Loading...

Download MP3 Suara Kicau Burung Manyar Yang Unik

Loading...
Seperti Apa Suara Kicau Burung Manyar? Anda Bisa Mendapatkan MP3 Kicauan Burung Ini Gratis Disini! Tinggal Download!
Selain Suara kicau burung manyar dalam format mp3, anda juga bisa download suara kicau mp3 jenis burung lainnya yang tidak kalah menarik dan gacor, seperti: kicau kenari, kicau lovebird, kicau cucak ijo, kicau cucakrowo, kicau pleci, kicau jalak, kicau kolibri, kicau anis merah, kicau anis kembang kicau, kicau cendet, kicau kapas tembak, kicau cucak jenggot, kicau burung gereja atau kicau burger, kicau kacer, kicau branjangan, kicau ciblek. kicau cililin, kicau cucak cungkok, kicau hwamei, kicau tledekan atau kicau sulingan, kicau kepodang, sanma dll.




Burung manyar adalah burung dengan kemampuan setara dengan tukang tenun profesional jika diasosiasikan dalam kehidupan manusia. Burung ini diberikan kemampuan oleh Tuhan untuk membuat sarang yang lain dari yang lain alias unik dan khas berbeda dengan sarang burung jenis lain yang sederhana. Dan ternyata keahlian menenun ini harus dimiliki burung jantan sebagai modal untuk meminang burung manyar betina.
Burung manyar dikenal sebagai burung yang hidup berkoloni, burung ini membangun sarangnya bersama sama bahkan terkadang bisa dijumpai dalam satu pohon ada puluhan sarang manyar berjejer menghias dahan dan rantingnya. Nama asing dari burung ini adalah weaver yang artinya penenun disebut demikian bukan tanpa alasan, keahlian menenun ini dimiliki oleh burung jantan yang membuat sarangnya dengan menenun bahan bahan sarang untuk menarik perhatian burung betinanya, jika ada burung betina yang tertarik dengan sarang tersebut maka ia akan masuk kedalamnya dan menjadikan burung jantan terebut pasangan hidupnya.

Burung manyar memiliki kemampuan meniru kicauan ketiga jenis burung tersebut dengan sangat fasih. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau burung ini mampu meniru suara kicauan jenis burung lainnya.

Ada jenis burung mannyar yang bagus jika dilihat secara fisik, yaitu burung manyar jambul. Burung ini nampak lebih elegan karena memiliki jambul sebagai mahkotanya. Menurut berbagai sumber, burung manyar jambul lebih mudah dalam menirukan suara burung kicau lainya, selain itu juga burung ini memiliki lagu yang lebih bervariasi.

Suara burung manyar yang apik menjadi buruan sebagian besar sobat kicaumania, terutama digunakan sebagai bahan pelatihan bagi burung kicau yang dilombakan. Suara burung manyar biasanya digunakan untuk memaster burung kacer, cucak jenggot, kenari, dan lain sebagainya.

Manyar termasuk dalam keluarga Ploceidae. Di seluruh dunia terdapat 119 spesies burung yang termasuk dalam keluarga ini. Dari jumlah tersebut, empat spesies di antaranya terdapat di Asia Tenggara, dan tiga di antaranya bisa dijumpai di Indonesia, yaitu :
  • Manyar tempua (Ploceus philippinus)
  • Manyar jambul (Ploceus manyar)
  • Manyar emas (Ploceus hypoxanthus)
Suara Burung Manyar memang cakep bila dipakai sebagai bahan mastering burung kicau, karena burung manyar memiliki suara kicauan yang khas, volume keras, dan merdu. Kita tahu bahwa burung manyar adalah burug kicau yang terbilang mungil fisiknya, tetapi kicauannya cukup berkelas dan dihargai

Burung manyar memiliki keunikan dalam membuat sarang. Seperti halnya burung namdur yang membuat sarang secantik mungkin untuk memikat burung betina, burung manyar jantan juga memiliki perilaku yang demikian. Burung manyar jantan mulai menenun sarangnya menjelang musim kawin tiba. Si jantan akan membangun sarang yang cantik, untuk dipersembahkan kepada burung betina.

