Loading...

Lebih Dekat Dengan Sapi Dwi Guna, Shorthorn Si Penghasil Daging dan Susu

Loading...
loading...



Pertumbuhan Daging Bagus dan Produksi Susu Tinggi Menjadikan Sapi Shorthorn Layak Dikembangkan Sebagai Pedaging dan Penghasil Susu
Sapi shorthorn bisa digolongkan sebagai sapi yang efisien karena meskipun pertumbuhan badannya besar bisa mencari 1 ton lebih tetapi mereka tidak boros dalam masalah pakan. Kelebihan lain sapi ini adalah kemampuannya beradaptasi dengan cepat pada lingkungan barunya. Bagus sebagai sapi perah dan juga sapi potong yang memiliki kualitas baik. Bahkan karena bagusnya produksi daging, sapi shorthorn telah disilangkan dengan jenis sapi lain seperti brahman dan menghasilkan sapi komersial yang memiliki banyak keunggulan.
Jenis ternak Shorthorn berasal dari Timur Laut Inggris pada akhir abad ke-18. Trah ini dikembangkan sebagai tujuan ganda, cocok untuk produksi susu dan daging sapi.

Sapi shorthorn berasal dari Inggris bagian Utara, dengan bobot mencapai 850-900 kg bagi sapi betina, dan 1100 kg bagi sapi jantan. Sapi ini memiliki ciri-ciri berbulu putih, coklat bata atau coklat tua, memiliki tanduk yang pendek, memiliki dada yang rata, pinggang yang lebar, serta garis lurus dari punggung sampai ekornya. Pertumbuhan sapi ini terbilang sangat cepat, disertai dengan produksi susu yang baik. Jika Anda akan menernak sapi ini, maka akan sangat menguntungkan, selain susu yang memiliki kualitas baik, sapi inu juga memiliki daging yang bagus.
Karakteristik Sapi Shorthorn adalah
  1. Warna bulunya putih, coklat bata (roan)
  2. Kepalanya pendek dan lebar 
  3. Tanduknya pendek mengarah ke samping dan ujungnya mengarah ke depan 
  4. Leher pendek dan besar Bidang dada samping dan dada rata Bahunya lebar, berdaging tebal dan kuat, rusuknya melengkung lebar 
  5. Garis punggungnya lurus dan sampai pangkal ekor, pinggang lebar. 
  6. Bobot jantan dewasa mencapai 1000 Kg, Bobot betina dewasa 850-900 Kg.
Sapi shorthorn memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sapi yang lainnya. Sapi ini dapat beradaptasi dengan lingkungannya secara cepat. Meskipun badan sapi ini besar, akan tetapi tidak boros dalam pakan. Artinya, sapi memiliki kemampuan untuk memakan pakan secara efisien. Sapi ini terkenal sebagai produksi susu yang melimpah dengan kualitas yang baik pula. Meskipun awalnya sapi ini adalah jenis sapi perah, namun seiring dengan perkembangan dengan melakukan persilangan, sapi ini juga termasuk sapi pedaging. Terhadap anak-anaknya, jenis shorthorn memiliki sifat keindukan yang baik, serta mampu mengendalikan emosi dengan baik.
Anakan sapi shorthorn memang kecil, tetapi tingkat pertumbuhannya sangat cepat. Sapi shorthorn betina dapat mencapai bobot di atas 850-900 kg, sementara sapi shorthorn jantan dewasa dapat mencapai bobot di atas 1100 kg. Shorthorn juga mempunyai kemampuan beradaptasi dengan lingkungan berbeda dengan baik. Meski pada awalnya sapi ini adalah tipe sapi perah yang dimanfaatkan susunya, namun setelah melalui proses pengembangan dan persilangan, akhirnya sapi ini adalah salah satu tipe sapi pedaging yang sekarang banyak diternakkan sebagai jenis sapi potong dengan kualitas unggul.
Sapi jenis ini pertama kali di eksport pada tahun 1780, dari Inggris ke Amerika. Kemudian sapi yang awalnya hanya sebagai produksi susu ini dikembangkan juga menjadi sapi pedaging. Dengan demikian, sapi ini semakin memiliki banyak peminat. Dalam proses perkembangannya, hewan ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh menjadi besar. Karena pertumbuhannya tergolong begitu cepat. Banyak orang diluar sana yang menjadikan sapi ini menjadi hewan ternak, karena memang terbukti memiliki keunggulan yang sangat banyak dibandingkan dengan sapi-sapi jenis lainnya.
Sifat menonjol Sapi Shorthorn adalah tingkat kesuburannya tinggi dengan sifat keindukan yang bagus. Tempramennya baik dan memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat. Sapi shorthorn sanggup beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda-beda. Dan juga memiliki kemampuan memproduksi susu tinggi yang memanfaatkan hijauan secara efisien.
Kesuburan shorthorn menjadi pembeda dari sapi-sapi jenis lainnya. Akan tetapi, jika Anda ingin menjadikan sapi shorthorn menjadi hewan ternak, haruslah mengeluarkan modal dalam jumlah yang besar, serta mengerti bagaimana cara merawat sapi ini dengan baik dan benar. Apabila faktor-faktor yang dibutuhkan terpenuhi, sapi akan dapat berkembang dengan baik dan memiliki kualitas yang baik pula.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 02:23:00