loading...

Menggemukkan Sapi Kurus Lebih Menguntungkan, Ini Penjelasannya!

loading...
Bagaimana Agar Usaha Penggemukan Sapi (Kereman) Lebih Menguntungkan?

Usaha menggemukkan sapi lokal di daerah pedesaan oleh para petani-peternak kecil memang terlihat sederhana, sesederhana kehidupan mereka di desa. Asal sapi yang dipeliharanya bisa dijual lebih tinggi saat panen setelah dipeliharaa beberapa bulan maka itulah yang dinamakan untung.

Bagaimana perhitungan biaya pakan? biaya tenaga kerja? kandang? dll? nyaris tanpa diperhitungkan karena bagi mereka beternak sapi adalah cara mereka menabung. Sapi adalah alat konversi yaitu untuk mengkonversikan rumput hasil mereka "ngarit" setiap hari menjadi daging sapi dan pada akhirnya akan menjadi uang saat sapi tersebut dijual. Tenaga kerja tidak diperhitungkan karena mereka mencari rumput sebagai sambilan saat pergi kesawah atau keladang.

Tetapi itu semua adalah jaman dulu alias jaman old karena saat ini, jaman now, banyak peternak kecil yang sudah mulai lebih serius dalam memelihara sapi sehingga saat dijual benar-benar bisa menguntungkan. Memang sebagian besar mereka masih hanya memperhitungkan biaya pakan seperti konsentrat atau ampas tahu atau pakan lain yang diperoleh dengan membeli sedangkan rumput hasil ngarit tetap dianggap gratis.

Ada satu ilmu sederhana yang banyak diterapkan oleh para peternak kecil yang sudah berpengalaman yaitu dengan membeli sapi kurus tetapi sehat saat berbelanja sapi bakalan di pasar hewan.

Apa keuntungan dengan membeli sapi kurus tetapi sehat?
Keuntungan pertama adalah harga sapi kurus dipasar hewan bisa dipastikan sangat miring sehingga modal untuk membeli sapi bakalan bisa hemat, bahkan modal untuk 1 ekor sapi bakalan yang bagus bisa digunakan untuk membeli 2 ekor sapi bakalan yang kurus.

Keuntungan lainnya adalah sapi kurus biasanya merupakan sapi yang kurang terawat oleh pemiliknya, seperti kekurangan pakan atau dikasih pakan cukup tetapi tidak ada nutrisinya misalnya hanya diberi pakan jerami padi saja tanpa tambahan pakan yang lain. Sapi model seperti ini saat digemukkan dengan pakan yang berkualitas dengan nutrisi cukup dan jumlah memadai akan cepat sekali gemuk dengan pertambahan bobot badan yang sangat bagus, istilah kerennya "kompensatory gain" nya tinggi. Kompensatory gain yang tinggi akan menyebabkan pakan menjadi sangat efisien sehingga biaya pakan untuk menaikkan 1 kg sapi setiap harinya menjadi sangat murah. Tentunya jika biaya pakan murah saat sapi dijual akan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Jadi tips sederhana untuk menggemukkan sapi yang lebih menguntungkan jika modal terbatas adalah belilah sapi bakalan kurus tetapi dipastikan sehat karena harga akan lebih murah dan bisa mendapatkan kenaikkan bobot badan yang maksimal.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 01:10:00