Loading...

Macam-macam Jenis Burung Pleci Kaca Mata Dipasaran

Loading...

Mengenal Lebih Dekat Beragam Jenis Burung Pleci Yang Saat Ini Termasuk Jenis Burung Kecil Yang Dilindungi
Tips Cara Membedakan dan Memilih Pleci Jantan dan Betina
  1. Jantan memiliki tubuh yang lebih panjang di bandingkan dengan betinanya.
  2. Pleci jantan memiliki ekor yang lebih panjang dengan pleci betina. Juga menyerupai betuk huruf "V" pada pleci jantan dan bentuk ekor betina adalah sama rata (tidak berbentuk).
  3. Dubur lebih panjang dan banyak ditumbuhi bulu pada pleci jantan. Sebaliknya untuk pleci betina. Dubur cenderung pendek dan bulu yang tumbuh lebih sedikit.
  4. Paruh lebih pendek untuk yang jantan. Betinanya memiliki paruh yang lebih panjang.
  5. Pada pleci jantan, memiliki lingkaran putih yang mengelingkari mata dan terdapat buju putih bulat putus. Sedangkan untuk betina tidak ada lingkaran putih putus (lingkaran penuh).
Jenis Burung Pleci Dakun Maput (Sada Kuning Mata Putih)



Gambar pleci dakun maput

Burung ini merupakan jenis burung pleci yang mempunyai suara kristal yang nyaring dan juga bening. Pleci dakun maput ini mempunyai warna dada kuning dan punggung yang berwarna hijau kekuningan. Pleci dakun maput ini juga sering menjadi ikon saat ada kontes kelas burung kacamata. Burung pleci jenis ini mempunyai iris mata berwarna putih. Burung Pleci asal Muria dibandrol dengan harga Rp 3 juta rupiah. Di pasaran harga Burung Pleci muria dada kuning mata putih (dakun maput) bahan saja berkisar antara Rp 250 - 350 ribuan dan yang sudah mulai rajin berkisar sekitar Rp 1 jutaan.

Jenis Burung Pleci Dakun Macok (Dada kuning mata coklat)


gambar pleci dakun macok

Jenis burung ini merupakan jenis burung yang memiliki dada berwarna kuning, iris mata berwarna coklat serta punggung berwarna kuning. Pleci dukun macok ini juga mempunyai suara bening terlebih jika mau bongkar isian. Supaya pleci dakun macok bisa cepat gacor, anda bisa mengembunkannya di pagi hari sebelum sinar matahari terbit. Setelah itu, mandikan pleci dengan semprot yang lembut sampai basah. Lalu jemur secukupnya dan biarkan hanya air minum saja yang terdapat di dalam sangkar.

Selang satu jam, anda bisa angkat dan taruh pleci dakun macok di tempat yang teduh. Berikan pakan berupa ulat hongkong kecil yang warnanya putih (2-3 ulat hongkong yang sedang berganti kulit). Hanya saja, sebelumnya beri pakan berupa buah atau voer. Jika anda ingin memberikan pakan berupa serangga, anda bisa memilih ulat kandang, jangkrik yang berukuran kecil, ataupun kroto. Untuk kroto, jangan diberikan setiap hari. Selain itu, porsi pemberian kroto tidak perlu terlalu banyak.

Jenis Burung Pleci Auriventer


gambar burung pleci auriventer

Pleci auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer), atau sering disebut pleci auri, mempunyai ukuran tubuh yang sedikit lebih besar daripada pleci buxtoni (Zosterops palpebrosus buxtoni). Tubuh bagian atasnya berwarna lebih kekuningan, sedangkan tubuh bagian bawah lebih pucat. Pleci jenis ini juga memiliki lingkaran mata putih yang lebih lebar daripada pleci buxtoni. Banyak plecimania (pleman) yang menganggap pleci auri mempunyai sifat lebih fighter. Di wilayah persebarannya, pleci auri dikenal sebagai burung yang aktif dan gemar menjelajah tempat-tempat baru yang jangkauannya cukup luas.

Pleci Aurivente atau pleci auri merupakan jenis burung pleci yang mempunyai suara kicauan yang sangat khas yakni suaranya yang ngebass baik suara kicauan maupun nada panggilan dan juga bisa mendayu. Burung pleci aurivente memiliki iris mata coklat, dada yang berwarna keunguan atau abu-abu dengan punggung berwarna kuning. Pleci auriventer termasuk salah satu jenis burung kacamata yang banyak dicari para plecimania di Indonesia. Pleci ini dianggap memiliki beberapa kelebihan daripada jenis lainnya.
UPDATE: Burung Pleci Saat Ini Termasuk Jenis Burung Yang Dilindungi. Peraturan Menteri LHK itu bernomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Aturan itu diteken Menteri LHK Siti Nurbaya pada 29 Juni 2018 dan diundangkan oleh Kemenkum HAM pada 11 Juli 2018. Beberapa jenis burung kicau yang baru masuk di antaranya adalah kenari melayu (Chrysocorythus estherae), kacamata Jawa alias pleci (Zosterops flavus), opior Jawa (Heleia javanica), dan gelatik Jawa (Lonchura oryzivora). Bisa jadi nantinya masyarakat harus izin untuk memelihara satwa-satwa tersebut. Selama ini sudah ada mekanisme izin untuk memelihara satwa yang dilindungi. Mekanisme izin tersebut sesuai dengan PP No 8 Tahun 1999.
Jenis Burung Pleci Buxtoni


gambar burung pleci buxtoni

Pleci buxtoni sering disebut juga pleci berdasi kuning karena tampilannya memang mempunyai garis kuning tegas di bagian perut sampai dada, banyak para plecimania berburu pleci jenis ini karena harganya yang relatif terjangkau dan suara kicauannya yang begitu enak didengarkan. Pleci jenis buxtoni hampir mirip dengan pleci auri maka jangan salah sebut antara kedua jenis pleci tersebut. Merupakan salah satu jenis burung pleci yang mempunyai ukuran tubuh rata-rata sangat kecil. Burung yang satu ini juga mempunyai jenis kicauan yang mengkristal, melengking, keras serta bening. Pleci buxtoni memiliki ciri-ciri warna punggung kuning dan dada abu-abu. Burung pleci jenis ini mempunyai lingkar mata lebih tipis dengan iris mata yang berwarna coklat.

Jenis Burung Pleci Montanus


gambar burung pleci montanus

Ciri khas burung pleci montanus jika dibandingkan Pleci Auri dan Buxtoni ukuran tubuhnya lebih besar. Rata-rata panjang tubuhnya yaitu sekitar 11 cm. Untuk ciri khas burung pleci montanus yang lain yaitu punya warna putih dan abu-abu pada bagian perut. Tapi ada sub-spesies lain yang juga memiliki warna yang seperti garis-garis kuning di bagian perutnya. Ciri khas pleci montanus ini pada bagian tenggorokkan memiliki warna kuning dan iris matanya bewarna putih. Sedangkan bagian tubuhnya sedikit bewarna kecokelatan.

Pleci Montanus atau pleci mounty merupakan jenis burung pleci yang mempunyai ukuran tubuh yang mencapai 11 cm. Plecis montanus ini sangat mudah dibedakan dengan jenis lainnya yakni suara kristal yang lebih kasar, warna perut keabu-abuan, punggung yang bermana kuning dan juga dengan bulu pinggirnya yang berwarna coklat. Pleci montanus ini memiliki iris mata yang berwarna putih.

Pleci montanus (Zosterops montanus) ini memang lain dengan jenis Pleci kebanyakan. Habitat burung ini yaitu berada pegunungan serta perbukitan. Ciri khas burung pleci montanus yaitu ukuran tubuhnya yang bongsor dan memiliki suara kicauan yang khas. Pleci Montanus merupakan jenis yang paling banyak mempunyai sub-spesies jika dibandingkan jenis burung Kacamata lain. Di Indonesia sendiri ada 9 sub-spesies (ras) yang tersebar pada beberapa daerah di Pulau Jawa. Diantaranya seperti Jawa Barat sampai dengan Jawa Timur.

Loading...

Blog, Updated at: 19:28:00