuh dengan 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari mangan, mineral yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium, dan regulasi gula darah.

Mencegah Batu empedu
Mungkin mengejutkan bahwa kacang dapat membantu mencegah batu empedu. Tapi 20 tahun penelitian telah menunjukkan bahwa makan 1 ons kacang, kacang atau selai kacang seminggu menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

Mencegah dan Meringankan Depresi
Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

Membantu Detoks Racun Pada Tubuh
Serat dalam kacang-kacangan sangat penting untuk mengeluarkan racun. Racun dalam tubuh menyebabkan kulit yang kusam dan minyak berlebih. Makan kacang secara teratur membantu membuang kelebihan racun pada tubuh untuk membuat kulit yang sehat.

Memperkuat Akar Rambut dan Menyehatkan Rambut
Kacang mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kacang tanah berisi asam lemak omega 3 yang tinggi, untuk memperkuat folikel kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mencegah Timbulnya Kebotakan
Kacang merupakan sumber arginin, yaitu asam amino yang sangat membantu untuk mengobati kebotakan pada pria dan mendorong pertumbuhan rambut sehat. Zat ini juga menyehatkan dinding untuk meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh juga penting untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.

Memperkuat Kerja Otak, Meningkatkan Daya Ingat

Hal ini disebabkan adanya kandungan vitamin B3 atau niasin konten yang banyak manfaat kesehatan termasuk fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Kandungan nutrisi yang sama pada kacang tanah yang memberikan kekuatan meningkatkan memori mereka juga membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Ditambahkan ke yang isinya tembaga mereka yang membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kacang kaya hati-ramah lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat. Meraih segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya empat kali seminggu untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.  Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Mengkonsumsi segenggam kacang tanah setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut dibuktikan pada sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 6.000 perempuan. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang makan kacang-kacangan atau selai kacang dalam jumlah banyak memotong resiko mereka akan penyakit jantung hampir setengahnya. Para perempuan tersebut diminta untuk melengkapi kuisioner makanan setiap dua sampai empat tahun antara tahun 1980 dan 2002. Jumlah perempuan yang menjadi penderita dari kondisi seperti serangan jantung atau stroke, atau membutuhkan perawatan revaskulerisasi untuk penyakit jantung, juga dicatat. Secara keseluruhan, terdapat 452 “peristiwa” yang berkaitan dengan pembuluh darah seperti serangan jantung atau revaskulerisasi – pembedahan untuk meningkatkan sirkulasi darah – dan 182 kasus stroke. Setelah menyesuaikan faktor-faktor tersebut yang dapat mempengaruhi hasil, para ahli menemukan bahwa perempuan yang memakan paling tidak lima porsi kacang-kacangan atau selai kacang setiap minggu memiliki 44% resiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan mengalami peristiwa seperti serangan jantung atau stroke.

Menurunkan Resiko Terserang Alzheimer
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan niasin dalam jumlah tertentu yang terdapat pada kacang tanah dapat menurunkan resiko serangan alzheimer hingga 70%. Dengan mengonsumsi 1/4 cangkir sehari kacang sudah dapat pasokan hampir seperempat dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari untuk niacin.

Mencegah Timbulnya Kanker
Suatu bentuk Fitosterol yang disebut beta-sitoserol (SIT) ditemukan dalam konsentrasi tinggi di beberapa pabrik minyak, biji-bijian, dan polong-polongan termasuk kacang. Pitosterol tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung dengan menghalangi penyerapan kolesterol, mereka juga melindungi terhadap kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor.

Menurunkan Berat Badan
Makan kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan diet menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu menurunkan resiko terjadinya obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengonsumsi kacang sama sekali.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 05:58:00

0 komentar: