Loading...

Macam-macam Jenis Burung Betet Si Paruh Bengkok

Loading...

Mengenal Jenis-jenis Burung Betet, Habitat dan Ciri-ciri Fisik Burung Yang Terkenal Cerewet Ini
Bayan atau betet adalah kelompok burung yang terdiri dari 350 spesies dalam ordo Psittaciformes, yang sering dijumpai di wilayah hangat dan tropis. Bayan juga dikenal sebagai psittacines, mereka secara umum dikelompokkan dalam dua familia: Psittacidae dan Cacatuidae. Burung ini suka makan biji bijian yang ada di alam liar. Selain itu juga menghisap nektar pada bunga atau tumbuhan yang ada di sekitar habitatnya. Ciri burung Betet ini adalah ekornya yang panjang dan bagian bulunya yang mendominasi warna hijau. Lalu ciri burung betet ini pada pipinya keabuan dan berwarna kemerahan. Jadi tampak indah dan cantik bulunya.
Total ada 328 spesies burung betet pada penjuru dunia. Dan terdapat 78 spesies yang tersebar di Indonesia khususnya bagian timur seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua dan Halmahera. Yang paling banyak digemari yaitu burung betet jawa, burung betet kalimantan, burung betet sumatra dan juga dari sulawesi. Namun sebenarnya burung betet sendiri tidak termasuk hewan asli dari Indonesia, namun dari wilayah Tiongkok Selatan. Selanjutnya populasinya terus bertambah dan pada akhirnya menyebar pada seluruh Asia.

Burung Betet dengan warna cantik dan lumayan pandai dalam kicaunya ini hidup di hutan terpencil. Betet hidup dengan bergerombol, mereka kerap hidup berkelompok, baik pada waktu istirahat ataupun terbang, burung Betet ini waktu merangkai sarang juga tidak berjauhan dengan yang lainya. Jadi alam burung ini pada waktu berkicau akan terdengar sangar gaduh.

Penyebaran dari burung Betet ini juga sangat luas, hal ini disebabkan banyaknya burung spesies yang bernama Betet ini pada berbagai daerah. Burung ini bisa dijumpai hingga sampai daerah Thailand Selatan. Namun burung ini tidak ada di Semenajung Malaysia serta Pulau Sumatra. Di Indonesia sendiri, daerah penyebaran burung Betet ini juga terbatas di pulau Jawa, Bali, atau di pulau Kangean.

Jenis-Jenis Burung Betet

Burung Betet atau Psittacula alexandriarchive.kaskus.co.id

Burung betet awalnya bukanlah burung terkenal yang tersebar dengan cepat di pelosok dunia. Awal mulanya justru burung ini ditemukan di kaki Gunung Himalaya Tiongkok Selatan. Mereka menyebar di tempat-tempat yang sesuai dengan wilayah geografis habitat mereka tinggal, oleh sebab itu di Indonesia burung ini cukup mudah di jumpai karena tersebar di banyak wilayah. Burung bĂȘtet memiliki bulu yang halus dengan ciri kas utama yaitu paruh bengkok.

Populasi Burung Betet Paruh Bengkok
Burung betet paruh bengkok merupakan burung yang dilindungi, mengingat populasinya mulai berkurang dari tahun ke tahun. Penurunan populasi ini disebabkan karena habitatnya yang terus berkurang bahkan hilang. Serta banyaknya perburuan liar bahkan burung betet yang seharusnya dilindungi menjadi burung yang diperjual belikan tanpa izin.

Burung betet jenis paruh bengkok memiliki beberapa jenis spesies di antaranya yaitu, Nuri Bayan atau Eclectus roratus, Serindit Sulawesi atau Loriculus stigmata, Derindit Sangihe atau Psittirichas fulgidus, serindit paruh merah atau L. exili, dan Betet berkepala punggung biru atau Tanygnatus Sumateranus.

Jenis Betet Ekor Panjangarchive.kaskus.co.id

Disebut juga betet pipi merah, memiliki nama latin Psittacula longicauda yang merupakan salah satu dari 85 jenis burung paruh bengkok. Betet ekor panjang memiliki ukuran 40 cm, memiliki warna dada hijau, dan ekor panjang bertahap. Pada jantan memiliki mahkota berwarna hijau, sisi-sisi kepala merah dan ada garis hitam tebal mirip kumis, ekor berujung kuning dan memiliki sayap kebiruan.

Sedang pada burung betina memiliki bulu tubuh yang lebih buram, kumis kehijauan. Saat burung betina ini terbang akan terlihat sayap bawah yang kuning, pada tubuh bagian bawah berwarna hijau, dan pada sisi-sisi kepala berwarna merah, kaki berwarna abu-abu, dan paruh identik dengan warna merah.

Habitat Burung Betet Ekor Panjangarchive.kaskus.co.id

Habitat umum burung ini berada di pesisir dan dataran rendah, terutama pada hutan terbuka, hutan mangrove, perkebunan, hutan hujan tropis, pohon-pohon tinggi, dan hutan sekunder.
Perilaku Burung Betet Ekor Panjangfjb.kaskus.co.id

Burung betet ekor panjang memiliki kemampuan terbang yang cukup cepat dalam kelompok besar yang beranggotakan sekitar 20 ekor, hidup secara nomaden atau berpindah, melakukan migrasi musiman. Mereka mampu bergerak cepat dari cabang pohon satu ke pohon yang lain. Aktivitas mencari makan dilakukan setelah matahari terbit. Mereka dapat ditemui di siang hari pada pohon-pohon tinggi, sedang pada sore hari dihabiskan untuk mencari makan sebelum kembali ke sangkar.
Musim Kawin Betet Ekor Panjangfjb.kaskus.co.id

Musim kawin burung Betet Ekor Panjang pada bulan februari sampai juni. Sarang-sarang mereka terdapat pada cabang –cabang pohon berlubang atau pohon-pohon mati, hanya kadang-kadang saja membuat sangkar di pohon hidup. Sarang dipenuhi makanan, dan kadang mengunyah kulit kayu. Saat masa kawin, burung ini hanya mampu bertelur antara 2 sampai 3 butir dengan masa inkubasi 23 hari.

Anatomi Betet Paruh Bengkok
Ciri-ciri burung betet paruh bengkok yaitu memiliki tubuh yang panjang dari kepala sampai ekor sekitar 34 cm. Paruh bengkok dengan ukuran kepala yang besar, memiliki bulu yang lebat, warna bulu cerah dan memiliki kaki yang kecil. Memiliki lidah yang sama seperti burung kakak tua, namun lebih kuat dari burung Nuri. Sedangkan perbedaan antara burung betet dengan kakak tua adalah tidak adanya jambul yang bisa ditegakkan di bagian kepala.

Loading...

Blog, Updated at: 21:52:00