Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Manfaat Pare Yang Tersembunyi Dibalik Rasa Pahitnya

Posted by

Meski Terasa Pahit, Ternyata Pare Banyak Manfaatnya, Simak Tips Cara Mengurangi Rasa Pahitnya

Pare sayuran yang sangat terkenal, pare terkenal bukan karena rasanya yang enak atau gurih atau menyegarkan tetapi karena rasanya yang pahit.
Tahukah anda jika Pare diketahui dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh Anda dengan sangat baik. Anda bisa merebus pare dalam air lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin untuk melawan berbagai macam infeksi dan penyakit. Pare sangat kaya Vitamin C, yang merupakan antioksidan sangat kuat yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh.
Penggemar makanan siomay bandung biasanya akan sangat paham dengan sayur yang bernama pare. Meskipun demikian tidak semua penggemar siomay menginginkan pare dalam bungkusan siomaynya. Dan bagi nyang tidak menyukai pare, sang penjual siomay juga membebaskan pelanggannya untuk memilih item apa saja yang akan dibelinya saat berbelanja kuliner yang bernama siomay ini.
Manfaat Pare yang Jarang Diketahui: Mengonsumsi pare dapat memberi Anda kulit yang bersih dan bersinar yang bebas infeksi dan jerawat, dan benar-benar sangat membantu melawan rambut rontok, kulit kepala kering dan gatal, dan bahkan rambut beruban. 
Pare juga banyak dimasak sebagai masakan rumahan terutama para ibu yang menggemari rasa pahit yang terdapat pada pare. Pare banyak dimasak sebagai masakan oseng-oseng dicampur dengan bahan-bahan lain atau jenis sayuran lainnya.

Kebanyakan orang sangat tidak menyukai pare. Rasanya yang pahit membuat pare tak termasuk dalam daftar makanan favorit. Namun, kebanyakan ahli diet, pakar kesehatan, dan dokter justru menyarankan mengonsumsi pare secara rutin. Pasalnya, banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Ada berbagai macam cara mengonsumsi pare, mulai dari menjadikannya jus hingga memasaknya menjadi sayuran, atau bahkan menambahkannya dalam sup dan salad. Berikut ini delapan manfaat pare untuk kesehatan yang akan memotivasi Anda untuk mengonsumsinya lebih sering.

1. Meningkatkan sistem imun

Pare diketahui dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh Anda dengan sangat baik. Anda bisa merebus pare dalam air lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin untuk melawan berbagai macam infeksi dan penyakit. Pare sangat kaya Vitamin C, yang merupakan antioksidan sangat kuat yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh.

2. Mengobati penyakit pernapasan

Untuk penyakit pernapasan seperti pilek, batuk, dan bahkan asma ringan, jus pare atau pare mentah sangat dianjurkan. Jadikan kebiasaan mengonsumsi jus pare segar setiap pagi sebelum sarapan untuk hasil terbaik.

3. Mengurangi jerawat

Pare sangat baik untuk membersihkan dan mendetoksifikasi darah. Termasuk mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh dari dalam. Ini juga dapat membantu menghilangkan infeksi kulit dan darah seperti bisul, scabies, penyakit jamur, dan semacamnya.

4. Membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2

Pare mengandung phytonutrisi, polipeptida-P, yang mengandung insulin yang bisa menurunkan kadar gula darah. Ini juga bisa membentuk agen hipoglikemik yang disebut charantin yang membantu sintesis glikogen dalam darah. Inilah yang dapat membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2 dengan mengurangi kadar gula dalam darah.

5. Membantu menurunkan berat badan

Pare diketahui kaya antioksidan, ini sangat berguna membersihkan racun berlebih dari dalam tubuh yang menyebabkan kenaikkan berat badan. Mengonsumsi jus pare secara teratur telah terbukti secara efektif membantu penurunan berat badan, untuk memperoleh tubuh yang lebih langsing dan lebih sehat.

6. Mempertajam penglihatan

Pare mengandung beta karoten yang sangat berguna mengurangi infeksi mata, juga mempertajam penglihatan.

7. Mengurangi sembelit

Bagi orang yang menderita masalah perut berlanjut atau mempunyai masalah ringan dalam pencernaan usus, pare harus dimasukkan dalam menu makan mereka. Serat tersebut membantu mencerna makanan dan membantu mengatasi sembelit.

8. Mencegah penyakit jantung

Pare membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh, yang sering memblokir dinding arteri dan menyebabkan penyakit jantung. Jadi, mengonsumsi pare secara teratur baik untuk hidup bebas penyakit dan umur panjang

Ada baiknya, lupakan sejenak rasa pahit pare dan memasukkan sayuran yang sangat bagus ini dalam menu makanan Anda. Tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan, pare juga membantu memperoleh rambut dan kulit yang indah.

Cara Mengurangi Rasa Pahit Pada Pare

Rasa pahit pada sayuran buah pare (Momordica charantia L.) membuat sebagian orang enggan mengkonsumsi sayuran ini. Padahal pare mangandung beragam nutrisi esensial yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, buah pare juga banyak mengandung khasiat untuk kesehatan. Berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan makan pare, seperti kanker, diabetes, malaria, hepatitis, bronchitis, dan HIV AIDS. Rasa pahit buah pare disebabkan adanya kandungan zat quinine yang cukup tinggi pada pare. Berikut beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit buah pare :

Pencucian Air Garam

Belah pare menjadi dua bagian, buang bijinya. Potong-potong pare menjadi irisan tipis. Tambahkan 2 sendok makan garam dapur untuk 500 g potongan pare. Remas perlahan selama 1 menit. Diamkan pare selama 10 menit. Bilas pare dengan air bersih dan pare siap dimasak.

Menggunakan Daun Jambu Biji
Merebus potongan pare dengan daun jambu biji juga dapat mengurangi rasa pahit pare. Caranya, 500 g pare, buang bijinya dan iris tipis. Rebus di dalam air mendidih dengan 7 lembar daun jambu biji. Remas daun jambu sebelum digunakan. Rebus selama 4 menit. Angkat, tiriskan. Pare siap diolah sesuai kebutuhan resep.

Lempengan Tanah Liat
Memasak pare dengan tanah liat yang dikeringkan sangat efektif mengilangkan rasa pahit. Tanah liat yang dikeringkan banyak dijual di pasar tradisional, biasanya orang menggunakan tanah liat ini untuk menghilangkan rasa pahir pada daun pepaya. Caranya panaskan air, masukkan potongan pare dengan lempengan tanah liat. Rebus hingga mendidih. Angkat, tiriskan. Pare siap diolah.

Perkaya Bumbu Masak
Mengolah pare dengan paduan bumbu pedas, asin dan manis, seperti diolah menjadi sambal goreng pare membuat cita rasa pahit pare bisa dikurangi.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 06:13:00

0 komentar: