loading...

Burung Kutilang, Jenis Cucak-cucakan Yang Kurang Diminati Kicau Mania

Posted by

Loading...
Mengenal Kutilang, Burung Kicau Kecil Yang Masih Diremehkan Keberadaannya

Burung Kutilang Mudah Jinak. Pengalaman dulu pernah memelihara burung kutilang mulai dari kecil dan sering dicarikan pakan belalang kecil dan juga buah-buahan kecil ternyata setelah besar, burung ini jadi sangat jinak. Meskipun dilepaskan begitu saja dari sangkarnya dan terbang kemanapun ia suka tetapi begitu bosan dari "kluyuran" burung ini akan balik lagi masuk ke sangkarnya. Bahkan ketika dipanggil dengan bunyi siulan tertentu burung kutilang ini langsung turun dan hinggap di pundak atau ditangan.

Dikutip dari wikipedia.com, Cucak Kutilang atau Kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa menamainya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Nama ilmiah burung kutilang adalah: Pycnonotus aurigaster.

Burung kutilang adalah salah satu burung kicau yang banyak sekali terdapat di Indonesia. Burung ini pandai dalam menirukan suara, cepat jinak, harganya murah, dan mudah untuk dilatih. Kutilang (Pycnonotus aurigaster) merupakan burung lokal yang masih dipandang sebelah mata oleh sebagian kicaumania. Di beberapa negeri jiran seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura, pamor kutilang (khususnya kutilang jambul) setara dengan burung kicauan lainnya, bahkan peserta di kelas kutilang pun terkadang lebih banyak daripada kelas lain seperti murai batu.
Burung Kutilang Sedang Makan Biji-bijian
Selain kutilang biasa (Pycnonotus aurigaster), ada dua kerabat dekatnya yang juga memiliki sebutan kutilang, yaitu kutilang mas / cucak kuning (Pycnonotus melanicterus) dan kutilang sutera / cucak kurincang (Pycnonotus atriceps). Kedua spesies ini banyak dipelihara sebagai burung master. Bahkan di Bangka-Belitung, cucak kurincang atau disebut penduduk setempat sebagai burung cep cep sudah dilombakan dan punya kelas khusus yang banyak peminatnya.

Kutilang mas / cucak kuning memiliki wilayah persebaran meliputi India, wilayah setalan China, dan Asia Tenggara termasuk Semenanjung Malaysia dan Indonesia.

Di negara kita, kutilang mas banyak dijumpai di Sunda Besar (Sumatera, Kalimantan, Jawa) dan Bali. Spesies ini memiliki kemiripan dengan kutilang sutera / cucak kurincang. Tetapi bulu cucak kuning lebih panjang, perutnya kuning, dan mata berwarna putih. Sedangkan warna bulu cucak kurincang kuning zaitun.


Suara kicauan kutilang mas memang terdengar monoton, namun suaranya bisa “ditangkap” burung lainnya seperti murai batu, sehingga bisa dijadikan masteran bagi murai batu atau sebagai pemancing agar MB mau bunyi.
Burung Kutilang Mas
Perawatan kutilang mas tidak jauh berbeda dari burung kutilang biasa dan kutilang sutera. Pakan yang bisa diberikan antara lain voer, buah-buahan yang bervariasi, dan serangga kecil seperti jangkrik dan ulat hongkong.

Info Harga Burung Kutilang

Burung kutilang sendiri banyak dijumpai di pulau Jawa seperti Jawa Timur, Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat sampai Banten. Namun anda juga bisa menemukan burung ini di pulau Sumatera dan Kalimantan. Harga burung kutilang sendiri tergolong tidak begitu mahal karena hanya dengan Rp 25 ribu saja sudah bisa mendapatkan yang anakan. Sedangkan untuk paling mahal yaitu jenis Sumatera harganya hanya mencapai Rp 450 ribuan.

Selain burung kutilang lokal ada juga yang jenis impor yaitu dari Malaysia dengan ciri-ciri tidak jauh berbeda. Kemudian untuk yang paling banyak diminati yaitu Kutilang Sutra, Kutilang Emas, Kutilang Mutiara dan Kutilang Jambul. Untuk daftar harga jenis-jenis burung kutilang lebih lengkap berikut di bawah ini.
Harga Burung Kutilang
  • Kutilang anakan Rp.25.000
  • Kutilang Dewasa Rp. 75.000
  • Kutilang Emas Anakan Rp.100.000
  • Kutilang Emas Dewasa Rp. 350.000
  • Kutilang malaysia Anak Rp.90.000
  • Kutilang Malaysia Dewasa Rp. 150.000
  • Kutilang sumatera Anak Rp.160.000
  • Kutilang sumatera Dewasa Rp. 450.000
Sumber omkicau.com, hargacara.com. wikipedia dan sumber lainnya. 

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 23:45:00

0 komentar: