Loading...

Gelatik Batu Kelabu, Burung Pemakan Serangga

Loading...

Jenis Burung Kicau Pemakan Serangga, Gelatik Batu Kelabu
Gelatik-batu kelabu adalah spesies burung dari keluarga Paridae, dari genus Parus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan berbagai serangga yang memiliki habitat di hutan mangrove, hutan pantai, hutan hujan tropis. Menurut Wikipedia,  nama ilmiah dari burung gelatik batu kelabu adalah: Parus major
Untuk para pecinta burung kicauan, pastinya sudah mengenal burung gelatik batu. Burung gelatik batu termasuk burung yang dikenal sebagai burung ramah dan baik hati. Namun siapa sangka burung ini memiliki sifat yang sangat kejam.

Burung gelatik batu/wingko merupakan jenis burung berukuran kecil yang sangat digemari pecinta burung di seluruh dunia.

Penampilannya yang cukup menarik dan suara kicauannya yang merdu menjadikan banyak orang jatuh cinta pada jenis burung kicau ini. namun, diluar itu burung ini memiliki sifat kejam yang banyak dari mereka tidak mengetahuinya.

Saat dilakukan sebuah penelitian, rupanya burung gelatik tersebut tengah membantai seekor kelelawar dan selanjutnya akan memakan bagian kepalanya.

Kemudian juga diketahui bahwa burung gelatik ini ternyata gemar masuk ke dalam sebuah gua yang berisi hewan kelelawar. Di dalam gua tersebut, burung ini juga akan menangkap kelelawar yang tengah tertidur (hibernasi), dan selanjutnya akan memakan bagian dari kepalanya.

Tak hanya membunuh dan juga memakan kelelawar, jenis burung penghisap darah ini juga tercatat sering membunuh dan juga suka memakan bagian kepala dari burung gereja.

Tips Pemberian Pakan Burung Gelatik Batu
Berikut ini beberapa jenis pakan racikan yang dikutip dari omkicau.com yang berguna untuk menjaga performance gelatik batu tetap prima.

Jenis Ransum Gelatik Batu 1
Siapkan bahan-bahan seperti voer halus, susu bubuk yang tidak manis, dan kacang tanah mentah.
Voer halus dan susu bubuk dicampur, lalu diaduk hingga merata.
Kacang tanah disangrai, lalu dikupas kulitnya. Setelah itu ditumbuk hingga menjadi tepung.
Masukkan tepung kacang tanah ke dalam campuran voer dan susu. Semua bahan diaduk-aduk lagi hingga merata. Setelah tercampur rata, pakan bisa langsung diberikan kepada burung.

Ransum Gelatik Batu 2
Siapkan bahan-bahan seperti voer halus, susu bubuk yang tidak manis, dan 1 sendok makan canary seed / pakan kenari.
Canary seed ditumbuk hingga menjadi serbuk, lalu dicampurkan dengan voer dan susu bubuk.

Jenis Ransum Untuk Gelatik Batu  Kelabu 3
Menyiapkan bahan-bahan seperti voer halus, kacang tanah yang telah ditumbuk hingga halus, 1 sachet bubur bayi/sereal, dan setengah sendok teh tepung jangkrik.
Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu diaduk hingga bercampur rata dan disajikan pada burung.

Pakan racikan yang sudah dibuat tersebut bisa disajikan sebagai pengganti voer yang biasa diberikan. Namun perlu diperhatikan, meski gelatik batu sudah mendapatkan pakan racikan setiap hari, pemberian pakan tambahan berupa serangga tetap harus diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang serasi dan seimbang.

Loading...

Blog, Updated at: 19:15:00