Suara Kicau Burung Prenjak yang Ramai dan Nyaring

Berbagai Macam dan Jenis Burung Prenjak Makin Memperkaya Jenis Burung Kicau di Indonesia, Suara Prenjak Yang Nyaring Bisa Dijadikan Masteran, Anda Bisa Download MP3 Kicau Prenjak Disini, Gratis!
Perenjak adalah nama segolongan burung kecil yang lincah dan banyak berkicau. Nama ilmiah: Prinia familiaris, Klasifikasi lebih tinggi: Perenjak jawaStatus konservasi: Risiko Rendah (Stabil). Prenjak rata rata mempunyai postur tubuh yang memiliki ukuran kecil dan ramping. Selain itu juga mempunyai ekor yang panjang apabila di lihat dari bentuk postur tubuhnya.
Untuk panjang tubuh burung prenjak ini di mulai dari ujung paruh sampai dengan ujung ekor kurang lebis 10 sampai dengan 15 Cm. Akan tetapi burung prenjak ini pada saat ini sangat jarang atau bisa dikatakan habitatnya semakin menipis.  Suara kicau burung prenjak memang sudah terkenal nyaring dan ramai, bagaimana nyaringnya? Pernahkah kicaumania mendengarnya langsung atau sekedar mendengar rekamannya?
Burung yang berbadan kecil tersebut mempunyai julukan atau nama yang berbeda-beda di setiap daerah, seperti pada masyarakat Jawa menyebut prenjak/ciblek, orang Sunda menyebut cinenen, Betawi menyebutnya kecici/cici, sedangkan dalam bahasa Melayu disebut dengan murai.
Jika para calon juragan  burung kicau atau para kicaumania ingin mendengarkan suara kicau burung prenjak tetapi belum memiliki burungnya silahkan download MP3 nya dibawah ini:

Download MP3 Suara Kicau Burung Prenjak 1, Silakan KLIK DISINI

Download MP3 Suara Kicau Burung Prenjak 2, Silakan KLIK DISINI

Download MP3 Suara Kicau Burung Prenjak 3, Silakan KLIK DISINI

Download MP3 Suara Kicau Burung Prenjak 4, Silakan KLIK DISINI

Download MP3 Suara Kicau Burung Prenjak  Ramai-ramai, Silakan KLIK DISINI

Selain Suara kicau burung prenjak mp3 yang ada di situs ini anda juga bisa download suara kicau mp3 jenis burung kicau lainnya, seperti: kicau kenari, kicau lovebird, kicau cucak ijo, kicau cucakrowo, kicau pleci, kicau jalak, kicau kolibri, kicau anis merah, kicau anis kembang kicau, kicau cendet, kicau kapas tembak, kicau cucak jenggot, kicau burung gereja atau kicau burger, kicau kacer, kicau branjangan, kicau ciblek. kicau cililin, kicau cucak cungkok, kicau hwamei, kicau tledekan atau kicau sulingan, kicau kepodang, sanma dll.

Burung prenjak ada yang memiliki ukuran lebih dari 25 Cm. Burung prenjak pada umumnya memiliki warna hijau zaitun, kekuningan, ataupun kecoklatan di bagian punggung. Serta memiliki warna keputihan ataupun warna kekuningan yang ada pada bagian perut.
Burung Prenjak Sedang Menyuapi Anak-anaknya di Ranting Pohon (foto by google)
Kicau burung prenjak yang begitu terdengar nyaring terkadang sangat sering kali terdengar berisik. Kemudian bagi sebagian orang jawa mengatakan dengan yakin, jika burung prenjak berkicau di depan rumah itu tandanya akan ada tamu yang hendak berkunjung.
Makanan utamanya berupa serangga seperti belalang, capung, ulat, dan sejenisnya yang berukuran kecil. Prenjak sering dijumpai berpasangan atau berkumpul dengan anak-anaknya yang sudah mulai beranjak dewasa, biasanya ia sedang melatih anaknya untuk terbang.
Nada Burung prenjak bisa dikatakan pass keras. Burung ini berkicau sambil bertengger di ujung-ujung tonggak, ujung ranting, bahkan di kawat listrik, tiang ataupun di tempat-tempat yang lainnya.

