loading...

PIN Google Adsense dan Verifikasi Alamat Penayang Iklan

loading...
Apa Itu PIN Google? Apa Gunanya?

Artikel kali ini hanya akan membahas hal sederhana tetapi penting bagi para pemain baru google adsense. Bab kali ini terkait dengan PIN yang kelihatannya sepele tetapi kadang menimbulkan masalah bagi blogger penayang adsense yang tidak menerima surat berisi PIN ke alamat rumahnya. Mengapa? Karena tanpa PIN ini maka juragan sekalian tidak akan bisa mencairkan komisi yang sudah diperoleh dengan susah payah selama menjadi publisher adsense.
Cara Mendapatkan PIN Google untuk Verifikasi Alamat Juragan Adsense

Pernahkah para juragan baru menerima notifikasi seperti dibawah ini?
"Your payments are currenty on hold because you have not verified your address" atau tulisan "Pembayaran anda saat ini ditangguhkan karena anda belum memverifikasi alamat"
Nah jika juragan mendapatkan tulisan seperti diatas artinya alamat anda belum terverifikasi dan anda tidak akan mendapatkan bayaran yang sudah terkumpul alias komisi dari adsense akan di hold atau ditahan atau ditunda meskipun nilainya sudah mencapai $100 yang merupakan ambang batas minimal penarikan komisi adsense yang bisa dilakukan melalui Western Union misalnya.

Dan untuk verifikasi alamat maka anda wajib memasukkan PIN yang dikirim google ke alamat yang anda tuliskan saat mendaftar adsense. PIN sebenarnya akan otomatis dikirmkan ke alamat yang anda seting di akun adsense anda ketika pendapatan google adsense anda mencapai minimal 10$ atau setara dengan 13.200 lebih jika akun adsensenya IDR. jadi PIN akan dikirim oleh google secara otomatis ke alamat yang anda seting di akun adsense anda tanpa anda minta. Tetapi jika ternyata PIN yang ditunggu-tunggu tidak kunjung datang maka juragan wajib memintanya. Caranya?

Google memberikan 3 kali kesempatan untuk mengirimkan PIN ke alamat publishernya, yang pertama akan dikirimkan secara otomatis ketika pendapatan mencapai minimal bernilai 10$, jika PIN yang pertama gagal dan tidak sampai maka anda bisa meminta atau request pin untuk yang kedua kali sampai 3 kali request, masa tenggang PIN biasanya berlaku per satu bulan jika dalam satu bulan permintaan pin masih tidak kunjung datang maka bisa mengajukan permintaan berikutnya.

Fasilitas untuk meminta PIN yang kedua dan yang ketiga kali biasanya akan muncul jika PIN dalam satu bulan tidak kunjung dimasukan, ketika Proses pengiriman PIN pertama selama 1 bulan masih tidak diinputkan maka tombol Request untuk PIN ke 2 akan tersedia, jika PIN ke 2 yang diminta dalam 1 bulan berikutnya masih tidak diterima dan PIN masih belum diinput maka akan muncul tombol Request PIN ke 3.

Jika Permintaan PIN ke 3 masih tidak sampai maka langkah terakhir adalah scan kartu identitas KTP atau SIM, sebelum mengirikkan secan KTP sebaiknya nama penerima dan alamat penerima yang diseting di akun adsennya harus disesuaikan dengan KTP yang akan discan untuk dikirimkan, scan KTP jika dianggap sesuaimaka biasanya akan langsung diverifikasi oleh pihak google adsennya tanpa harus memasukan PIN. Fasilitas untuk scan KTP biasanya akan muncul jika PIN permintaan ke 3 masih tidak kunjung diinput.

Pengalaman saya dengan PIN Google, alhamdulillah tidak ada masalah. Begitu komisi mencapai $10 maka sekitar 2 - 3 minggu kemudian datanglah surat dari google yang berisi PIN tersebut. Langkah selanjutnya tinggal masuk ke akun google adsense, ikuti petunjuk untuk verifikasi alamat dan selesai. Setelah itu juragan bisa memilih metode pembayaran, kebetulan saya memilih Western Union (WU) karena praktis, tanpa potongan dan bisa diambil di kantor pos terdekat dan juga di Indomaret atau juga di bank yang ada logo Western Union.
PIN yang diminta memiliki nomor yang sama, artinya jika Ketika anda request PIN berikutnya ternyata kemudian PIN sebelumnya sampai, maka anda bisa memasukan PIN yang anda terima, karena Nomor PIN sama satu sama lain. Jangan sekali-kali menginput PIN sembarangan, cuma ada 3 kali kesempatan untuk menginput PIN. Jadi lakukan input PIN dengan hati-hati dan hindarilah kesalahan yang tidak perlu.

Memang kecanggihan google harus diakui selangkah lebih maju dibandingkan dengan situs periklanan lainnya sehingga untuk memastikan calon publisher yang akan menerima komisi memiliki data yang benar-benar valid, terutama nama dan alamat rumah/kantor, google mengirim PIN melalui surat langsung ke alamat publisher. Padahal kalau mau mudahnya saja maka google tinggal email PIN ke alamat email penayang iklan adsense akan lebih simpel, mudah, sederhana dan tentunya tanpa biaya seperti halnya mengirim surat dari luar negeri ke Indonesia atau dari kantor cabang google Indonesia.

Nah selesai sudah artikel sederhana tentang PIN google untuk verifikasi alamat yang berguna untuk pencairan komisi adsense juragan semua. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 06:24:00