Loading...

Mengenal Buah Pepino Sumber Antioksidan Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Loading...
Buah Pepino (Solanum muricatum), Buah Asal Belanda Yang Kaya Antioksidan, Berapa Harganya?
Berdasarkan hasil analisa laboratorium uji teknologi pangan dan hasil pertanian UGM, buah ini memiiiki kandungan asam, beta karoten, vitamin C, Protein dan serat pati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dari hasil penelitian ini pepino terbukti rendah lemak karena 95% kandungannya adalah air. Setiap 100 gram buah pepino mengandung vitamin C 25,1 mg, Protein, 0,6 gram, beta karoten 26,6 mg dan asam 79,3 mg.
Buah pepino belum cukup populer di Indonesia. Buah yang memiliki nama keren Solanum muricatum ini adalah jenis tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Rasa pepino sering digambarkan sebagai perpaduan antara melon dan pir. Harga buah pepino juga masih sangat terjangkau karena berdasarkan informasi harga pepino per kg nya hanya berkisar Rp 10.000 - 20.000 per kg pepino.
Buah pepino atau dalam bahasa latinnya Solanum Maricatum merupakan buah yang berasal dari Belanda, ditanam di Indonesia pada jaman penjajahan. Buah pepino adalah famili terong-terongan yang biasa ditanam di dataran tinggi. Manfaat buah pepino untuk kesehatan sangat banyak, diantaranya dapat menyembuhkan penyakit stroke, darah tinggi, gangguan pencernaan, maag, sembelit dan diabetes melitus.
Buah pepino memiliki tekstur yang agak keras tapi lembut dan juicy. Karena itu, buah pepino cocok banget dijadikan rujak. Jenis rujaknya pun bebas, bisa rujak sambal, rujak asinan, atau diberi garam dan lada. Olahan buah pepino yang selanjutnya adalah chargrilled pepino. Kalau Anda doyan makan steak, Anda pasti familiar dengan istilah chargrilled.
Dalam buah pepino mengandung banyak vitamin C, selain itu juga mengandung mineral, gula sederhana dan pottasium. Selain khasiat buah pepino untuk kesehatan, buah ini juga rasanya sangat segar (tidak asam atau terlalu manis). Bentuk buah pepino mirip seperti mentimun, dengan tekstur kulit seperti terong, namun isi atau daging buahnya lembut dan mengandung kadar air yang tinggi.

Berdasarkan hasil analisa laboratorium uji teknologi pangan dan hasil pertanian UGM, buah ini memiiiki kandungan asam, beta karoten, vitamin C, Protein dan serat pati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dari hasil penelitian ini pepino terbukti rendah lemak karena 95% kandungannya adalah air. Setiap 100 gram buah pepino mengandung vitamin C 25,1 mg, Protein, 0,6 gram, beta karoten 26,6 mg dan asam 79,3 mg.

Secara lengkap, kandungan gizi buah Pepino adalah:

  • Asam ———————-> 79,336 mg/100 gram
  • Beta Karoten ————-> 26,600 mg/100 gram
  • Lemak ———————> 0,017%
  • Protein ———————> 0,647%
  • Serat ———————–> 25,119%
  • Gula reduksi ————–> 3,308%
  • Air ————————-> 95,020%

Buah pepino banyak dibudidayakan didaerah yang dingin yang biasanya adalah dataran tinggi, misaknya di dataran tinggi Dienk Jawa Tengah dan Pujon Jawa Timur. Sebenarnya buah pepino memiliki banyak variasi bentuk dan jenis. Ada ayang berbentuk seperti mentimun kecil, ada yang bentuknya seperti tetesan air, dan ada juga yang bentuknya bulat seperti buah apel.

Bagi Anda yang ingin tahu apa khasiat dari pepino, berikut adalah hasil rangkuman dari womenfitness.net.

1. Memberi energi
Buah pepino mengandung glukosa yang dapat memberi suntikan energi yang besar pada tubuh. Pepino bisa meningkatkan stamina Anda.

2. Kaya antioksidan
Buah ini juga kaya antioksidan beta-karoten yang dapat mencegah segala macam penyakit.

3. Penuh nutrisi
Buah pepino juga dikemas dengan banyak nutrisi. Itulah mengapa banyak yang menyebutnya sebagai buah super.

4. Baik untuk hati
Buah ini baik untuk mengobati penyakit hati dan menurunkan tekanan darah. Buah ini juga memiliki khasiat yang besar bagi orang-orang yang menderita stroke - untuk menyembuhkan diri mereka dengan lebih cepat.

5. Kesehatan jantung
Buah pepino juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung, sehingga Anda bisa mengonsumsinya setiap hari.

6. Mencegah kanker
Pepino juga dapat membantu mencegah kanker dan diabetes (dapat mengatur kadar gula darah karena kandungan serat yang tinggi), dan kolesterol. Ditambah lagi, pepino memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi nyeri dan peradangan.

7. Kaya vitamin
Pepino mengandung banyak vitamin, seperti A, C, K, B, serta protein, besi dan tembaga, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Bukan cuma itu. Buah ini juga dikatakan mengandung kalsium yang baik untuk tulang, kalium yang diperlukan untuk mengontrol tekanan darah.

Buah pepino ini merupakan bagian dari family terung (solanum) yang memiliki nama latin Solanum Muricatum Aiton. Buah pepino berasal dari pegunungan Andes di wilayah Peru dan Chili (Amerika Selatan). Di Indonesia, buah ini diberi julukan “buah turis” karena pertama kali diperkenalkan pada masa penjajahan Belanda.

Di luar negeri, buah pepino ini dikenal dengan sebutan mellowfruit, pepino melon atau treemelon. Buah pepino memiliki karakter hampir sama dengan melon (cucumis melo) baik dalam hal warna maupun rasanya. Walaupun kesamaannya antara melon dan pepino lebih menonjol daripada pebedaannya, tapi mereka tidak berasal dari family yang sama, itulah sebabnya pepino juga disebut dengan treemelon.

Secara umum, pepino memiliki warna dasar hijau dengan lekukan corak garis coklat yang akan berubah menjadi kekuningan bila buah telah matang. Ada juga pepino yang berwarna dasar ungu muda berbintik putih dengan corak garis ungu tua sehingga sering disebut sebagai terung garis. Bentuk buah pepino mirip seperti mentimun kecil, ada yang menyerupai tetesan air bahkan ada juga yang seperti buah apel, dengan tekstur kulit seperti terung, namun isi atau daging buahnya lembut dan mengandung kadar air yang tinggi.

Loading...

Blog, Updated at: 21:49:00