Loading...

Harga Macam-macam Jenis Burung Kicau Lengkap Dengan Fotonya

Loading...
Jenis-jenis Burung Kicau Yang Banyak Disukai Oleh Kicau Mania
Burung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Unggas (bahasa Inggris: poultry) adalah jenis hewan ternak kelompok burung yang dimanfaatkan untuk daging dan telur atau bulunya. Umumnya merupakan bagian dari ordo Galliformes (seperti ayam dan kalkun), dan Anseriformes (seperti bebek).
CUCAK RANTING/RANTE CUCAK RANTE MAS CUCAK RAWA CUCAK BIRU CUCAK TRUCUKAN CUCAK JENGGOT CUCAK KUTILANG KAPAS TEMBAK CUCAK KELING CIPO DAUN CENDET / PENTET /TOED CUCAK WILIS CUCAK CUNGKOK KUTILANG EMAS KUTILANG SUTRA SAMYONG CIBLEK KEBUN CIBLEK GUNUNG PERENJAK POKSAI MANDARIN POKSAI MANTEL POKSAI SUMATERA POKSAI JAMBUL MOZAMBIK BLACKTHROAT EDEL SANGER KENARI YORKSHIRE KENARI WATERSLAGER KENARI LIZARD ZEBRA FINCH DECU TLEDEKAN GUNUNG TLEDEKAN LAUT ANIS KEMBANG ANIS BATA ANIS MACAN ANIS SIBERIA ANIS KUNING ANIS CENDANA JALAK KEBO JALAK SUREN JALAK PUTIH JALAK HONGKONG JALAK NIAS JALAK RIO - RIO JALAK BALI POKSAI HONGKONG HWAMEI / WAMBIE BRANJANGAN PLECI KACAMATA BURUNG MADU BAKAU

Daftar Nama Burung Kicau dan Harga Macam-macam Jenis Burung Seperti Murai, Kacer, Cucak Hijau Sampai Lovebird

Burung Tledekan



Burung tledekan atau bisa disebut burung sulingan gunung jarang dipelihara oleh hobiis. Hal itu karena habitat mereka di gunung-gunung yang susah dicari. Adapun ciri-ciri burung tledekan jantan adalah:
Bagian kepala berwarna biru muda dan bagian belakang biru tua
Sekitar mata ada kedok berwarna hitam
Memiliki satu jakun berwarna hitam
Daerah perut berwarna jeruk atau orange yang bersinar
Pada genus tertentu berwarna ungu kebiruan

Untuk harganya tergolong murah, mulai Rp. 40.000 sampai Rp. 200.000 saja.

Burung Kolibri Ninja



kolibri ninja merupakan burung dari keluarga kolibri (colibri). Untuk jenis kolibri sendiri ada banyak, mulai dari kolibri ninja, kolibri kelapa, kolibri wulung, kolibri hitam, kolibri tasik, kolibri jawa, kolibri sepah raja, kolibri gunung dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun yang sering dikonteskan adalah kolibri ninja, karena jenis ini memiliki suara yang sangat bagus dan enak didengar. Intinya kolibri ninja lebih banyak peminatnya dibanding jenis kolibri lainnya.

Jenis Burung Branjangan



Branjangan salah satu burung favorit bagi pecintanya. Gaya bertarungnya membuat masyarakat semakin menyukainya, karena saat bertarung, burung branjangan mengepakkan sayapnya. Selain itu ia juga pandai menirukan suara burung lainnya, kicauannya juga sangat indah dan enak didengar serta dikenal pandai bernyanyi. Burung branjangan suka tinggal di tempat yang terbuka dan berumput seperti persawahan dan ladang. Ia tergolong dari keluarga Alaudidae dan dari bangsa Passeriformes. Adapun harganya menyesuaikan kualitasnya. Semakin bagus kualitasnya maka harganya pun semakin mahal. Mulai dari Rp. 100.000 sampai Rp. 900.000.


Murai Batu
Kacer
Cucak Hijau
Berbagai jenis burung kicau di alam liar sebagian sudah menjadi atau termasuk dalam jenis burung kicau yang dilindungi pemerinta karena keberadaan populasinya yang semakin menurun dan dikhawatirkan bisa punah dalam waktu dekat.
Daftar Harga Burung Kacer Terbaru
Jenis Burung KacerHarga
Burung Kacer Jawa JadiRp 1.200.000
Burung Kacer Muda Bakalan Hasil Ternakan (Jantan)Rp 450.000
Burung Kacer Betina MudaRp 250.000
Burung Kacer Betina Usia 1 TahunRp 300.000
Untuk jenis burung kicau yang dilindungi biasanya dalam hal diperjualbelikan wajib disertai dengan sertifikat khusus yang menyatakan bahwa butung  tersebut adalah hasil penangkaran dan bukan dari hasil berburu di alam liar. Jenis burung langka seperti ini umumnya memiliki harga yang sangat mahal bisa puluhan juta rupiah per ekornya.
Daftar Harga Burung Murai Terbaru
Jenis Burung MuraiHarga
Burung Murai Batu Borneo KalimantanRp 750.000
Burung Murai Batu Medan Trotolan Hutan JantanRp 2.200.000
Burung Murai Batu Nias Ekor Hitam Dewasa HutanRp 1.300.000
Burung Murai Batu Aceh Trotolan Hutan JantanRp 2.300.000
CUCAK RANTING/RANTECUCAK RANTE MASCUCAK RAWA
Selain burung langka yang dilindungi dan terancam punah, harga burung kicau yang mahal juga sangat dipengaruhi oleh kualitas dari kicauan burung tersebut. Banyak burung kicau yang berharga hingga ratusan juta rupiah karena kepiawaiannya dalam berkicau dan sudah menjadi langganan juara dalam berbagaii kontes burung kicau baik skala propinsi bahkan sekala nasional.
Daftar Harga Cucak Rowo Terbaru
Jenis Burung Cucak RowoHarga
Burung Cucak Rowo PapuaRp 800.000
Burung Cucak Rowo gacorRp 5.000.000 – Rp 9.000.000
Burung Cucak Rowo BakalanRp 4.000.000 – Rp 5.000.000
Burung Cucak Rowo AnakanRp 2.500.000
Harga Burung Cucak Ijo
  1. Cucak Ijo Trorol Berekor dan mempunyai bodi besar biasanya dipatok Rp. 650rb
  2. Cucak Ijo Nopeng tanpa ekor dan berbodi besar berkisar Rp. 600rb
  3. Cucak Ijo muda leher kuning bodi besar mempunyai harga Rp. 450rb
  4. Cucak Ijo bodi kecil nopeng berekor Rp. 600rb
  5. Cucak Ijo bodi kecil nopeng tanpa ekor Rp. 550rb
  6. Cucak Ijo bodi kecil muda leher kuning Rp. 380rb
  7. Cucak Ijo bodi kecil muda leher kuning jaminan jantan Rp. 400rb
Burung-burung juara kontes biasanya tidak memiliki standar harga yang pasti karena tingkat harga sangat ditentukan oleh pemilik burung juara dengan minat dari calon pembeli burung-burung kicau yang menjuarai suatu kontes. Yang jelas harga burung kicau juara lomba secara umum akan lebih mahal dibandingkan dengan burung kicau peliharaan yang tidak pernah juara.
Daftar Harga Burung Pentet Terbaru
Jenis Burung PentetHarga
Burung Pentet MaduraRp 75.000 – Rp 250.000
Burung Pentet RajaRp 100.000 – Rp 300.000
Burung Pentet gacorRp 100.000
Burung Pentet Jawa TimurRp 50.000 – Rp 125.000
CUCAK BIRUCUCAK TRUCUKANCUCAK JENGGOT
Di Indonesia, jumlah dan jenis burung kicau sangat banyak, ratusan jenis burung kicau dengan kekhasan bunyi kicauan masing-masing. Saat ini burung kicau yang populer dan banyak dicari oleh para penggemar burung kicau adalah jenis lovebird.
Daftar Harga Burung Lovebird Terbaru
Jenis Burung LovebirdAnakanDewasa
Harga Lovebird Dakocan BiruRp 450.000Rp 600.000
Harga Lovebird OliveRp 400.000Rp 650.000
Harga Lovebird Biru VioletRp 450.000Rp 650.000
Harga Lovebird Biru CobaltRp 400.000Rp 600.000
CUCAK KUTILANGKAPAS TEMBAKCUCAK KELING
Jenis burung kicau lain yang tidak pernah lekang dimakan jaman dan memiliki penggemar yang fanatik adalah jenis burung perkutut. Penggemar utama jenis burung perkutut biasanya adalah orang-orang Jawa karena burung ini sudah menjadi semacam tanda atau kelangenan dan juga status sosial bagi mereka. Burung perkutut banyak dipelihara oelh orang-orang yang sudah berumur dan dianggap mencerminkan status sosial yang tinggi.
Daftar Harga Burung Prenjak Terbaru
Jenis Burung PrenjakHarga
Burung Prenjak Sawah AnakanRp 50.000
Burung Prenjak Sawah BersuaraRp 200.000
Burung Prenjak Kepala MerahRp 30.000 – Rp 180.000
Burung Prenjak BakalanRp 50.000 – Rp 100.000
CIPO DAUNCENDET / PENTET /TOEDCUCAK WILIS
Jenis burung kicau lain yang juga sangat populer adalah jenis cucak-cucakan. Jenis burung ini banyak sekali anyata lain cucak rowo, cucak kutilang, cucak keling, cucak wilis dan lain-lain. Bahkan saking terkenalnya jenis cucak rowo sampai populer dijadikan lagu Jawa dengan judul cucak rowo.
Daftar Harga Burung Kutilang Terbaru
Jenis Burung KutilangHarga
Burung Kutilang SutraRp 250.000
Burung Kutilang JambulRp 100.000
Burung Kutilang GacorRp 100.000
Burung Kutilang JantanRp 50.000
CUCAK CUNGKOKKUTILANG EMASKUTILANG SUTRA
Jenis burung kicau yang juga populer dan keberadaan serta jenisnya sangat banyak adalah jenis burung jalak. Banyak sekali jenis burung jalak yang beredar dipasaran antara lai: Jalak Bali, Jalak Nias, Jalak Hongkong, Jalak Putih, Jalak Suren, Jalak Kebo dll. Beberapa Jenis diantara burung Jalak tersebut termasuk burung kicau yang dilindungi karena keberadaannya yang semakin langka.
Daftar Harga Burung Poksay Terbaru
Jenis Burung PoksayHarga
Burung Poksay MandarinRp 900.000
Burung Poksay JambulRp 1.000.000
Burung Poksay Jambul PutihRp 1.100.000
Burung Poksay MedanRp 500.000
SAMYONGCIBLEK KEBUNCIBLEK GUNUNG

PERENJAKPOKSAI MANDARINPOKSAI MANTEL


Burung Murai Batu



Burung kicau berikutnya ialah burung murai. Selain jago dalam berkicau murai batu juga memiliki body yang menawan bak seorang model papan atas. Buat saya pribadi murai batu adalah burung tercantik setelah burung lovebird, terlebih lagi jenis murai batu bukan hanya satu tapi beragam. Jika ingin membeli murai sebaiknya kalian harus siap waktu dan uang, karena burung murai merupakan burung dengan perawatan sangat susah. Supaya bisa menghasilkan bunyi lebih bagus, perawatannya pun harus baik. Sementara harga burung murai jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Burung Jalak



Sebagai negeri yang kaya akan satwa, Indonesia termasuk negara yang dilengkapi berbagai macam jenis burung jalak. Bahkan semakin hari spesies burung jalak semakin bertambah karena masyarakat yang membudidayakannya semakin banyak. Dan tidak diragukan lagi bahwa jalak sangat pandai mengeluarkan suara yang bagus dan gacor, sehingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Adapun jenis burung jalak sebagai berikut: jalak bali, jalak putih, jalak nias, jalak suren, jalak hitam, jalak thailand dan jalak hongkong.

Burung Kicau Jalak Suren



Masih keluarga jalak. Jalak suren/uren memiliki suara yang tak kalah nyaring dengan lainnya. Dia memiliki sifat ramah terhadap pemiliknya. Adapun ciri ciri fisiknya adalah memiliki warna kombinasi putih, hitam dan kadang ada abu-abu. Ukurannya 24 cm, sekeliling bulu mata berwarna jingga dan paruhnya merah.

Badan burung jalak ini memang sangat kokoh dengan bentuk paruh sangat khas layaknya burung-burung jalak lainnya. Apalagi burung jalak suren juga mempunyai kicau ataupun siulan yang merdu sekali namun sangat keras. Sedangkan makanannya adalah serangga serta jenis buah-buahan tertentu. Harga burung kicau satu ini berkisar Rp.700.000 sampai jutaan.

Burung Cucak Rawa



Cucak rawa dalam bahasa Inggris Straw-headed Bulbul, bahasa Jawa cucak rowo dan cangkurawah (Sunda). Burung ini asli dari Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Karena kerap diburu, habitatnya pun semakin terancam. Sesuai namanya, dia lebih sering menghabiskan di rawa-rawa, sungai, hutan dan danau. Sambil mengeluarkan kicauan yang merdu dan melengking.

Ciri ciri fisiknya:
Ukurannya 28 cm
Mahkota dan penutup telinganya berwarna jingga jerami
Punggung coklat dan ada sedikit warna putih
Dagu putih
Dada abu-abu dan paruh berwarna hitam

Adapun jenis pakannya adalah buah-buahan atau aneka serangga. Biasanya mereka terbang di dataran rendah. Harga terbaru cucak rawa bisa mencapai 6 jutaan, fantastis bukan?

Burung Trucukan/Trocok



Mungkin burung trucukan menjadi jenis burung kicau yang paling murah karena bisa dibeli Rp. 20.000-Rp.200.000). Penggemarnya sendiri tergolong sedikit serta jarang diikutkan ke dalam kontes-kontes. Namun, tidak salah juga jika anda membelinya untuk koleksi tambahan di rumah. Karena burung trucukan juga memiliki suara yang bagus jika sudah gacor.

Burung Cucak Jenggot


https://www.flickr.com/photos/

Dari segi fisik dan ukuran, cucak jenggot hampir mirip dengan jenis burung trucukan. Lalu apa yang membedakannya? Bedanya hanya satu yakni cucak jenggot memiliki jenggot dan trucukan tidak ada jenggotnya. Burung ini juga banyak peminatnya lho guys, suaranya juga tak kalah bagus yang penting pinter melatih dan merawat. Untuk harganya berkisar Rp. 150.000-Rp. 250.000, itu harga normalnya.

Jenis Burung Kicau Cucak Hijau (Ijo)



Disebut cucak hijau karena warnanya identik dengan hijau kecuali di bagian paruh yang berwarna. Dia hijau lebih banyak tinggal di hutan dan pepohonan. meski terkesan liar tapi tetap saja cucak hijau Banyak dipelihara di rumah pecinta burung kicau. Orang-orang menyebut cucak hijau dengan berbagai sebutan ada cucak ijo (Jawa), cipo, cipo jantung dan cipo kucat. Kenis ini banyak ditemukan di Pulau Bali Kalimantan Sumatera dan Jawa. Kalau sobat tertarik untuk memeliharanya sediakan uang sekitar Rp500.000 sampai Rp1.000.000.

Burung Lovebird



Jenis pertama adalah lovebird atau biasa diartikan burung cinta. Jenis ini sangat populer di kalangan hobiis dan harganya pun terjangkau, mulai Rp. 150.000-Jutaan. Sebagaimana namanya, mereka selalu hidup berdampingan dan mampu mengeluarkan suara gacor. Selain itu burung lovebird juga memiliki bentuk yang sangat cantik. Bahkan burung lovebird juga mempunyai beragam jenis.

Burung Kecer



Flickr.com



Burung kicau kacer tidak kalah terkenal dari lovebird. Malah masyarakat awam lebih banyak memelihara burung kacer dibandingkan lovebird. Hal itu disebabkan karena mereka memiliki kemampuan berkicau yang sangat pintar, terutama saat menirukan suara di sekelilingnya. Jika dilihat bisa nyaring merdu dan enak didengar.

Burung kacer paling banyak menyebar di negara Afrika Jawa dan Kalimantan. Dengan ciri-ciri hitam pekat/kebiru-biruan di sekujur tubuhnya dan ada sedikit warna putih di bagian tertentu seperti sayap dan ekor.

Jenis Burung Kicau Kenari



Salah satu jenis burung kicau termahal ialah burung kenari. Jenis burung kicau ini menjadi burung dengan pasar terbesar di tanah air. Alasannya ialah karena kenari sangat mudah diternak dan dirawat sekaligus sangat cepat menghasilkan uang. Oleh sebab itu sekarang banyak orang yang mencoba peruntungan dan menangkar burung kenari.

Habitat asli burung ini sebenarnya dari kepulauan Canary. Harga yang dibawa burung ini juga cukup mahal untuk burung kenari yang betina usia 3 bulan kisaran harganya adalah Rp. 250.000 an. Sementara untuk burung kenari yang jantan usia 3 bulan memiliki harga sekitar Rp. 300.000 an. Yang pasti semakin bagus kualitas kicauannya, semakin mahal pula harganya.

Burung Pleci (Kaca Mata Putih)



Berbeda dengan burung lovebird yang memiliki beragam warna dan corak tubuh, mulai dari biru, merah, orange, kuning, hijau dan lain-lain. Warna tubuh burung pleci hanya satu jenis yaitu antara hijau lumut kuning dan sedikit hitam serta berkacamata putih. Ukurannya pun sangat kecil, namun itu semua tidak masalah buat pecinta burung kicau. Sebab pleci juga memiliki suara yang bagus apalagi kalau sudah masuk kontes dan mendapat juara bisa-bisa harganya melambung sampai Rp1.000.000 (normalnya Rp.20.000-200.000).

Burung Pentet atau Cendet



Di desa burung pentet kerap diburu dan dipelihara di rumah. Karena burung ini memiliki keistimewaan daripada yang lainnya. Dia mampu menirukan suara yang ada di sekitarnya. Di kota sendiri burung pentet memiliki banyak nama yaitu ada yang memanggil cendet, betet toet. Untuk orang kota biasanya jika ingin memelihara burung cendet ini harus membeli ke toko burung.

Burung Anis Merah



Beberapa tahun yang lalu anis merah sempat terkenal dan menjadi primadona bagi pecinta burung kicau. Dengan ciri khasnya yang suka teler sambil mengeluarkan kicauan chiiir, menjadi daya tarik tersendiri bagi pemeliharanya. Burung anis merah mempunyai nama lain yaitu anis Bata, punglor mera, punglor cacing dan punglor bata. Harganya sendiri berkisar Rp500.000 sampai Rp1.000.000.

Burung Anis Kembang



Jika sebelumnya anis merah maka kali ini adalah burung kicau anis kembang. Tubuhnya dikombinasi oleh warna putih dan hitam dengan corak seperti bercak bercak. Suaranya pun tidak kalah nyaring, yang pasti sobat tidak akan menyesal jika memelihara burung anis kembang ini. Harganya kira-kira Rp400.000 bisa lebih bisa kurang tergantung kualitasnya.

Burung Gelatik



Kecil-kecil cabe rawit, begitulah istilah untuk si gelatik ini. Karena posturnya kecil dan warna tubuhnya hanya hitam putih, namun sangat banyak peminatnya. Kebanyakan masyarakat memanfaatkan suara gelatik yang melengking ini sebagai kombinasi suara burung lainnya agar lebih indah dan bervariasi. Maka tidak salah lagi burung gelatik digemari banyak orang sampai sampai disebut burung master. Harganya juga standart, mulai dari Rp. 75.000 sampai Rp. 200.000. Ada pengecualian harga, jika suara gelatik sudah gacor harganya bisa mencapai Rp. 700.000.


Panca Warna



Burung pancawarna identik dengan warnanya yang indah dengan kombinasi 5 warna yaitu kuning coklat biru orange dan hitam, menjadikan dia sebagai sosok burung yang imut. Suaranya juga tidak kalah bagus.

Burung Pelatuk



Jenis burung kicau yang ke-20 adalah burung pelatuk. Dahulu burung pelatuk dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi semakin berjalannya zaman burung pelatuk semakin digemari dan terkenal akan kemerduan kicauannya. Sehingga hari ini harga burung pelatuk semakin melambung sebagaimana burung kecer, cucak hijau jalak suren dan murai batu. Gambar burung pelatuk bisa dilihat di atas.

Jenis Burung Ciblek



Di Jawa ciblek disebut dengan prenjak. Burung ini termasuk endemik Sumatera Jawa dan Bali. Meski dahulu burung ciblek jarang dipelihara tapi sekarang burung ini cukup diperhitungkan. Mereka memiliki suara khas yaitu "ciap ciap" "ci ci ci" dan "ciklak ciklak". Kalau sudah gacor bisa mahal sampai ratusan ribu loh.

Burung Cipoh



Jenis burung kicau yang terakhir ialah burung cipoh atau bisa disebut cipo, copow, sito, sitru dan cito. (huh banyak banget ya panggilannya). Akhir-akhir ini mereka banyak dicari karena mempunyai suara yang unik.



Burung jalak yang bersertifikat berkisar antara 10juta sampai 15 juta


Burung kicau pleci untuk burung ini berkisaran harga 25.000 sampai 50.000


Harga burung lovbird berkisaran antara 150.000 sampai 850.000
Harga burung kicau poksay import harga mencapai 2.500.000 sedangkan untuk poksay lokal dikisaran 350.000


Harga burung kenari berkisar antara 200.000 sampai 1jutaan untuk jenis lokal, sedangkan untuk kenari Harganya berkisar antara 2.000.000 sampai 10.000.000

Harga burung kicau anis merah sangat beragam antara 600.000 sampai 1.000.000

Harga burung kicau jalak yang tidak dilindungi berkisar antara 50.000 sampai 800.000 sedangkan untuk Kisaran harga Cucak Hijau antara 750.000 sampai 1.500.000



Kisaran Harga Burung Kacer antara 500.000 sampai 750.000


Kisaran harga burung kicau cendet kisaran 80.000 sampai 150.000
Harga burung kicau kutilang kisaran 50.000 sampai 150.000
Harga burung ciblek berkisaran 50.000 sampai 150.000

KABAR GEMBIRA BAGI KICAU MANIA PENGGEMAR MURAI BATU, CUCAK ROWO DAN JALAK SUREN

FKMI: Murai Batu, Cucak Rowo dan Jalak Suren Dikeluarkan dari Daftar Satwa Dilindungi

Para penghobi burung berkicau atau kicau mania kini bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya kini beberapa burung berkicau yang sebelumnya masuk dalam daftar satwa dilindungi dalam Permen LHK Nomor 20 tahun 2018, sudah dikeluarkan dari daftar tersebut. Bang Boy, salah satu perwakilan dari Forum Kicau Mania Indonesia (FKMI) mengatakan, tiga jenis burung berkicau yang dikeluarkan dari daftar satwa dilindungi itu adalah burung jalak suren (Gracupica jalla), kucica hutan (Kittacincia malabarica) atau yang dikenal dengan nama murai batu dan cucak rowo.

Keputusan itu sendiri dikeluarkan saat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan pertemuan dengan perwakilan FKMI di Hotel Padjajaran Suite, Bogor, Selasa (4/9) malam. "Hasilnya 3 jenis burung dari nota keberatan yang disampaikan saat audiensi 14 Agustus 2018 di kantor KLHK, murai batu, jalak suren dan cucak rowo dikeluarkan lampirannya dari Permen 20 2018 dari dilindungi jadi tidak dilindungi," jelas Bang Boy dalam pesan tertulisnya kepada Trubus.id, Rabu (5/9) malam.

Bang Boy menambahkan, keputusan itu sendiri dikeluarkan setelah diserahkannya nota keberatan dan kajian sosial ekonomi yang disampaikan FKMI. Patut diketahui, FKMI sendiri adalah forum yang berisi gabungan 9 organisasi perburungan di Indonesia. Sebenarnya, sejak tanggal 27 Agustus lalu, sesuai dengan audiensi dengan FKMI, KLHK telah mengeluarkan 2 jenis burung berkicau dari daftar satwa dilindungi. Kedua burung itu adalah burung jalak suren dan burung murai batu. Untuk perubahan terbaru terkait penambahan burung cucak rowo, berkasnya diakui masih berada di Kemenhumkam. "Masih di Menhumkam. Dalam waktu dekat sudah keluar. Sebenarnya tanggal 27 Agustus sudah keluar, tapi hanya murai dan jalak suren," jelas Bang Boy. Bang Boy menambahkan, di surat keputusan yang baru nantinya, nama burung cucak rowo tidak akan ada lagi di dalam daftar satwa dilindungi dalam Permen LHk Nomor 20/2018.

"Terbaru keluar, yang tanggal 27 Agustus gugur," tukar pembina yayasan BnR tersebut. Menanggapi sejumlah burung lain yang kerap dipelihara masyarakat, Bang boy mengatakan, FKMI masih tetap akan membuat kajian yang kemudian akan diserahkan ke KLHK untuk ditinjau lagi. Ia berharap, burung lain seperti pleci dan cucak hijau juga dikeluarkan dari lampiran dalam Permen LHK Nomor 20/2018 dari dilindungi jadi tidak dilindungi. Sementara itu, untuk membantu pemerintah, dalam hal ini KLHK, FKMI sendiri juga sudah berkomitmen untuk membantu memerangi peredaran burung tangkapan hutan. Dari segi lomba, beberapa regulasi yang mengatur keikutsertaan burung tangkapan hutan juga akan diperketat. "Ya kita kan buat aturan seperti akan kita wajibkan lomba burung hasil penangkaran. Kemudian kita juga sosialisasikan ke pedagang untuk tidak memperjualbelikan burung-burung tangkap hutan. Kita harus komit," terangnya lagi.

Bang Boy menjelaskan, organisasi burung berkicau memang membutuhkan data tersebut. Karenannya, pendataan akan terus dilanjutkan. "Tujuan pendataan (penangkar) tidak jelek dan gratis," tegas Bang Boy. Terakhir, Bang Boy berharap agar seluruh pecinta burung berkicau termasuk sektor lain yang mendukungnya tetap ikut membantu pemerintah dalam menyelamatkan burung di alam dari kepunahan. "Dunia burung milik semua. Banyak rantai yang terkait dari mulai penghobi, penangkar ataupun pedagang. jadi, jalin kesatuan sesamanya. Tetap selamatkan burung di alam ini dan ini wajib bagi kicaumania," tutup Bang Boy.(Kumparan.com)

Diolah dari berbagai sumber

Loading...

Blog, Updated at: 20:12:00