Burung manyar sehari-hari hidup di daerah yang banyak pepohonannya, dan sering kali pula berada di area pemukiman penduduk untuk berburu makanan. Adapun pakan yang disukainnya adalah berupa biji-bijian. Jika dilihat sekilas, burung manyar agar mirip dengan burung gereja, tetapi burung manyar.

Untuk kawin, burung manyar betina akan memilih pejantan yang memiliki sarang paling baik dan paling menarik menurut si manyar betina.

Berbagai bentuk sarang burung manyar.
Sarang manyar memiliki bentuk yang sangat rumit. Burung jantan akan menganyam sarang begitu detail, lengkap dengan “pintu tipuan”. Disebut tipuan, karena pintu ini sengaja dibuatnya untuk menipu burung-burung predator yang kerap masuk ke dalam sarangnya.

Pintu tipuan tampak begitu jelas terbuka, namun sebenarnya buntu di dalam. Adapun pintu asli menuju sarang malah tersembunyi. Ketika pemangsa mencoba memasuki sarang melalui pintu tipuan, maka dia akan menjumpai area buntu.

Manyar jambul / streaked weaver (Ploceus manyar)
Manyar jambul (Ploceus manyar) memiliki ukuran tubuh paling kecil (sekitar 14 cm) dibandingkan dengan dua spesies lainnya. Burung jantan memiliki bulu hitam dan tanda kuning pada kepalanya. Pada musim kawin, burung jantan akan memiliki mahkota berwarna kuning emas.  Burung betina memiliki bulu kepala berwarna cokelat, dengan coretan hitam pada mahkota, dan bercak-bercak keputihan di bagian leher.
Manyar jambul jantan di luar musim kawin (kiri), burung betina (tengah), dan burung jantan pada musim kawin.

Manyar jambul terdiri atas 4 subspesies / ras, dengan wilayah persebaran yang berbeda, yaitu:
  • Ploceus manyar flaviceps : Habitat di wilayah tengah dan tenggara Nepal dan Pakistan, hingga India dan Sri Lanka.
  • Ploceus manyar peguensis : Habitat di wilayah timur India, Bangladesh, wilayah tenggara Bhutan, wilayah utara dan tengah Myanmar, wilayah selatan China, dan wilayah utara Laos.
  • Ploceus manyar williamsoni : Habitat di wilayah barat, tengah dan tenggara Thailand, Kamboja, dan wilayah selatan Vietnam.
  • Ploceus manyar manyar: Ras inilah yang merupakan burung endemik di Pulau Jawa, Pulau Bawean, dan Pulau Bali.
Manyar jambul sering ditemukan dalam koloni besar di beberapa tempat di dataran rendah. Dulu, burung ini mudah dijumpai di pohon kelapa atau tanaman palm di halaman rumah, juga pohon-pohon di sekitar kebun atau semak-semak.  Manyar jambul memiliki kemampuan meniru suara burung dengan sangat baik, terutama jika dirawat sejak berusia masih trotolan atau dalam kondisi yang sangat muda. Selain mudah dilatih, burung ini juga kerap menjadi masteran bagi jenis burung berkicau lainnya, terutama kenari dan burung finch lainnya.

Download Kicauan Burung Manyar Dalam Format MP3

Foto-foto Berbagai Jenis Burung Manyar
1. Streaked Weaver Ploceus manyar flaviceps  - Betina
  Streaked Weaver Ploceus manyar flaviceps - Jantan
2. Lesser Masked Weaver  Manyar topeng hitam - jantan
3. Black-breasted Weaver Manyar dada hitam - sepasang
4. Baya Weaver Ploceus philippinus philippinus   - Jantan
Baya Weaver Ploceus philippinus  - Betina


5. Asian Golden Weaver Manyar emas asia - jantan


 Asian Golden Weaver Manyar emas asia - betina
Finn's Weaver Ploceus megarhynchus - sepasang

Sumber artikel, gambar dan link download suara kicau manyar MP3 dari omkicau.com dan sumber lainnya

loading...

Blog, Updated at: 05:44:00