Macam-macam Cara Membedakan Burung Anis Merah Jantan dan Betina

loading...

Berikut ini cara membedakan Anis Merah jantan dan betina berdasarkan ciri-ciri fisik, suara kicau dan tingkah laku dari burung tersebut

Kicau mania tentu lebih menyukai untuk memelihara burung anis merah yang berkelamin jantan karena dari segi kicauannya juga lebih mantap dan secara umum lebih bagus dibandingkan dengan yang betinanya. Untuk membedakan jenis kelamin anis merah antara yang jantan dan betina tentunya memerlukan keahlian khusus dan pengalaman yang dilatih berkali-kali hingga benar-benar terlatih untuk membedakan anis merah jantan dan betina tersebut. Apa saja ciri-ciri yang bisa digunakan untuk membedakan anis merah jantan dan betina?

Ciri-ciri Khas Pada Anis Merah Jantan. Burung anis merah jantan memiliki bulu yang cerah dan mengilap. Bila dalam kondisi masih trotolan atau anakan, Anda tidak akan menjumpai warna kuning pada bagian sayapnya, yang sepenuhnya tampak adalah warna hitam. Ciri selanjutnya yang bisa diperhatikan pada anis merah jantan adalah bentuk kepalanya yang lonjong. Paruhnya terlihat tebal dan runcing apabila diamati dari atas. Sementara itu, posisi matanya sejajar dengan paruh. Lehernya panjang, begitu pula jari-jari kakinya. Secara keseluruhan, tubuh anis merah jantan tampak lebih panjang dan ramping. Tulang kloakanya runcing dan rapat. Jika berdiri, ia terlihat tegak dan gagah. Bahkan, bila berhadapan dengan anis merah lain, ia biasanya terlihat mengangkat kepala dan berkicau.
Anis merah (Geokichla citrina) adalah salah satu jenis burung kicau dari keluarga Turdidae dan Genus Geokichla. Burung ini bersifat omnivora, memakan biji-bijian dan serangga atau hewan kecil.
Ciri-ciri Khas Burung Anis Merah Betina. Sebaliknya pada anis merah betina warna bulunya lebih kusam jika dibandingkan anis merah jantan, tidak terlalu terang atau mengilap. Pada saat masih anakan, Anda bisa mengenalinya dengan keberadaan bintik-bintik kuning pada bagian sayap. Semakin dewasa, bintik-bintik kuning ini akan terlihat memudar sehingga lebih sulit membedakannya dengan anis merah jantan. Berdasarkan bentuk paruhnya, anis merah betina memiliki paruh yang tipis. Lehernya pendek dan matanya tidak sejajar dengan paruh. Bentuk kepalanya cenderung lebih bundar. Kloakanya juga terlihat lebih lebar daripada anis merah jantan. Apabila anis merah betina dihadapkan dengan burung anis merah lainnya, Anda akan melihat gerakan seperti menggetarkan sayap. Lalu, ada bunyi seperti bersiul, bukan berkicau. Berbeda dengan anis merah jantan yang tegap, tubuh anis merah betina biasanya tampak bulat dan pendek.

Berikut ini penjelasan detil beda anis merah jantan dan betina agar lebih jelas:

Leher Anis Merah Jantan Lebih Panjang Dari Leher Anis Merah Betina
Burung Anis Merah jantan memiliki leher yang cenderung lebih panjang dibandingkan dengan Anis Merah betina.

Kaki Anis Merah Jantan Lebih Panjang Dari yang Betina
Burung Anis Merah jantan juga memiliki kaki yang lebih panjang dibandingkan Anis Merah betina. Bukan cuma kakinya saja, tapi jari-jarinya juga panjang.

Perbedaan Khas Kepala Anis Merah Jantan Lebih Lonjong, Anis Merah Betina Lebih Bulat
Anis Merah jantan dan betina memiliki bentuk kepala yang berbeda jika diperhatikan dengan seksama. Anis Merah jantan bentuk kepalanya terlihat lebih lonjong. Sedangkan Anis Merah betina bentuk kepalanya lebih bundar atau membulat.

Sayap Anis Merah Jantan Lebih Rapat dan Warna Lebih Tajam Dibandingkan Betina
Sayap Anis Merah jantan cenderung lebih rapat dan mengapit dengan kuat. Hal ini semakin terlihat ketika Anis Merah jantan sedang bertengger. Sayap Anis Merah betina tidak serapat milik Anis Merah jantan. Warna sayap Anis Merah jantan lebih tajam. Sedangkan sayap Anis Merah terlihat sedikit pudar. Bukan cuma sayap saja yang terlihat rapat. Bulu-bulu Anis Merah jantan juga terlihat rapat secara keseluruhan. Berbeda dengan Anis Merah betina yang sering sekali merenggangkan sayap-sayapnya.

Tubuh Anis Merah Jantan Lebih Panjang Dan Ramping Dibandingkan Betina
Burung Anis Merah jantan memiliki ukuran yang lebih kecil dan ramping dibandingkan betinanya. Karena ramping, maka tubuh Anis Merah akan terlihat lebih lonjong. Berbeda dengan Anis Merah betina yang rata-rata memiliki bentuk tubuh bulat dan terlihat pendek. Perbedaan ukuran tubuh ini cukup mudah untuk diamati. Karena bisa dilihat dengan jelas tanpa menyentuh burung sedikitpun.

Supit Udang Anis Merah Jantan Lebih Rapat, Sedangkan Anis Merah Betina Lebih Renggang
Raba Supit udang Anis Merah. Jika supit udang terasa longgar, maka kemungkinan besar itu adalah Anis Merah betina. Sedangkan jika supit udang terasa rapat, kemungkinan besar itu merupakan Anis Merah jantan.

Paruh Anis Merah Lebih Runcing, Anis Merah Betina Cenderung Tipis
Burung Anis Merah jantan memiliki paruh yang lebih tipis dan terlihat runcing. Sedangkan Anis Merah betina sebaliknya, paruhnya terlihat lerlihat tumpul.

Lubang Hidung Anis Merah Lebih Besar Dibandingkan Betina
Burung Anis Merah jantan memiliki lubang hidung yang lebih besar. Sedangkan Anis Merah betina lubang hidungnya lebih kecil dan lebih dekat dengan mata. Cara ini biasanya lebih mudah dilakukan pada Anis Merah trotol. Tapi untuk Anis Merah dewasa, juga bisa dilakukan dengan cara memegang burung kemudian meniup bagian hidungnya. Sehingga bulu-bulu yang menutupi hidungnya akan tersingkap.

Tingkah Laku Anis Merah Jantan Lebih Lincah Dibandingkan Betina

Burung Anis Merah Jantan Memiliki Suara yang Lebih Kencang Perilaku Jika Bertemu Juga Berbeda
Baik Anis Merah jantan dan betina akan memperlihatkan tingkah laku yang berbeda jika bertemu dengan Anis Merah lainnya. Anis Merah jantan akan mengangkat kepalanya dan mengeluarkan kicau yang sangat kencang. Sedangkan Anis Merah betina akan menggerakkan sayap serta bersiul pelan. Cara ini biasanya hanya efektif untuk mengetahui jenis kelamin Anis Merah dewasa.

Burung Anis Merah Jantan Memiliki Warna Bulu yang Lebih Pekat Sedangkan Mata Anis Merah Jantan Sejajar Dengan Paruhnya

loading...

Blog, Updated at: 18:21:00
loading...