Loading...

Wajar, Awal Tahun Nilai CPC Adsense Turun, Ini Sebabnya!

Loading...
Mengapa nilai CPC Google adsense Turun Setiap Tahun Baru?

Awal Tahun 2018, nilai cpc adsense turun drastis. Sebenarnya kalau blogger atau publisher adsense jeli mengamati trend pergerakan nilai cpc adsense maka pertanyaan mengapa pada awal tahun nilai cpc adsense hampir selalu turun adalah seperti sudah menjadi tradisi. Seperti tahun ini, waktu saya coba blogwalking dan berselancar ke komunitas google+ yang khusus membicarakan adsense, ada satu anggota yang iseng bertanya: siapa yang masih tahan dengan nilai cpc adsense awal tahun ini yang turun drastis?
Google adsense, cpc iklannya masih yang terbaik

Memang secara umum publisher atau penayang adsense mengalami penurunan nilai cpc begitu tahun baru lewat beberapa hari, padahal waktu akhir tahun nilai cpc lumayan tinggi.

Nilai klik iklan adsense pada akhir tahun 2017 berkisar antara $0.03 sampai $0.07 untuk blok lokal bahasa Indonesia, ini nilai klik yang saya alami sendiri. Mungkin untuk blog lain yang niche nya beda bisa tidak sama nilai cpc adsensenya.

Awal tahun 2018 nilai cpc turun drastis menjadi $0.01 - $0.03, dengan jumlah klik yang sama dengan bulan lalu pada akhir tahun, nilai total yang diperoleh beda jauh alias anjlok drastis. Bahkan untuk nilai klik dalam rupiah ada yang bilang biaya klik per iklan tidak sampai Rp 100, wow.... bener-bener anjlok ya.
Google adsense adalah media periklanan milik raksasa internet google dengan menggunakan metode CPC Cost per Click (CPC) atau biaya per klik (BPK), artinya kita baru bisa menerima pembayaran jika ada pengunjung blog yang klik iklan yang kita pasang di blog kita, semakin banyak yang klik iklan maka peluang untuk memperoleh dolar dalam jumlah yang banyak akan semakin baik, namun ternyata kadangkala jumlah klik terhadap iklan belum tentu dolar yang diperoleh juga bisa banyak karena parameter besar kecilnya pendapatan google adsense yang akan kita peroleh bukan hanya dari jumlah klik saja, tetapi juga ditentukan oleh besar kecilnya nilai CPC atau BPK, setiap iklan satu dengan iklan lainnya memiliki nilai CPC yang berbeda, tidak ada yang tau secara pasti nilai cpc setiap iklan, hanya advertiser atau pemasang iklan dan google saja yang mengetahui secara pasti berapa nilai cpc sebenarnya untuk setiap iklan mereka. 
Apa penyebab nilai cpc atau BK adsense pada awal tahun hampir selalu turun?

Nah dari beberapa info yang beredar di dumay, ternyata nilai yang turun tersebut adalah sesuatu yang sangat wajar karena pengiklan atau advertiser sedang melakukan hitung-hitungan ulang untuk belanja iklannya setelah pada akhir tahun mereka jor-joran dengan memasang iklan menggunakan nilai cpc yang cukup tinggi.

Awal tahun juga dipakai para perusahaan yang beriklan di google untuk menyiapkan budget iklan berikutnya dan belum memasang iklan baru di google. Akibatnya stok iklan google kadang hanya berisi iklan standar milik google yang nilai kliknya memang kecil. Bahkan ada blog yang mengaku mendapatkan nilai bk atau klik dalam rupiah tidak sampai Rp 100 per kliknya, menyedihkan bukan?
Dengan terbatasnya stok iklan google dan hanya ada iklan standar saja maka sering iklan yang muncul juga tidak relevan dengan kontent blog kita, kasus yang satu ini juga dianggap bisa memperkecil CPC, artinya iklan yang muncul tidak relevan dengan topik artikel blog, untuk kasus ini memang bukan kehendak kita, karena kita tau bahwa iklan google adsense di generate secara otomatis oleh mesin adsense itu sendiri, apa yang bisa kita upayakan adalah menyajikan niche blog fokus, sehingga topik blog jelas dan ini bisa meningkatkan iklan yang muncul relevan dengan topik blog tersebut.
Tetapi kabar baiknya biasanya seperti pada tahun-tahun sebelumnya nilai cpc adsense akan kembali menanjak alias naik memasuki bulan Februari - Maret karena belanja iklan mulai dilakukan oleh perusahaan yang mempercayakan iklan produknya pada google.

Jadi jangan patah semangat jika setiap awal tahun nilai cpc adsense turun, tetap update artikel rutin setiap hari sebagai bekal untuk mendapatkan klik lebih banyak dengan nilai cpc lebih tinggi di bulan depan.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 05:33:00