Prenjak lebih menyukai di tempat-tempat yang terbuka, seperti halnya di semak belukar, padang ilalang, pekarangan, kebun dan lain sebagainya.

Kemudian pada waktu menjelang maghrib, burung ini mulai mencari ruang untuk tidur sembari berkicau. Pada saat mereka tidur, burung ini lebih gemar berada di pohon-pohon pendek yang punya ranting kecil.

Jenis Burung Prenjak
Di seluruh dunia terdapat 23 spesies burung prenjak, lima di antaranya bisa dijumpai di Indonesia yaitu prenjak jawa, prenjak cokelat, prenjak padi, prenjak gunung, dan prenjak rawa. Burung-burung ini termasuk dalam genus Prinia, dari keluarga Cisticolidae. Dalam artikel kali ini, Anda bisa download suara burung prenjak dari enam spesies yang ada di berbagai belahaan dunia, termasuk yaitu prenjak rawa.
Jenis Burung Prenjak banyak sekali diseluruh dunia mencapai puluhan ekor. Burung Prenjak ini apabila berada di kebun dan di alam liar makanannya ulat atau serangga. Jadi apabila anda baru membeli dari ombyokan dianjurkan ulat kandang atau ulat hongkong selalu sedia pada tempat makan.

Prenjak Kepala Merah Prenjak Kepala Merah

Prenjak kepala merah merupakan jenis burung prenjak yang menarik. Karena memiliki postur yang kecil tapi memiliki suara yang keras dan juga melengking.

Banyak pecinta burung kicau yang tertarik memelihara burung ini untuk klangenan dirumah atau sebagai masteran burung yang lain. Supaya bisa gacor, pilihlah prenjak kepala merah yang jenis kelaminnya jantan.

Sebab hanya prenjak kepala merah jantanlah yang sering berkicau serta punya beberapa variasi kicauan. Kemudian untuk burung prenjak kepala merah betina punya suara yang monoton.

Keindahan dari jenis burung prenjak kepala merah sesungguhnya tidak kalah jauh dari burung-burung yang lain. Tak hanya suara kicauannya yang merdu, prenjak kepala merah juga punya warna bulu yang indah.


Ciri khas dari burung dengan paruh lancip dan panjang ini yakni warna merah pada bagian kepala/mahkotanya.

Burung prenjak kepala merah merupakan burung yang punya tubuh kurang lebih 10 cm dan populer dengan nama burung penjahit (common tailorbird).

Sebab kepandaiannya dalam menjahit dedaunan guna dijadikan sarang. Prenjak kepala merah termasuk pada family ciscitolidae dan banyak sekali diminati oleh pecinta burung kicauan. Suaranya yang terdengar nyaring dan melengking merupakan ciri khasnya.

Prenjak kepala merah juga bisa menirukan suara burung kicau yang lainnya. Burung Prenjak kepala merah yang paling sering berkicau/gacor merupakan yang berjenis kelamin jantan seperti halnya burung kicau yang lainnya.

Untuk Prenjak kepala merah jantan punya ciri 2 bulu ekor yang lebih panjang dari pada bulu ekor yang lainnya. Bulu ekor prenjak kepala merah betina lebih terlihat pendek jika dibandingkan prenjak kepala merah jantan.

Bakalan prenjak kepala merah dengan jenis kelamin jantan punya bulu berwarna abu-abu gelap di bagian dada. Sedangkan pada anakan burung prenjak kepala merah betina, pada bagian dadanya memiliki warna abu-abu akan tetapi lebih terang.
Pakan Burung Prenjak Merah

Prenjak kepala merah pada habitat aslinya memakan ulat, serangga-serangga kecil dan juga makan laba-laba, kroto. Apabila anda membeli prenjak kepala merah yang belum mau makan voer anda dapat menyiasatinya supaya prenjak mau makan voer.

