Loading...

Burung Resplendent Quetzal, Si Cantik Dari Meksiko

Loading...
loading...

Burung Langka, Cantik dan Unik, Resplendent Quetzal

Burung resplendent quetzal dapat kita jumpai di Meksiko dan bagian barat Panama. Panjang burung ini kurang lebih sekitar 36 cm, ditambah 66 cm pada bagian ekor pada burung jantan.

Burung ini lebih sering sendiri ketika masa kawin belum tiba. Misalnya saja di Meksiko, burung ini breeding di rentang bulan Maret - April. Di Guatemala rentang bulan Maret - Mei. Dam di El Savador, berada di rentang bulan April - Mei.


Burung Resplendent Quetzal hanya bisa memiliki 2 buah telur yang berwarna hijau seperti warna bulu dominannya. Hal ini juga yang mempengaruhi populasi burung Resplendent Quetzal. Burung ini memiliki sarang di dalam pohon, karena suhu di Amerika Selatan yang dingin.
Nama ilmiah: Pharomachrus mocinno
Massa: 200 g Encyclopedia of Life
Klasifikasi lebih tinggi: Pharomachrus
Tingkatan takson: Spesies
Status konservasi: Hampir Terancam (Menurun) Encyclopedia of Life
Berat burung ini kurang lebih 2,1 kg. Burung ini termasuk yang terbesar di Ordo Trogon. Mereka mempunyai apa yang tampak sebagai bola yang sedang mengisap bagian kepala mereka.

Burung resplendent quetzal ini juga memiliki beraneka warna pada bulunya. Burung pemakan buah dan juga serangga ini punya suara yang terdengar mirip anjing yang sedang merintih serta berulang membosankan.

Burung yang didominasi dengan warna tubuh hijau, dengan warna merah pada bagian dada serta arsiran hitam ini dijumpai di Meksiko serta wilayah Panama Barat.

Yang unik juga dari burung ini bentuk paruh yang tidak terlalu besar dan berwarna orange terang, menambah nilai plus burung ini. Makanan dari burung ini berupa serangga-serangga kecil yang banyak ditemui di hutan Amerika Selatan. Sering juga memakan buah-buahan kecil

Burung Resplendent Quetzal jantan mempunyai panjang ekor sampai dengan mencapai 66 cm. Burung ini juga termasuk kategori burung paling cantik di dunia.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 19:56:00