Loading...

Bangau Hitam, Bangau Tongtong Atau Sendang Lawe

Loading...

Bangau Hitam, Jenis Bangau Yang Terbang Tanpa Melebarkan Kakinya

Sandang lawe atau sandang-lawe dan biasa disebut juga sebagai bangau hitam merupakan salah satu jenis bangau yang terdapat di Indonesia. Meskipun bukan termasuk hewan endemik Indonesia, burung sandanglawe dapat ditemukan di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Filipina.

Bangau hitam, Ndao atau Bangau Sandang-lawe ( Ciconia episcopus) adalah jenis burung bangau ini banyak ditemukan di India, Afrika, dan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Ciri-ciri bangau ini adalah memiliki badan berukuran cukup besar dengan panjang tubuh berkisar 86 cm, memiliki bulu hitam. Bagian atas tubuhnya dan sayapnya berwarna hitam, namun perut, kalung leher dan bagian bawah ekor berwarna putih. Kepala dan lehernya botak, dengan bulu kapas putih halus pada mahkota. Paruhnya berwarna pucat, panjang, dan tebal. Burung muda warnanya lebih kusam daripada burung dewasa. Burung cantik berkaki jenjang ini diketahui hidup di daerah rawa, sungai, hutan bakau, sawah, atau daerah terbuka yang kering dan berlumpur.

Bangau Hitam atau dikenal juga sebagai Bangau Tongtong memiliki habitat di hampir seluruh daerah di Indonesia kecuali Maluku dan Papua.

Hampir seluruh bagian tubuh burung unik ini berwarna hitam kecuali bagian leher dan perut yang berwarna putih.

Panjang tubuh Bangau Tongtong sekitar 91 cm dan saat malam hari senang bertengger di pohon.

Hewan ini merupakan satu-satunya spesies bangau yang tidak melebarkan kaki dan sayapnya saat terbang.

Bangau Tongtong merupakan salah satu hewan yang memiliki variasi gaya hidup. Burung ini bisa hidup menyendiri, berpasangan, atau berkelompok.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 19:29:00