Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Macam-macam Cara Mengobati Sapi Pincang Sesuai Penyebabnya

Posted by

Sapi Pincang, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Salah satu kecelakaan ringan yang sering menimpa seekor sapi adalah terpeleset sehingga kaki menjadi agak pincang. Bahkan jika terpeleset parah sampai kedua kaki sapi terpentang bisa menyebabkan sapi susah berdiri dan akhirnya bisa downer atau ambruk.


Salah satu cara untuk mengatasi sapi pincang tentunya harus diketahui lebih dahulu apa penyebab pincang pada sapi tersebut.

Jika kondisi pincang terjadi pada sapi-sapi dengan bobot hampir 1 ton atau bahkan 1 ton lebih biasanya penyebab utamanya adalah radang pada sendi kaki atau artritis. Artritis disebabkan dua faktor yaitu karena bobot sapi yang terlalu jumbo atau berat/besar dan juga dari konstruksi lantai kandang yang terlalu keras. Inilah sebabnya mengapa sapi-sapi besar jumbo yang dipelihara dikandang tanah jarang mengalami pincang akibat artritis.

Cara Termudah Mendiagnosa Sapi Pincang Atau Tidak

Cara paling mudah untuk mengetahui kepincangan sapi adalah dengan menuntunnya atau menggiringnya keluar kandang. Saat sapi mempunyai gejala pincang maka pada kaki yang pincang akan ada kecenderungan diangkat dan tidak menjadi tumpuan berat badan sapi. Hal ini karena sapi merasakan sakit pada kaki yang pincang akibat artritis tersebut.

Bagaimana Cara Mengobati Sapi Pincang Akibat Artritis?

Cara mengobatinya adalah dengan menempatkan sapi yang pincang pada kandang yang berlantai empuk seperti lantai tanah atau lantai dengan alas jerami atau bagas yang tebal. Bisa juga pada kandang dengan lantai papan atau dengan karpet khusus untuk kandang sapi.

Setelah sapi dipindahkan kekandang yang berlantai empuk dilanjutkan dengan pengobatan antibiotik jenis penstrep untuk mencegah infeksi bakteri. Berikan juga suntikan vitamin B kompleks sebagai penguat daya tahan tubuh dan berikan anti radang semisal dexametasone. Untuk dosis dan cara pemakaian obat bisa dilihat pada bungkus/kemasan obat yang digunakan.

Jika sapi pincang karena terpentang 2 kaki maka ada cara sederhana untuk mengatasinya yaitu ikat kedua kaki yang terpentang tadi dengan tali khusus (tampar) dengan jarak kedua kaki terpentang tidak lebih dari 40 cm (yang penting kondisi sapi bisa berjalan normal). Posisikan sapi dalam kondisi berdiri dan biarkan kaki terikat seperti ini selama 2 - 3 hari. Setelah waktu itu biasanya kondisi kaki sudah normal kembali dan ikatan pada kaki bisa dilepas.

Demikian sedikit tips cara mengatasi sapi pincang, silahkan bagikan dan sebarkan informasi ini jika berkenan, semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 06:30:00

0 komentar: