Macam-macam Jenis Burung Lovebird, Dari Yang Termurah Hingga Termahal

loading...
Inilah Burung Kicau Yang Suka Ngekek Panjang dan Banyak Dikembangbiakkan, Lovebird Si Burung Cinta Ternyata Sangat Beragam Jenisnya
Burung cinta adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis (dari bahasa Yunani "agape" yang berarti "cinta" dan "ornis" yang berarti "burung"). Nama mereka berasal dari kelakuan yang umum diamati bahwa sepasang burung cinta akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Burung lovebird merupakan burung sosial. Di alam bebas, burung ini hidup berkelompok. Disebut “love bird” atau “burung cinta” karena burung ini baru berpisah dari pasangannya bila salah satunya mati. Burung dari genus Agapornis ini ukuran tubuhnya relatif mungil, bila dibanding burung berparuh bengkok lainnya.
Jenis burung lovebird sangat banyak tetapi hanya beberapa saja yang benar-benar populer dan banyak dicari para kicau mania, berikut ini beberapa jenis dan macam-macam burung lovebird yang ada dipasaran lengkap dengan ciri-cirinya. Jenis-jenis lovebird umumnya dibedakan dari warna dan corak pada bulunya, motif pada kepalanya dll. Munculnya jenis baru dari lovebird biasa ternjadi karena adanya mutasi warna dari jenis lovebird lainnya sebagai hasil persilangan macam-macam jenis lovebird tersebut.

Jenis Burung Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)



hbw.com, LOVEBIRD KACAMATA PIPI HITAM ( AGAPORNIS NIGRIGENIS )

Nama Lain dalam berbagai Bahasa :
  • Danish - Sodbrunhovedet dværgpapegøjer ;
  • Dutch - Zwartwangagapornis ; Nigrigenis ;
  • English - Black-cheeked Lovebird ;
  • French - Inséparable à joues noires ; Perruche à joue noire ;
  • German – Rußköpfchen ;
  • Italian - Inseparabile a guance nere ;
  • Portuguese – Nigrigenis ;
  • Slovak - Agapornis hnedohlavy ;
  • Spanish - Agapornis nigrigenis;
  • Swedish - svartkindad dvärgpapegoja
Ciri khas jenis lovebird pipi hitam adalah terdapatnya warna hitam menyerupai kacamata hanya ditemukan pada bagian di pipi saja. Sementara bagian tubuhnya dipenuhi dengan warna hijau dengan campuran warna kuning. Hutan gugur yang dekat dengan perairan menjadi habitat favoritnya. Jenis Burung lovebird pipi hitam ini masih banyak dijumpai di daerah Zambia, Victoria, dan juga Zimbabwe. Love Bird Kacamata Pipi Hitam mendiami hutan gugur dimana persediaan air permukaan tetap ada. Pada musim kemarau burung burung ini dapat berkumpul dalam kelompok besar sampai 800 atau lebih. Makanan Love Bird Kacamata Pipi Hitam terutama biji rumput tahunan, Juga beberapa jenis sayuran, larva serangga, jagung dan sorgum milet.

Love Bird Kacamata Pipi Hitam relatif mudah untuk berkembang biak dalam penangkaran. Sayang peminat spesies ini pada pertengahan abad ke 20 mengalami penurunan sehingga sat ini sulit di temukan di penangkaran. Lovebird kaca mata pipi hitam secara umum sulit didapat di pasaran karena burung ini sudah dibatasi untuk tujuan ekspor dari negara asalnya. Burung ini bisa dipelihara secara berkelompok bahkan dicampur dengan burung lain. Warna mutasi lovebird kaca mata pipi htam adalah lovebird kaca mata pipi hitam kuning ( lovebird kuning ).

Jenis Burung Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)


hbw.com

Nama Fischer sendiri diambil dari nama orang yang pertama kali menemukannya. Gustav Fischer adalah ilmuwan burung yang berasal dari Kota Der Panzer, Jerman. Warnanya sangat cantik, dan Burung Lovebird jenis Fischer, sudah banyak ditangkarkan di Indonesia. Habitat aslinya berada di Afrika bagian sebelah timur, di tengah, di selatan, bagian tenggara, dan juga di daerah danau Victoria Kota Tanzania utara.
Lovebird fischeri memiliki ciri yang dapat dibedakan dengan lovebird jenis lain, diantaranya adalah :
  1. Secara fisik pnjang lovebird fischeri berada di kisaran 14 CM
  2. Lovebird Fischer memiliki punggung dada dan sayap berwrna hijau
  3. Area leher berwarna kuning keemasan dengan gradasi semakin gelap ke arah atas.
  4. Bagian kepala berwarna hijau zaitun
  5. Paruhnya berwarna merah cerah
  6. Permukaan atas ekor memiliki beberapa bulu ungu atau biru
  7. Memiliki lingkaran putih (kelep) di sekitar matanya
Jenis Burung Lovebird Biola, Salah Satu Jenis Lovebird Pemilik Harga Termahal Saat Ini





burungeksotis.blogspot.co.id

Lovebird jenis ini memiliki yang sungguh eksotis, suaranya yang bombastis dan harganya yang fantastis. Harga burung ini mencapai 30 juta rupiah per ekornya, fantastis bukan? Mahalnya harga ini dikarenakan jenis ini cukup langka dan sulit untuk dikembangkan. Jenis biola biru adalah jenis yang paling langka dan mahal harganya.

Ada dua alasan mengapa burung lovebird ini bisa berharga fantastis di kalangan para penggemar burung, diantaranya adalah burung lovebird yang mahal karena warnanya dan burung lovebird yang mahal karena prestasinya. Kedua alasan utama itulah yang mempengaruhi harga burung lovebird. Misalnya, walaupun burung lovebird memiliki warna bulu yang biasa saja, tapi setelah menang kontes burung berkali-kali, harga burung love bird ini akan meroket menjadi sangat mahal. Ada juga burung lovebird yang tidak pernah ikut lomba, tapi memiliki warna bulu yang sangat cantik. Harganya tentu juga akan sangat mahal.

Terdapat Sekitar 3 Jenis Lovebird Biola, Berapa Kisaran Harganya?

1. Lovebird Biola Euwing Lovebird Biola Euwing By olx.co.id

Burung lovebird euwing, jenis burung love bird ini adalah hasil dari persilangan antara burung lovebird Euwing dan love birdBiola. Kedua jenis burung lovebird ini, Biola dan Euwing, merupakan kategori burung lovebird yang harganya sangat mahal. Di pasaran saat ini, harga burung lovebird biola euwing dipatok pada kisaran harga antara 13 juta rupiah sampai dengan 17 juta rupiah.

2. Lovebird Biola Green Lovebird Biola Green By permenlolipop.info

Jenis kombinasi berikutnya dari burung lovebird biola adalah burung lovebird blue dan green. Kalau diamati dari harga pasaran saat ini, harga jual burung lovebird biola blue ternyata lebih mahal dari jenis burung lovebird biola hijau atau biola green. Dari harga saat ini, harga lovebird biola hijau dibandrol di sekitar 10 juta rupiah sampai 15 juta rupiah.

3. Lovebird Biola Blue Lovebird Biola Blue By burungbabe.com

Sedangkan untuk harga burung lovebird biola blue berada jauh di atas harga lovebird biola green. Bisa dibilang kalau harga burung love bird yang satu ini cukup fantastis karena berada di kisaran harga 40 juta rupiah. Bahkan, ada seorang pecinta burung lovebird yang menjual burung lovebird biola blue miliknya dengan harga 50 juta rupiah.

Jenis Burung Lovebird Dakocan

fjb.kaskus.co.id

Ada banyak jenis Lovebird Dakocan, namun yang paling terkenal adalah dakocan hijau. Warna kuning dan hijau sangat banyak dan mendominasi bagian tubuhnya. Jenis Lovebird Dakocan ini asalnya di dataran tinggi di pedalaman utara Tanzania dan Kenya. Ada warna orange sedikit di bagian antara tubuh dan pangkal leher, seperti warna orange yang bocor.

Jenis Burung Lovebird Pastel



injenisburung.blogspot.com

Burung jenis pastel ini adalah hasil silangan. Anda bisa mengingatnya dengan cara melihat warna tubuhnya. Pasti ada campuran warna lain yang ada di tubuhnya.

Banyak sekali jenis burung pastel. Pastel hijau (pasjo) = terdiri dari warna hijau dan kuning, namun warna hijaunya lebih dominan. Pastel kuning (paskun) = terdiri dari warna hujau dan kuning juga, namun warna kuningnya lebih dominan. Terkadang warnanya hampir seperti lutinho. Pastel biru (pasbir) = campuran antara warna biru dan putih. Warna birunya lebih seperti warna biru laut yang tua. Pastel blue (pasblue) = karakterisitiknya sama dengan pasbir, hanya saja warna birunya seperti agak kehijauan.

Pastel Biolet (pasvio) = terdiri dari warna violet/ ungu dan putih. Pastel putih (pasput) = terdiri dari warna putih dan sedikit warna biru. Terkadang semakin dominan warna putihnya, banyak pemula yang sering tertipu karena dikira itu adalah jenis albino. Pastel olive = warnanya seperti jenis lovebird olive namun sedikit muda/ kalem.

Jenis Burung Lovebird Biru Cobalt


burung9.blogspot.co.id

Lovebird jenis Cobalt ini terdiri dari warna biru kehijauan di sekujur tubuhnya. Kemudian ada warna putih di bagian wajah dan lehernya. Untuk bagian di ujung sayap, berwana hitam. Dan kemudian di bagian pangkal ekor berwarna biru tua.

Jenis Burung Lovebird Biru Mangsi


olx.co.id

Ciri khasnya adanya warna biru atau biasa disebut blue series dari lovebird, memang cukup banyak seperti jenis GS (Green Series). Seperti namanya, jenis ini memiliki warna biru mangsi yang cukup mendominasi bagian tubuhnya dan sayap. Sementara ada sedikit warna putih dan kepalanya hitam. Semakin pekat warna hitam pada bagian kepala atau para pecinta lovebird sering menyebutnya dengan mangsi helm/ kepala gosong, maka harganya juga akan semakin mahal.

Jenis Burung Lovebird Batman


binatangpeliharaan.org

Ini adalah jenis loverbird yang cukup mahal dan harganya cenderung stabil. Alasannya karena untuk mendapatkan anakan jenis ini, tidak mudah. Harus benar – benar dari galur murni. Namun bagi peternak yang sudah profesional, mendapatkan anakan dari jenis ini cukup mudah, Yaitu dengan mengawinkan jenis cobalt yang memiliki warna hitam pekat pada leher dan kepala dan olive. Namun tetap saja, jika tidak dari indukan jenis batman, sangat susah mendapatkan anakan yang juga jenis batman. Lovebird ini punya paruh yang warna kusam antara putih agak kuning dan bengkok seperti halnya lovebird yang lainnya. Pada bagian warna bulu sendiri lovebird batman lebih dominan berwarna hitam. Selain itu juga ada warna putih pada bagian leher dan dada atau sering dinamakan ngalung putih. Lainnya dominan berwarna hitam.

Lovebird batman juga punya bentuk mata bulat dengan lingkaran mata berwarna putih yang berbeda jauh dengan warna kepalanya. Hal itu menambah keunikan dari jenis lovebird ini. Jenis Lovebird Batman ini banyak menarik perhatian dan ingin memilikinya untuk dijadikan burung lomba maupun sekedar burung hias dirumah. Jumlahnya yang tidak banyak menjadikan banyak orang hendak memeliharanya. Warnanya benar – benar seperti batman (manusia kelelawar). Di mana warna hitam sangat dominan. Semakin pekat warna hitamnya, maka harganya semakin mahal.

Lovebird batman memiliki beberapa jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini jenis dan ciri-cirinya.

Ciri-ciri Lovebird Batman Personata

Salah satu ciri-ciri dari lovebird batman perso ini yaitu mempunyai helm hitam yang ada di bagian kepala. Kemudian pada bagian leher akan berwarna putih hingga pada bagian dada.
Pada umumnya untuk jenis perso yang bagus warna putih ini seperti halnya kalung yang melingkar diantara warna hitam yang ada pada sela sela warna kepala dan juga bagian sayap. Dan pada bagian perut hingga bagian ekor berwarna abu abu kehitaman.

Ciri-ciri Lovebird Batman Fc/Fischeri

Jenis lovebird Mouve fischery pada blue series ini untuk ciri khasnya yaitu memiliki warna putih yang ada di bagian muka sampai pada bagian dada. Kemudian untuk bagian belakang kepala berwarna kehitaman pada umumnya membelah seperti halnya garis melingkar dari leher tengah mata serta pada bagian dahi.
Dan di bagian sayap dan juga di bagian dada hingga pangkal ekor berwarna hitam serta warna abu abu agak hitam sama halnya dengan jenis personata.

Ciri-Ciri lovebird Batman Mouve Kepala Putih

Karakteristik dari burung lovebird batman sable head atau kepala elang diantaranya memiliki warna kepala yang putih bersih. Dan pada bagian sayap berwarna hitam seperti halnya jenis lovebird mouve pada umumnya.
Kemudian untuk warna perut ke bawah hingga bagian ekor berwarna abu abu kehitaman. Jenis lovebird sable ini memiliki harga jual yang tinggi dari pada dengan harga jual jenis lovebird yang lainnya.

Jenis Burung Lovebird Merah


jihanlovebirdfarm.blogspot.co.id

Keberadaan jenis lovebird merahini sempat menjadi kontroversial. Pasalnya hingga sekarang, sangat sulit mendapatkan lovebird yang memiliki warna merah di seluruh tubuhnya. Kemungkinan, jenis burung ini tidak ada. Melainkan hanya bentuk kejahilan peternak agar harga burung tersebut melambung.




Jenis Burung Lovebird Albino

abangmasterkicau.blogspot.co.id

Albino adalah keadaan di mana tubuh makhluk hidup mengalami kelainan warna pigmen pada kulitnya. Harga burung ini juga cukup lumayan karena sulitnya mencetak warna burung ini. Bahkan indukan antara albino dan albino bisa saja tidak menghasilkan warna albino. Albino ini terdiri dari albino mata hitam dan mata merah. Albino mata merah mendapatkan penawaran yang lebih tinggi dibanding mata hitam.

Jenis Burung Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)



windyseftiarini.blogspot.co.id

Burung lovebird jenis Muka Salem ini sangat banyak ditemukan di selatan Afrika, Namibia, dan juga Angola. Postur tubuhnya cukup menarik. Tubuh bagian bawahnya memiliki warna hijau agak kekuningan. Sementara untuk bagian bulu di dahi dan juga bagian belakang matanya memiliki warna merah. Di bagian pipi, leher, serta dadanya memiliki warna merah muda. Untuk bulu bagian sayap berwarna hijau, namun di bagian ujung sayap berwarna biru.

Jenis Burung Lovebird Topeng (Agapornis personata)



youtube.com

Topeng di sekitar bagian wajahnya menjadi ciri khas lovebird yang satu ini. Pertama kali, burung jenis ini dijumpai di daerah Timur Laut Tanzania. Kemudian ditangkarkan di negara Afrika, Kenya. Hingga sekarang persebaran sudah sangat luas termasuk di Indonesia. Warna tubuhnya didominasi oleh warna hijau, sementara untuk bagian dadanya berwarna kuning terang.

Jenis Burung Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)


pinterest.com

Burung ini mempunyai warna bulu didominsi warna hijau. Penyebaran untuk habitat aslinya ada di Tanzania, Mozambik, Malawi, Zimbabwe Utara dan Zambia tenggara.

Jenis Burung Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)


hbw.com

Warnanya hanya terdiri dari warna hijau nan tua dan juga warna hitam. Jenis burung lovebird ini menjadi jenis yang memiliki ukuran paling besar di antara jenis lovebird yang lain. Keunikan lainnya adalah warna orange dan merah di bagian dahi depan mukanya. Bagian selatan Eritrea sampai dengan bagian barat daya Ethiopia adalah daerah asal jenis burung ini.

Jenis Burung Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)


flickr.com

Burung Lovebird madagaskar ini sering dikenal dengan si kecil. Alasannya karena jenis burung lovebird yang satu ini paling kecil di antara jenis lovebird lainnya. Warnanya terdiri dari putih, hijau muda dan hijau tua. Paruhnya berwarna abu – abu. Meskipun begitu, peminat jenis ini di Indonesia masih sedikit. Anda bisa menemukan habitat aslinya di Madagaskar, Afrika.
Cara Membedakan Lovebird Madagaskar Jantan dan Betina
Membedakan jenis kelamin jantan dan betina untuk lovebird madagaskar dapat dengan mudah dibedakan dari warna bulunya. Pada lovebird jantan bulu di kepala dan dada berwarna abu-abu pucat, sedangkan pada lovebird betina hampir seluruhnya berwrana hijau muda. Burung ini pertama kali di import untuk peternakan burung di Eropa pada pertengahan abad ke 19 ketika kegiatan eksport import masih diizinkan.
Burung lovebird madagaskar adalah burung yang sulit di temukan alias langka, selain di alam memang jumlahnya sangat terbatas burung ini sangat susah ditangkarkan karena perilakunya yang sangat sulit beradaptasi dengan lingkungan maupun pergantian musim. Selain itu burung ini memiliki sensitivitas yang tinggi sehingga mudah stress sehingga kemungkinan bisa ditangkarkan sangat kecil, kalaupun bisa ditangkarkan dan disuapi dengan sistem handfeeding tidak akan mengurangi sifat yang telah tertanam pada individunya.

Secara genetis burung ini akan tetap memiliki rasa malu dan sensitivitas yang sangat tinggi sehingga burung ini tergolong burung yang sulit ditangkarkan. Burung ini hidup di beberapa hutan terbuka dan hidup secara berkelompok dalam jumlah yang banyak. Mereka makan di area pertanian dengan memakan biji bijian dan berbagai macam rumput. Lovebird Madagaskar lebih suka berkembang biak dimusim gugur dan karena burung ini tidak memiliki toleransi terhadap musim dingin sehingga usaha penangkaran burung Lovebird Madagaskar di musim dingin sangat sulit.

Jenis Burung Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)


avizandum.co.za

Lovebird jenis ini memiliki ciri khas di bagian wajahnya. Muka bagian depannya memiliki warna merah yang cukup mencolok. Warna merah di muka, belum tentu dia pemalu. Sebaliknya, burung ini snagat berani, lincah dan juga gesit. Rata – rata tubuhnya mempunyai warna hijau agak kekuning-kuningan. Populasinya banyak ditemukan di pesisir pantai negara Afrika tengah sampai dengan sebelah bagian barat negara Ethiopia.

Lovebird Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)


featherswingsbeak.blogspot.co.id

Burung Lovebird Kerah Hitam ini tergolong burung yang langka. Keunikannya yaitu leher seperti orang memakai kerah, menjadikan burung ini banyak diburu manusia. Sementara, tidak ada yang mencoba untuk menangkarkan jenis ini karena sulitnya berkembang biak. Bagian khatulistiwa di negara Afrika menjadi tempat yang banyak disinggahi burung jenis ini.

Jenis Burung Lovebird Olive


burungcantik.com

Jenis burung Lovebird Olive adalah jenis yang memiliki warna dasar hijau. Warna hijau yang dimiliki agak gelap dibandingkan hijau standard. Kepalanya juga memiliki warna hitam yang cukup gelap. Warna kepala yang hitam pekat akan menaikkan harga jualnya karena nanti jika dipasangkan dengan jenis kepala hitam lain seperti cobalt dan mangsi maka akan menghasilkan warna batman. Bagian warna hijau tersebut tidak menutupi seluruh tubuhnya. Warna hijau ini hanya terdapat di bagian dada, punggung, sayap, dan ujung ekor. Sementara di bagian kepala, ada warna perpaduan antara orange dan juga kuning.

Jenis Burung Lovebird Parblue


redaksikicau.com

Pada awal muncul harganya mencapai puluhan juta. Bahkan jauh lebih mahal dibandingkan harga burung kicauan yang sudah melambung namanya seperti murai batu. Parblue atau kepanjangannya adalah Partial Blue, merupakan burung cantik hasil silangan yang dilakukan peternak eropa. Meskipun disebut parblue, namun warnanya tidak hanya sebatas biru melainkan ada warna lain. Ada warna kuning, hijau, orange serta putih yang sangat mencolok. Meskipun sekarang pamornya kalah dengan biola dan jenis baru seperti palle fellow, harganya masih cukup mahal jika dibandingkan jenis standard.
Jenis Burung Lovebird Blorok


budidayaperawatan.blogspot.co.id

Warna blorok pada lovebird ini merupakan warna degradasi yang terbentuk secara alamiah tanpa adanya bantuan manusia. Contoh jika ada lovebird yang memiliki warna dasar biru, kemudian ada gradasii warna lain seperti hijau dan kuning, maka disebut blorok.

Jenis Burung Lovebird Halfsider

omkicau.com

Jenis lovebird ini termasuk jenis yang langka. Sulit sekali mendapatkan anakan Halfsider. Bagi pecinta burung lovebird aliran warna, pasti cukup tertarik dengan jenis yang satu ini Karena keunikannya tersebut, harga jenis ini sangat mahal dibandingkan jenis lovebird yang lain.
Jenis Lovebird Lutino


hargacara.com

Burung lovebird jenis luthino merupakan jenis termahal ketika trend lovebird pertama kali muncul di Indonesia. Harganya mencapai jutaan rupiah. Hal ini dikarenakan warna tubuhnya nan cantik dan elegan. Burung Lovebird Lutino ini dikenal sebagai jenis yang mempunyai warna bulu yang didominasi warna kuning dan juga orange kemerahan.

Ada dua jenis yaitu mata hitam dan warna merah.

Jenis lovebird ngalung adalah istilah yang digunakan kalangan pecinta lovebird untuk menyebut jenis lutino yang memiliki warna orange pekat pada bagian kepala. Jadi antara bagian kepala sampai bagian pangkal leher dengan bagian tubuhnya, terlihat jelas pemisah di antara keduanya.

Jenis Burung Lovebird Australian Cinnamon


parrotparrot.com

Jenis burung lovebird Australian Cinnamon ini sangat mirip dengan jenis Lovebird Pastel. Warna bulunya cenderung lebih soft dan juga kalem. Akan tetapi, saat keduanya didekatkan, maka yang akan terlihat warna soft yang dimiliki Lovebird Australian Cinnamon dibandingkan jenis pastel. Warna bulu dari Lovebird Australian Cinnamon ini sangat muda dibandingakan jenis lovebird lainnya.

Jenis Burung Lovebird Violet


burungcantik.com

Dari namanya, tentu saja burung ini memiliki warna violet atau ungu. Warna biolet pada bagian tubuhnya menjadi ciri khas yang dpaat diingat daroi jenis ini. Sementara di bagian ujungnya memiliki warna hitam tebal. Bagian perutnya sendiri terdapat sedikit warna putih terang. Harga burung lovebird jenis violet ini cukup mahal dan juga stabil dikarenakan susahnya mencetak jenis violet.

Jenis Burung Lovebird Dakori

lovebirdloverindonesia.blogspot.co.id
Ciri khas jenis ini adalah warnanya hanya terdiri dari tiga warna yakni tubuh berwarna hijau, dada berwarna kuning dan kepala berwarna hitam. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan dakocan meskipun warnanya cenderung hampir sama. Namun jenis dakori, tidak ada warna orange sedikitpun layaknya jenis dakocan. Inilah mengapa dakocan disebut dakocor atau “dakori bocor”. Karena dakocan adalah jenis yang memiliki warna seperti dakori, hanya saja ada warna orange di antara pangkal leher dan bagian tubuh.

Jenis Lovebird Euwing


petanisukses.com

Burung jenis Lovebird Euwing atau juga Ewing, diketemukan tahun 2004 oleh seorang penangkar Lovebird bernama Piet Verhijde. Pria asal Belanda ini sukses mencetak jenis Lovebird Euwing dengan cara memasangkan antara indukan dari jenis Lovebird Lutino Fischeri dan juga jenis Lovebird hijau standard. Disebut Euwing karena ini merupakan singkatan dari Eumelamin dan Wing. Titik keunikan dari jenis Lovebird Euwing ini beradadi bagian sayap yang mana memiliki corak hitam dan juga kuning.

Lovebird Euwing ini memiliki ciri khas :

Adanya perpaduan warna yang dominan antara hitam dan kuning.

Warna pada bulu dadanya tereduksi jadi jauh lebih terang, bisa kuning atau pun putih, jika dibandingkan warna dari galur murninya yaitu Wild Type.

Adanya peningkatan warna yang gelap atau hitam Eumelanin di bagian kedua sayap, dan membentuk huruf “V” di punggung, antara kedua sayap.

Lovebird Import Holland dan Taiwan


burunglovebird.net

Jenis Lovebird Import yang datang ke Indonesia seringkali berasal dari negara Belanda dan juga Taiwan. Lovebird Import memiliki ukuran tubuh yang tambun jika dibandingkan jenis lokal.

Jenis Burung Pale Fallow


burungeksotis.blogspot.co.id

Biasanya kita hanya akan melihat jenis lovebird mata merah pada jenis lutinho, albino dan terbaru adalah kepala emas. Belum ada jenis lain yang memiliki mata merah. Jenis ini merupakan jenis baru yang ditemukan, lagi – lagi oleh orang asing. Jika dari jenis mutasi lutino atau albino, reduksi eumelaninnya mencapai 100%, sementara pada jenis Pale Fallow ini hanya mengalami reduksi eumelanin dengan prosentase 90 sampai 95%. Efeknya, warna bulu, kaki, mata dan juga kuku, adalah merah terang. Termasuk jenis lovebird yang memiliki harga termahal, berapa harganya? harganya bisa mencapai 50 juta per ekor. Fantastis!

Jenis Burung Lovebird Misty

imgrum.org

Merupakan mutasi dominan yang dipengaruhi oleh pengurangan pigmen eumelanin dlm jumlah yg sedikit. Mist artinya kabut (bahasa inggris). Corak pada jenis mutasi ini, memang terlihat bagaikan kabut, lusuh, namun memancarkan warna kemerahan jika terkena sinar/ cahaya. Varian mutasi lovebird semakin banyak jenisnya, mulai dari mutasi yang sudah dikenal secara umum ibarat lutino dan albino adapula mutasi yang jarang para Lovebird Lover ketahui, ibarat Misty. maka dari itu mari kita sedikit lebih mengenal apa itu sebernarnya Lovebird Misty.

Misty ialah sebuah mutasi mayoritas (dominan parsial) yang disebabkan oleh pengurangan pigmen eumelanin dalam jumlah yang sedikit. Sesuai namanya, Mist (kabut), corak pada mutasi ini terlihat agak berkabut, lecek, dan memancarkan sedikit warna kemerahan apabila terpapar sinar. SF Misty tidak terlalu berbeda jauh dengan Hijau standar, tetap hijau juga cuma sedikit terasa nuansa coklat kemerahan. DF Misty lebih terkesan "lecek" daripada SF-nya. DF Misty hampir ibarat Olive. Kecoklatan cuma warnanya lebih soft plus agak memerah.

Jenis Burung Lovebird Slaty

lovebirdloverindonesia.blogspot.co.id
Harga lovebird slaty:
  • Harga lovebird slaty fischery Rp1.500.000 sampai Rp1.700.000
  • Harga lovebird slaty personatus Rp1.700.000 sampai Rp2.000.000
Lovebird jenis slaty masih masuk ke dalam levebird jenis paruh berwarna putih. Ada campuran warna tipis dan tidak terlalu pekat. Warnanya mirip seperti cobalt, akan tetapi sedikit memudar. Ada degradasi warna yang berbeda beda, tidak hanya satu macam. Jenis burung lovebird slaty ini terbagi menjadi dua jenis, yakni “slaty fischery” dan juga “slaty perso”.

Bagaimana jenis lovebird slaty  bisa muncul?
Lovebird slaty merupakan jenis mutas burung lovebird seperti jenis albino, lutino, biola, biru mangsi, dan cobalt. Lovebird slaty ini masih dalam kategori lovebird paruh putih. Karena harganya yang cukup tinggi jadi sangat potensial untuk diternakan. Lovebird lutino pun harganya kalah dengan lovebird slaty karena lutino saat ini sudah turun drastis sekitar Rp500.000 sampai Rp700.000. Agar kita lebih mudah untuk mencetak anakan lovebird slaty kita harus memiliki indukan yang salah satunya berjenis lovebird slaty. Tapi agar lebih dominan keluar slaty kita memiliki sepasang lovebird jenis slaty.


Diolah dari berbagai sumber media Lovebird online

loading...

Blog, Updated at: 07:00:00
loading...