Loading...

Burung Punai Timor, Mirip Merpati Yang Sangat Langka

Loading...




Burung Punai Timor, Populasinya Sangat Terbatas dan Terancam
Punai (bahasa Inggris: Green Pigeon) adalah genus burung berukuran sedang hingga besar yang tergolong famili Columbidae dan bersaudra dekat dengn merpati. Punai termasuk burung arboreal yang beraktifitas di atas pohon, memamakan buah-buahan.
Burung punai timor (Treron psittacea), merupakan jenis burung yang masih berkerabat dekat dengan burung merpati atau tekukur. Burung punai timor merupakan burung endemik NTT dan hanya dapat ditemukan di Pulau Semau, Pulau Roti, dan Timor Leste. Burung punai timor oleh IUCN dimasukkan dalam status terancam atau endangered. Menurut birdlife.org, survey pada tahun 2003 di seluruh pulau timor menunjukkan penurunan populasi yang sangat signifikan dan tidak lebih dari 200 ekor.

Punai Timor (Treron psittaceus) adalah spesies burung terancam punah dengan status Genting dari Timor, Roti dan Semau di Nusa Tenggara. Pada tahun 2009 dan 2014 kami menghabiskan total 25 hari di pulau Roti dan melakukan dua pengamatan di kawasan hutan tropis kering di bagian utara pulau tersebut. Keberadaan Punai Timor dibagian utara pulau nampaknya dalam kepadatan sangat rendah.
Kini hutan monsun yang tersisa di Timor Barat hanya 4%, itu pun terbagi atas tujuh blok yang tidak dilindungi dan ukurannya pun terus mengecil sebagai akibat dari kegiatan penggembalaan dan pembakaran. Selain itu, jenis punai di Timor juga termasuk burung yang sering diburu.
Survei dibutuhkan untuk menilai status spesies ini di pulau Roti. Langkah-langkah untuk mengontrol perburuan dan penangkapan burung di pulau tersebut juga diperlukan untuk menjamin keberlanjutan hidup jangka panjang spesies ini.

Ciri-ciri Burung Punai Timor (Treron psittaceus)
Besar (32 cm). Hijau, termasuk mahkota, tenggorokan dan tunggir hijau kuning lebih terang. Jantan: tepi penutup sayap kuning terang. Betina: tepi penutup sayap putih kekuningan.

Persebaran Punai Timor (Treron psittaceus)
Endemik Nusa Tenggara Timur, atau hanya ditemukan hidup di Pulau Roti, Semau, dan Timor Leste.

Tempat hidup dan kebiasaan Punai Timor (Treron psittaceus)
Sangat jarang dijumpai di hutan primer dan hutan pamah monsun sekunder sampai ketinggian 160 mdpl.

Status Burung Punai Timor (Treron psittaceus): Daftar merah IUCN : Terancam (EN)

Loading...

Blog, Updated at: 22:52:00