loading...

Cendet Macan, Burung Migran Yang Agresif

Posted by

Loading...

Burung Cendet Macan


Burung Cendet Macan, Terkenal Karena Tembakan-tembakannya
Cendet macan bermigrasi mengikuti arah tiupan angin dan biasanya ke selatan, tepatnya Asia Tenggara, mulai dari Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Di negeri kita, cendet macan sering menyambangi Pulau Jawa, Bali, dan beberapa wilayah di Sulawesi.

Bentet loreng adalah spesies burung dalam famili Laniidae. Burung ini adalah burung migran, bentet loreng berbiak di Asia Timur, China, dan Jepang. Saat musim dingin burung ini bermigrasi ke Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar. Menurut Wikipedia, Nama ilmiah dari cendet macan adalah Lanius tigrinus
Walaupun asal mulanya dari genus yang sama, cendet macan punya motif bulu yang tampak berbeda dari jenis burung cendet yang lainnya. Motif bulunya belang-belang mirip seperti macan, namun terlihat sedikit samar. Jadi burung ini dijuluki sebagai tiger shrike.

Untuk daerah persebarannya mulai dari kawasan Siberia yaitu wilayah timurlaut Russia sampai dengan wilayah timur dan tengah China, Korea, dan bahkan di Jepang.

Burung burung ini kerap terlihat di hutan-hutan dengan pepohonan yang rindang, pinggiran hutan, serta areal pertanian yang ada di dataran rendah.

Pada saat musim dingin, sebagian besar burung sepertinya tidak mampu bertahan dengan kondisi cuacanya, sehingga burung itu akan bermigrasi.

Migrasi tidak dilakukan pada saat tiba musim dingin, akan tetapi menjelang datang musim dingin. Kurang lebih sekitar Agustus sampai September.

Burung itu sudah mengetahui sebaiknya kapan mereka akan bermigrasi.

Dan sebagian burung dari kawasan Siberia serta kawasan Asia Timur melakukan migrasi pada saat bulan Oktober sampai dengan November.

Burung Cendet macan akan bermigrasi dengan mengikuti arah tiupan angin yang pada umumnya ke selatan.

Bertepat di Asia Tenggara, mulai dari Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan juga Indonesia.

Ciri Fisik Burung Cendet Macan
Burung Cendet Macan
Membedakan antara jenis kelamin cendet macan ini dapat diamati dari warna bulu yang ada di tubuhnya.

Burung jantan dewasa pada bagian dada hingga perut dan daerah kloaka yang dengan warna putih. Sedangkan bagian kepala abu-abu dengan topeng hitam.

Lalu untuk burung betina serta burung muda punya penampilan hampir sama. Yakni warna bulu kusam serta cokelat tua, dengan sedikit abu-abu dan juga hitam pada bagian kepalanya.

Seperti yang telah diketahui, burung pentet atau cendet merupakan jenis burung pengicau. Namun, pada saat berburu mangsa, mereka punya perilaku seperti raptor kecil.

Walaupun posturnya mungil, cendet dikenal punya perilaku sangat agresif, termasuk pada mangsanya.

Dalam memperlihatkan kemampuannya dalam menjaga wilayah teritorialnya, burung cendet di alam bebas sering menancapkan mangsanya di duri-duri pada batang pohon ataupun tanaman.

Sumber: omkicau.com, jalaksuren.net, wikipedia.org dan sumber lainnya

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 05:40:00

0 komentar: