Kabupaten Garut Raih Gelar Juara Umum Kontes Ternak Jabar 2018

loading...

Kabupaten Garut meraih gelar juara umum dalam kontes ternak yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di kawasan Dadaha, Kota Tasikmalaya, sejak 17-19 Juli 2018.

Kontes yang diikuti sebanyak 474 ternak dari berbagai daerah di Jawa Barat tersebut memperebutkan total hadiah Rp 200 juta.
Sesuai dengan Tema: "Melalui Kegiatan Kontes Ternak, Kita Tingkatkan Kualitas Bibit Ternak dan Daya Saing Produk Peternakan", Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan mengatakan event ini diharapkan menjadi tolok ukur pembangunan bidang peternakan di Jawa Barat. "Ini event yang cukup strategis, sebagai tolok ukur pembangunan peternakan di Jawa Barat," ujar Iriawan dalam sambutannya di acara Kontes Ternak Jawa Barat ke-37 Tahun 2018 di Lapangan Dadaha, Jl. Dadaha Kota Tasikmalaya, Kamis 19 Juli 2018.
Kabupaten Garut yang dikenal sebagai pengahasil domba terbaik tersebut mampu unggul di beberapa kategori kontes dibanding kabupaten/kota lainnya di kontes ternak se-Jawa Barat.

Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Garut, Indriana Sumarto, mengaku bersyukur atas terpilihnya Kabupaten Garut sebagai juara umum kontes ternak Jabar 2018.
Selain Domba Garut beberapa kategori seperti Sapi Kabupaten Garut juga meraih juara. Diantaranya Juara 1 Sapi Potong Pasundan Jantan, Juara 1 Sapi Perah Laktasi II, Juara 1 Sapi Perah 12-15 bulan, Juara 1 Domba Garut Raja Pedaging, Juara 2 Sapi Perah 9-12 bulan, Juara 2 Domba Garut Raja Calon Pejantan.
Dia menilai, status juara umum tersebut bisa diraih berkat kerja keras antar elemen yabg terlibat, termasuk pemerintah dan kelompok peternak dalam mengembangkan kualitas ternak yang mereka miliki.

"Ini hasil kerja keras semua pihak di lapangan, ini juga hasil seleksi dari ternak-ternak terbaik yang ada di Kabupaten Garut, sehingga alhamdulillah kita bisa memenangkan kontes ini," kata Indriana, Kamis (19/07/2018) siang.

Dari tahun ke tahun, prestasi Kabupaten Garut di kontes ternak Jabar terbilang stabil bahkan mengalami peningkatan.

Dia menyebut, pada 2016 dan 2017, Kabupaten Garut menjadi juara kedua kontes, raihan juara umum kali ini menggenapi prestasi Kabupaten Garut yang selalu berada di papan atas kontes ternak.

"Ini juga berkat dukungan pemerintah, baik dari segi moral, anggaran, maupun sarana prasarana. Kita sudah punya unggulan Domba Garut yang bisa dikembangkan di mana-mana. Kita juga sedang mengembangkan Sapi Pasundan. Kita akan mempertahankan yang sudah ada atau mengembangkan lagi jenis ternak unggulan di Kabupaten Garut," kata dia.

Sementara itu, Sekjen HPDKI Kabupaten Garut, Deni Rinjani, memberikan apresiasi terhadap Dinaskanla Garut yang berperan serta dalam event yang berlangsung dari tanggal 17 sampai 19 Juli 2018 bersama HPDKI Garut yang menjuarai kontes ternak ke 13 Jawa Barat di Tasikmalaya.

Deni mengatakan, dalam event tersebut Disnakanla Garut juga menjadi juara umum pada Kontes Ternak Jabar diantaranya adalah Domba Garut dengan kategori Raja Pedaging dengan bobot 102 KG, pemilik Atep asal Pasirwangi.

“Sudah saatnya Kabupaten Garut menjuarai semua even di berbagai bidang, salah satunya Domba Garut.
harus menjadi ikon indonesia, dan harus juara di berbagai even," ujar Deni Rinjani.

Sekjen HPDKI juga menegaskan, perkembangan Domba Garut harus ditingkatkan, terutama dalam hal pembibitan.

“Pembudidayaan dan pembibitan domba juga harus mendapat perhatian dari semua pihak agar Domba Garut tidak punah atau diambil daerah lain.” tegas Deni.
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Dewi Sartika menuturkan, ada sekitar 500 orang peserta ikut serta dalam kontes ternak tahun ini. Dengan jumlah ternak sebanyak 474 ekor. Selain itu, ada pula lomba fotografi dengan Tema: "Teman Ternak". Ada seribu lebih foto yang dinilai.Keluar sebagai juara umum kontes ternak tahun ini, yaitu Kabuapten Garut. Pj. Gubernur Jawa Barat Iriawan menyerahkan secara langsung trofi jura umum kepada Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Garut. Garut menang di tiga kategori berbeda, yaitu Komoditi Sapi Potong untuk Sapi Pasunda Jantan, Komoditi Sapi Perah untuk Umur 12-15 bulan dan Laktasi, serta Komoditi Domba untuk Raja Pedaging.
Berikut adalah pengumuman juara hasil kontes ternak Jabar 2018 :

Kategori sapi potong jantan

1. Kabupaten Subang
2. Kabupaten Karawang
3. Kabupaten Bandung Barat

Kategori Sapi potong betina

1. Kota Tasikmalaya
2. Kabupaten Bandung
3. Kabupaten Subang

Kategori Sapi potong Pasundan Jantan
1. Kabupaten Garut
2. Kabupaten Ciamis
3. Kabupaten Tasikmalaya

Kategori Sapi Perah
1. Kabupaten Bandung
2. Kabupaten Garut
3. Kabupaten Kuningan

Kategori Sapi Perah Dara
1. Kabupaten Garut
2. Kabupaten Subang
3. Kabupaten Bandung Barat

Sapi perah Laktasi ke 2
1. Kabupaten Garut
2. Kabupaten Bandung Barat
3. Kabupaten Kuningan

Domba Garut Ratu Bibit
1. Kota Bandung
2. Kabupaten Bogor
3. Kabupaten Bandung

Domba Garut Pejantan
1. Kabupaten Bandung
2. Kabupaten Garut
3. Kabupaten Bandung

Domba Garut Raja Jantan Pedaging
1. Kabupaten Garut
2. Kabupaten Bandung Barat
3. Kabupaten Bandung Barat

Domba Garut Petet
1. Kabupaten Bogor
2. Kabupaten Bandung
3. Kabupaten Bandung Barat

Kambing PE Pejantan
1. Kota Tasikmalaya
2. Kota Tasikmalaya
3. Kabupaten Bandung

Kambing PE Ratu bibit
1. Kota Tasikmalaya
2. Kota Tasikmalaya
3. Kota Tasikmalaya

Sumber : (Humas Diskominfo), garutkab.go.id

loading...

Blog, Updated at: 01:28:00
loading...