Harga Fantastis Lovebird Bisa Milyaran Per Ekor


Harga Lovebird "Gila-gilaan", Bahkan Ada Yang Ditawar Hingga 2 Milyar Satu Ekor
Burung lovebird atau burung cinta merupakan jenis burung yang banyak digemari oleh kicau mania. Burung yang termasuk spesies beo kecil ini memiliki suara yang merdu dengan berbagai jenis varian menarik untuk dipelihara. Tidak hanya sebagai burung klangenan saja, lovebird juga dikenal sebagai burung perlombaan yang memiliki kicauan unik dan ngekek panjang.
Di kalangan pencinta burung, lovebird kini jadi primadona. Jika sudah cinta, tidak sedikit orang yang mau membeli burung yang diincarnya dengan harga di atas Rp 1 miliar. Bahkan ada satu jenis lovebird yang sudah menjuarai berbagai perlombaan tingkat nasional dan terkenal dengan ngekek panjangnya yang ditawar hingga 2 milyar, fantastis bukan? Harga tersebut pernah dicapai oleh legenda lovebird Kusumo juara ngekek panjang nasional.

Dikutip dari detik.com, Sesepuh Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Fran Kli mengatakan lovebird termasuk burung yang populer di kalangan kicau mania. Bahkan popularitas burung ini terus menanjak. "Kalau di gantangan, lovebird tetap nomor satu. Animo peserta, pembeli pun gila. Apalagi sekarang ada kelasnya baby, kelas anakan lovebird. Gantangan pagi sampai malam ada terus," kata Fran.
Burung lovebird merupakan burung sosial. Di alam bebas, burung ini hidup berkelompok. Disebut “love bird” atau “burung cinta” karena burung ini baru berpisah dari pasangannya bila salah satunya mati. Burung dari genus Agapornis ini ukuran tubuhnya relatif mungil, bila dibanding burung berparuh bengkok lainnya. Burung yang sering disebut dengan nama labet ini tergolong dalam genus Agapornis, yang merupakan perpaduan kata dari Bahasa Yunani. Kata pertama adalah agapein yang berarti “to love” dan kata kedua adalah ornis yang berarti “bird”.
Lovebird terkenal karena warna dan suara ngekek-nya yang khas. Di pasar, burung ini bisa didapatkan mulai harga puluhan ribu hingga di atas Rp 1 miliar, tergantung jenis dan kualitasnya. "Kalau dilatih, sering lomba, sering juara, harganya bisa sampai puluhan dan ratusan juta rupiah. Kayak lovebird Kusumo sudah ditawar Rp 2 miliar saja nggak dijual kan sama pemiliknya," ucapnya.

Menurut Fran, dari sekian banyak jenis lovebird yang saat ini sedang naik daun adalah jenis biola. "Lovebird biola ini sudah hampir setahun lebih harganya gila-gilaan. Apalagi yang jantan. Biola betina itu harga remaja kisaran Rp 8 sampai Rp 10 juta. Jantan bisa sampai Rp 15 sampai Rp 25 juta tergantung varian warna dan coraknya," ucapnya.

Mantan Ketua Komunitas Lovebird Indonesia ini menyebut, di Bogor, ada lovebird yang terjual seharga Rp 500 juga. Fran sendiri pernah menjual lovebird miliknya hingga harga Rp 80 juta. "Dulu saya pernah jual lovebird hijau standar Rp 80 juta yang beli orang Klaten. Saya minta Rp 120 juta, deal-nya Rp 80 juta. Hasilnya, Rp 50 juta saya pakai buat DP beli mobil, Rp 30 juta buat modal lagi. Itu sering juara, durasi ngekek panjang," ujar Fran.

"Kedua, saya jual warna olive Rp 40 juta, itu uangnya buat berangkatkan bapak umrah. Alhamdulillah dari lovebird juga. Hobi yang menghasilkan kenapa nggak," sambungnya.

Selain jadi hobi, Fran hingga saat ini menjual lovebird di kediamannya di wilayah Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia menjual lovebird yang berfokus pada suara hingga keindahannya. "Anakan lovebird trah juara dibanderol mulai kisaran Rp 500 ribu, Rp 700 ribu, hingga Rp 1.500.000 dan seterusnya tergantung warna, umur, dan spesifikasi burung," ucapnya. Sedangkan lovebird ombyokan atau lovebird sayur (anakan) dia jual mulai Rp 250 ribu. Frans menambahkan, jika masyarakat tertarik membeli, tidak sulit merawat lovebird. Burung ini tergolong mudah dirawat dan harga pakannya pun masih terjangkau kantong.

Referensi: detik.com dan sumber lainnya

loading...

Blog, Updated at: 19:22:00
loading...