Macam-macam Jenis Burung Kolibri Pemakan Nektar Bunga

Jenis-jenis Burung Kicau Pemakan Nektar Bunga (Burung Madu - Kolibri)
Kolibri adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan.
Jenis Kolibri Ninja / Konin (Nectarinia Calcostetha)

Jenis kolibri ninja sendiri terdapat dalam 3 jenis, 2 diantaranya ialah Kolibri dada hitam dan King Konin. Selain mempunyai tingkah laku khas saat berkicau yakni Ngobra, Kolibri Ninja atau konin juga terkenal dengan warna tubuh indah yang dimilikinya. Burung pemakan nektar, madu dan berbagai serangga kecil ini juga mempunyai ciri khas pada bagian dadanya. Bisa Anda lihat, terdapat tiga macam kombinasi warna bulu indah mulai dari biru tua, kuning dan merah menyala. Di habitat asli, burung yang bernama latin Nectarinia Calcostetha ini sering terlihat di hutan-hutan bakau dan terkadang juga terlihat di tepi pantai untuk mencari makan. Wilayah penyebaranya paling yang ada di Indonesia sendiri meliputi Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

Burung Kolibri Ninja mempunyai nama latin leptocoma sperata, namun jika di daerah Jawa Barat lebih dikenal dengan sebutan kolibri tasik dan jika di daerah Jawa Tengah terutama di Solo dikenal dengan nama kolibri raja.Habitat dari burung kolibri jenis ini adalah di pinggir hutan yang memiliki ketinggian hingga 200m dpl. Burung ini juga sering ditemukan di daerah hutan karet dan juga di daerah pesisir pantai.

Jenis kolibri ninja memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibanding dengan jenis kolibri kelapa yakni hanya 10cm saja. Untuk pejantan memiliki ciri khas dengan warna topi hijau metalik, bagian leher berwarna ungu dan bagian dada memiliki bulu berwarna merah coklat dan abu. Kolibri jantan untuk jenis konin lebih dominan warna hitam, sedangkan untuk betina lebih dominan warna abu-abu.

Makanan untuk jenis ninja tidaklah jauh berbeda dengan jenis lain, suka makan madu dan makanan lain yang mempunyai rasa manis. Berikut ini makanan yang bisa dipilih jika ingin memelihara burung kolibri jenis ninja:
Madu. Makanan yang paling baik untuk burung kolibri adalah madu, karena kaya akan nutrisi dan bisa dijadikan sumber vitamin yang baik.
Nektar. Cairan manis yang biasa terdapat di dalam madu ataupun di bagian dalam bunga yang sering dihisap oleh serangga seperti lebah.
Makanan Ekstra. Untuk menambah asupan vitamin bagi si burung, perlu juga diberi makanan tambahan seperti halnya susu kental manis dan juga kroto yang baik untuk kesehatan si burung.

Jenis Burung Kolibri Sriganti atau Sogok Ontong

Burung kolibri sriganti memiliki ukuran tubuh yang kecil antara 8-10cm. Dari segi warna jenis sroganti pejantan memiliki warna tubuh bagian bawah kuning cerah, dagu danbagian dada ungu kengkilat serta berwarna hijau pada bagian punggung. Untuk kolibri srigunting betina berwarna kuning muda dan tidak berwarna ungu pada dagu maupun dada.

Burung Sogok Ontong, atau bisa juga dikenal dengan burung madu sriganti saat ini mulai populer di kalangan para pecinta Kicaumania di Indonesia, bulunya yang indah serta gacorannya yang cukup merdu membuat sogok ontong menjadi banyak diminati oleh masyarakat. Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai daftar harga terbaru dari burung sogok ontong di tahun 2017.

Perlu diketahui ciri khas dari burung sogok ontong ini yaitu suara gacorannya yang panjang dengan lantang serta bervariasi, tentunya burung ini sangat cocok sekali digunakan dalam berbagai perlombaan yang tidak menutup kemungkinan bisa saja mengalahkan burung kicau jenis lain seperti kenari maupun cucak ijo.


Burung kolibri sriganti mempunyai nama latin Nectarinia jugularis. Habitat jenis kolibri ini adalah di pekarangan, perkebunan maupun hutan mangrove.

Kolibri Sepah Raja (Aethopyga Siparaja)

Salah satunya adalah Kolibri Sepah Raja. Sesuai dengan nama yang disandangnya, saat di habitat asli burung ini sering terlihat bertengger di pepohonan dadap atau cangkring. Selain itu ia juga kerap terlihat bertengger di pohon-pohon berbunga, burung madu yang bernama latin Aethopyga Siparaja mempunyai ciri warna ungu pada bagian dahinya. Sementara itu, baik punggung, dada dan leher bewarna merah menyala. Ukuran tubuh burung pemakan nektar dan serangga ini bisa tumbuh sampai 13 cm. Saat masa reproduksi ia akan membentuk sarang menyerupai kantung yang menggantung di atas gundukan tanah yang berada tepi-tepi hutan dan berbagai semak belukar. Di Tanah Air sendiri wilayah penyebaranya meliputi Sumatra, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan.

Jenis Burung Kolibri Kelapa / Manggar (Anthreptes Malacensis)

Burung yang bernama latin Anthreptes Malacensis ini mempunyai ciri khas warna bulu yang juga mudah dikenali. Dahi dan punggunga bewarna hijau terang, sayap kecoklatan dan tubuh bagian bawahnya bewarna kuning menyala. Di alam liar Kolibri Kelapa atau Manggar ini sering terlihat di hutan-hutan mangrove, kebun kelapa dan pekarangan terbuka untuk mencari makanan berbagai serangga kecil, nektar bunga sepatu dan buah-buahan. Saat memasuki masa reproduksi ia biasanya akan membentuk sarang bergantung berbentuk kantung yang terbuat rerumputan.Saat menginjak usia dewasa ukuran tubuhnya bisa tumbuh sampai 13 cm. Wilayah penyebaran di Indonesia sendiri, ia paling banyak ditemui di ketinggian 1200 meter (dpl) sunda besar dan berbagai pulau lain yang ada di sekitarnya.

Jenis Burung Kolibri Matari

Burung kolibri jenis Matari memiliki nama latin Cinnirys Solaris. Burung ini berukuran kecil yang hanya 11cm saja atau setara dengan besar ibu jari orang dewasa. Jenis ini tergolong endemik karena hanya ditemukan di Nusa Tenggara Dan Pulau Flores saja.

Perbedaan warna dari jenis jantan dan betina hanya pejantan lebih mengkilap dibanding dengan yang betina. Untuk makanan kolibri matari sama dengan jenis-jenis lain yaitu naktar dan serangga.

Kolibri Wulung / Kaca (Anthreptes Singalensis)

Kolibri Wulung adalah salah satu jenis burung pemakan nektar yang tidak kalah eksotis. Bagaimana tidak, burung yang juga dikenal dengan nama kolibri kaca dan muncang ini mempunyai ciri khas warna oranye di leher hingga dada dan warna kuning pada bagian perut sampai pantat. Selain itu, dahi dan punggunya mempunyai motif warna hijau tua mengkilap. Di alam liar ia sering terlihat di tepi-tepi hutan cemara dan perkebunan kelapa untuk mencari makanan berupa serangga, ulat dan bunga nektar. Sama dengan sejenisnya, di habitat aslinya burung yang juga kerap disebut kolibri belukar ini juga akan membentuk sarang berbentuk kantung yang bergantung di ranting-ranting semak untuk bisa mengeluarkan 1-2 butir telur. Wilayah penyebaran paling banyak terdapat di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

Jenis Burung Kolibri Black Sunbird

Burung kolibri jenis black sunbird ini memiliki postur yang tergolong kecil yaitu 11 cm. Berbeda dengan jenis lainnya, untuk membedakan jantan dan betina untuk jenis kolibri yang satu ini sangat mudah. Warna dari pejantan dan betina sangat berbeda, jika jantan berwarna hitam yang berkilau ungu kebiruan, betina justru memiliki warna kelapa abu dan perut berwarna kuning.

Jenis kolibri black sunbird untuk saat ini sedang banyak dicari oleh pecinta burung di Indonesia, oleh sebab itu harga juga relatif lebih mahal.

Jenis Burung Kolibri Gunung / Merak

Jenis ini dikenal dengan kolibri gunung karena habitatnya di pegunungan atau dataran tinggi. Jenis kolibri ini hanya ditemukan di pulau jawa, untuk itu burung ini masuk dalam kategori burung endemik yang tidak akan ditemukan di daerah lain selain di pulau Jawa.

Ukuran tubuh tergolong sedang yaitu 13cm. Makanan dari burung kolibri ini sama dengan jenis kolibri lain yaitu nektar, serangga kecil seperti halnya laba-laba maupun ulat.

Jenis Burung Kolibri Sangihe

Jenis kolibri sangihe merupakan asli dari kepulauan sangihe Sulawesi Utara, dan hanya dapat ditemukan di gunung Sahendaruman. Makanan sama dengan jenis-jenis kolibri lainnya yaitu nektar bunga dan binatang avertebrata yang sering dijumpai di daun. Postur tergolong sedang yaitu 12 cm tidak jauh beda dengan jenis kolibri gunung.

Jenis Burung Kolibri Ekor Merah

Jenis kolibri ekor merah dinamakan kolibri ekor merah karena warna ekornya yang merah. Ukuran tubuh untuk jantan 13cm dan untuk betina hanya 10cm saja. Burung kolibri ini berasal dari Sumatera dan Kalimantan. Burung kolibri jantan mempunyai bulu berwarna merah, sayap yang berwarna kuning dan bagian ekor yang berwarna merah. Sedangkan untuk betina bagian atas tubuh berwarna coklat dan bagian bawah berwarna kuning.

Burung ini dapat di temukan di hutan terbuka seperti di perbukitan, gunung dan hutan - hutan tropis dan sub tropis atau dataran rendah yang lembab dengan ketinggian 1800 m, dan penyebarannya terdapat di pulau Kalimantan, Sumatera, Malaysia, dan di sebelah selatan barat Thailand.

Ia dinamai bangsawan Belanda dan zoologi Coenraad Temminck Yakub, dan telah dianggap conspecific dengan Javan Sunbird, Aethopyga mystacalis. Burung-madu ekor-merah, Aethopyga Temminck memiliki ukuran tubuh 10 cm untuk jenis betinanya, sedangkan jantan memiliki ukuran tubuh dengan panjang 12.5 cm hingga 13 cm.

Ciri - ciri Burung yang Betina seperti, ukurannya agak kecil, di bagian atas berwarna coklat zaitun, kepalanya berwarna abu-abu, tubuh bagian bawah berwarna zaitun kekuningan, iris coklat, warna paruhnya hitam, kaki juga hitam.   Ciri - ciri Burung yang Jantan seperti, Warna merah tua. Tunggir kuning. Ekor merah padam. Alis, sisi mahkota, tengkuk, dan penutup ekor bawah ungu metalik. Tubuh bagian bawah putih keabu-abuan.

loading...

Blog, Updated at: 06:58:00
loading...