Langkahnya campurkan voer serta kroto dengan porsi voer lebih banyak jika dibandingkan kroto. Kurangilah porsi kroto setiap harinya sampai prenjak kepala merah mau makan voer sepenuhnya.

Itu sebaiknya prenjak sudah mau makan voer dan juga makan kroto. Sehingga anda dapat memberikan voer dan kroto pada tempat yang berbeda.

Kroto memang pakan yang baik untuk membuat prenjak kepala merah semakin gacor, lalu pakan berupa voer bisa mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin, dan juga nutrisi pada prenjak kepala merah.

Prenjak Bairdi
Burung prenjak bairdi / banded prinia (Prinia bairdi), memiliki tongkrongan cukup unik (silakan lihat gambar di bawah ini) :

Burung prenjak bairdi, alias ciblek afrika. (sumber : omkicau.com)

Spesies ini hanya bisa ditemukan di Benua Afrika, khususnya Angola, Kongo, Kenya, Nigeria, Kamerun, Gabon, Rwanda, dan Uganda. Suara kicauannya hanya terdiri atas satu nada, namun memiliki irama yang cukup tajam.

Prenjak Sawah Prenjak Sawah

Tidak sulit menjumpai burung yang satu ini. Tak hanya banyak dijual dengan cara ombyokan, populasi Ciblek Sawah atau Pari pada alam bebas juga bisa dikatakan cukup banyak.

Bisa dikatakan, keberadaan prenjak ini hampir sama dengan burung Emprit dan burung gereja yang mana jumlahnya seakan tidak ada habisnya pada lingkungan manusia.

Burung yang juga populer dengan nama Prenjak Padi atau Sawah ini sering berlalu-lalang pada kawasan pemukiman penduduk. Entah itu di area Sawah, di jalanan, di perkarangan rumah atau di wilayah yang lainnya.

Apabila dibedakan dengan jenis burung prenjak yang lainnya, pamor dari burung ini sebetulnya masih kalah dengan Prenjak Gunung. Akan tetapi letak keunggulan dari Prenjak Sawah sendiri yaitu pada pola perawatannya yang dinilai lebih mudah serta hemat.

Terlebih lagi apabila perawatan maupun setelan harian rutin diberikan dan dilakukan dengan terjadwal. Kemampuan prenjak sawah yang kerap dianggap kalah juga dapat setara dengan prenjak Gunung. Bahkan juga bisa lebih.

Disamping perawatannya tergolong lebih hemat, pamor burung yang satu digemari karena ia juga sangat mirip dengan burung Kutilang serta burung Merpati.

Apabila burung ini dirawat dari anakan, maka Prenjak Sawah juga dapat jinak ke pada pemeliharanya. Walaupun dilepas dari sangkar, burung akan tetap kembali ke rumah meminta makan lagi pada pemeliharanya.

Prenjak Dada Hitam
Burung prenjak dada-hitam / black-chested prinia (Prinia flavicans) juga hanya ditemukan di Afrika, terutama di wilayah Angola, Boswana, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe.Burung prenjak dada-hitam dari Afrika.

Suara kicauannya lebih mirip suara prenjak pada umumnya, namun memiliki irama yang tajam dan rapat.

Prenjak Lumut

Prenjak lumut tergolong burung pengicau kecil, jika diamati dari bentuk dan warnanya serupa dengan prenjak kepala merah. Burung ini perawatannya dikenal susah. Meskipun begitu prenjak ini rajin berkicau. Burung ini kerap ditemui di area perkebunan. Tandanya dengan suara keras ciek-ciek-ciek dengan kelamin jantan serta terrr-ter-terrr untuk prenjak betina. Prenjak lumut sangat sulit dibedakan dengan prenjak merah, yang membedakan hanyalah ukuran tubuhnya yang lebih kecil.


Burung Prenjak Gunung fotoburungkicau.com

Ciblek atau biasa disebut dengan prenjak gunung merupakan salah satu dari sekian jenis burung dari keluarga cisticolidae yang menjadi bahan perbincangan sebagian besar para kicau mania.

Burung prenjak gunung ini mempunyai nama latin prinia atrogularis, lebih dominan bagus apabila dibandingkan dengan jenis burung prenjak lainnya. Kicauannya dinilai lebih bervariasi dan karakternya lebih agresif. Begitupun dengan perawakannya lebih indah dan mudah dikenal.

Maka dari itu tidak heran apabila harga prenjak gunung relatif lebih mahal dibanding jenis prenjak lain. Ditambah lagi populasi di alam liar yang semakin langka, begitu pun para pembudidaya yang tidak terlalu banyak.

Para penghobi terkadang menyebut burung prenjak gunung dengan sebutan cigun atau ciblek Sumatera. Nama tersebut diberikan bukan tanpa alasan, tetapi karena sebab sebagian besar wilayah penyebaran di Indonesia untuk unggas yang mempunyai nama latin prinia atrogularis ini memang berada di Pulau tersebut.

Di habitat asli, burung tersebut menyukai wilayah perbukitan dan pegunungan pada ketinggian 600 – 2500 Mdpl. Mereka juga termasuk burung berkoloni yang mana jenis ini selalu hidup berkelompok dalam jumlah yang banyak.
Ciri-ciri Prenjak Gunung

Ciri dari prenjak gunung ini sangat mudah untuk dikenali. Dilihat dari badan, rata-rata berkisar antara 15 – 16 cm, agak besar dikit dibandingkan dengan jenis prenjak lain. Hampir dari semua bagian bulunya berwarna cokelat.

Ekor panjang, pada bagian alis berwarna putih, pipi abu-abu, dan semua sisi tubuhnya kekuningan, iris mata cokelat kemerahan, kaki merah muda dan paruh bawah lebih cerah dibanding bagian atas.

Burung Prenjak Putih ozankicaumania.com

Ciblek/prenjak putih merupakan burung yang memiliki ciri utama yaitu pada bagian bulu yang dominan dengan warna putih berpadu dengan hitam pada bagian kepala, sayap, dan warna putih pada bagian ujung ekor.

Warna ciblek putih dari mulai bagian bawah paruh, dada, perut, dan ekor di dominasi dengan warna putih. Warna kaki terang, sedangkan si betina memiliki warna kemerah-merahan atau pink. Hal itulah yang mendasari mengapa dinamakan prenjak putih.

Habitat Ciblek/prenjak Putih

Habitatnya banyak hidup di kebun, sawah, rawa, dan sarang biasa menggantung di padang ilalang atau pada tempat yang tidak terlalu tinggi seperti pagar-pagar samping rumah (tehtean).

Makanan kesukaannya yaitu capung, belalang, ulat, serangga-serangga kecil dan sejenisnya. Beberapa jenis burung ini juga banyak ditemukan di area persawahan dan pegunungan.


Burung Prenjak Rawa

Burung prenjak rawa atau yellow-bellied prinia (Prinia flaviventris) tersebar mulai dari Pakistan, wilayah selatan China, hingga Asia Tenggara termasuk Semenanjung Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia, spesies ini bisa dijumpai di Kalimantan, Sumatera, dan Jawa.
Burung prenjak rawa atau perenjak perut kuning.

Suara kicauannya cukup berbeda dengan jenis prenjak atau ciblek lainnya. Silakan dengar dan DOWNLOAD MP3 nya dan KLIK DISINI.

Sumber: wikipedia, omkicau.com dan situs-situs burung kicau lainnya


Blog, Updated at: 18:36:00