Download Mp3 Suara Burung Cucak Rowo Ropel Durasi Panjang

loading...

Suara Burung Cucak Rowo Gacor, Ropel, Durasi Panjang Untuk Masteran, Download Mp3nya Disini!
Cucak rawa adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga dikenal umum sebagai cucakrawa (dalam bahasa Jawa dilafazkan sebagai [cucaʔ rɔwɔ]), cangkurawah (Sunda), dan barau-barau (Melayu). Burung cucak rowo termasuk omnivora yang dapat memangsa serangga dan siput air, namun juga memanfaatkan buah lunak sebagai makanannya. Hewan yang satu ini memiliki suara yang merdu dan melengking, terkadang suara yang terdengar terasa jauh lebih merdu jika dibanding dengan burung merbah lainnya, karena suaranya yang berirama dan jernih.
Musuh alami cucak rowo adalah ular dan binatang hutan lainnya, itu sebabnya sarang yang dibuat oleh burung umumnya juga menggabungkan sususan ranting sebagai bentuk pertahanan diri terhadap pemangsa. Musim kawin untuk burung cucak rowo akan datang saat bulan Juli hingga September, dimana pada saat itu pejantan dan betina akan membuat sarang secara bersamaan di pucuk ranting tertinggi. Hal tersebut dilakukan agar saat betina mengeluarkan 2-4 butir telur, maka telur yang dihasilkan dapat menetas sempurna.

Hingga saat ini, Burung cucak rowo dimasukkan oleh IUCN kedalam hewan yang wajib dilindungi karena populasinya yang terus menurun. Untuk penggolongan terbaru, hewan yang satu ini masuk kedalam kategori VU (vulnerable) yang artinya hampir punah. Burung yang satu ini memiliki ukuran sedang dengan panjang total dapat mencapai 28cm. Terkait dengan ukuran, burung jantan memiliki ukuran tubuh sedikit lebih besar dibanding hewan betina. Keunikan juga terletak dari perpaduan warna bulunya, dimana warna mahkota kepala adalah jingga atau kuning jerami. Sedangkan untuk sisi dagu dan garis yang melewati mata berwarna hitam.

Punggung burung akan terlihat berwarna coklat zaitun dengan garis putih, sayap dan ekor berwarna hijau coklat zaitun, pantat berwarna kuning terang, perut serta dada juga berwarna abu-abu. Mata burung cucak rowo berukuran kecil dengan iris yang berwarna kemerahan dengan paruh berbentuk lancip berwarna hitam.

Tertarik untuk download Mp3 suara kicauan burung Cucak Rowo Gacor cocok untuk masteran? Silakan Klik Saja Linknya dibawah ini

Burung cucak rawa memiliki tingkatan suara yang dikelompokkan oleh para penggemar burung dan hal tersebut umumnya berpengaruh saat individu burung yang bersangkutan diikutkan dalam perlombaan. Berikut adalah beberapa tingkatan individu cucak rowo.

a. Gedongan. Sebutan ini dialamatkan untuk cucak rowo yang memiliki kicauan hampir sama seperti kicau burung lain dan umumnya jenis gedongan ini memiliki jenis kelamin betina yang kurang terlatih dan terawat.

b. Engkel. Sebutan ini dialamatkan pada burung cucak rowo yang memiliki kualitas suara setingkat lebih tinggi daripada cucak rowo gedongan. Namun demikian, suara yang dihasilkan masih cenderung kurang nyaring jika dibandingkan suara burung lain.

c. Engkel panjang. Sebutan yang satu ini dialamatkan pada burung cucak rowo jantan yang pandai berkicau, hanya saja suara kicauan yang dihasilkan masih terdengar tanpa irama yang jelas. Untk jenis ini, umumnya suara yang dihasilkan akan semakin baik ketika perawatan lebih diperhatikan dan pelatihan irama dilakukan lebih sering.

Selain penampilan dan ukuran tubuhnya mudah dikenal, burung cucak rawa juga sangat populer lantaran suara kicau yang dimilikinya. Burung dari keluarga Pycnonotidae (merbah) yang juga tidak asing dengan nama cucakrowo ini juga salah satu burung favorit untuk dijadikan binatang peliharaan rumah oleh setiap penghobi di Indonesia. Mungkin hal ini sangat wajar saja, sebab burung ini sendiri memang mempunyai kicauan gacor dan ngerol yang cukup variatif. Meskipun sebagian penggemar berpendapat ia bukan kategori burung yang piawai meniru suara dari burung lain.

Burung cucak rowo adalah burung yang suka bernyanyi, bernama latin Pycnonotus zeylanicus. Burung ini di sebut “cangkurawah” oleh masyarakat sunda dan Straw-headed Bulbul dalam bahasa inggris. Panjang tubuh burung ini jika di ukur dari ujung paruh sampai ujung ekor adalah sekitar 28 cm. Cucak rowo sangat suka berkicau,karenanya acapkali diburu oleh pencinta burung sebagai koleksi pribadi ataupun diadu dalam kontes kicau burung.

Harga burung ini cukup mahal untuk satu ekor burung cucak rowo yang sudah pandai bernyanyi atau istilahnya “gacor” bisa mencapai Rp. 9.000.000. Habitat asli burung ini adalah tepi hutan maupun rawa-rawa. Burung ini adalah omnivora,artinya adalah ia bisa memakan serangga tapi juga bisa memakan buah-buahan.

loading...

Blog, Updated at: 04:38:00
loading...