Macam-Macam Jenis Burung Puyuh Berbulu Indah Lengkap Dengan Foto

Foto Jenis- jenis Burung Puyuh
Puyuh adalah nama untuk beberapa genera dalam familia Phasianidae. Burung ini berukuran menengah. Burung puyuh dari Dunia Baru (famili Odontophoridae) dan puyuh kancing (famili Turnicidae) tidak berkerabat dekat namun nama mereka memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip. Di alam liar burung puyuh memakan biji-bijian, daun dan juga serangga yang dijumpai. Makanan yang diperoleh dari alam ini bisa memenuhi seluruh keperluan puyuh di dalam bereproduksi. Burung puyuh dari Dunia Baru (famili Odontophoridae) dan puyuh kancing (famili Turnicidae) tidak berkerabat dekat namun nama mereka memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip. Burung puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk. Puyuh jepang diternakkan terutama karena telurnya.
Jika selama ini kita hanya mengenal jenis burung puyuh penghasil telur yang biasa dipelihara dan dibudidayakan oleh peternak burung puyuh petelur, ternyata di dunia ini jenis burung puyuh ada beberapa macam dan ada sebagian yang memiliki bulu yang indah dan layak menjadi burung hias.

Apa saja jenis-jenis dan macam burung puyuh yang layak dikenali? Berikut ini beberapa jenis burung puyuh lengkap dengan foto dan keterangan singkat.

Burung Puyuh Jenis Arborophila Javonavic



Arborophila Javonavic atau biasa disebut sebagai puyuh gonggong memiliki suara yang terdengar mirip gong kecik dengan ciri-ciri fisik badan yang bulat dengan panjang tubuh sekitar 25 cm. Burung puyuh ini memiliki kepala yang berwarna merah gelap , paruh yang berwarna hitam, kaki berwarna merah muda, warna badan kelabu dan agak kecokelatan. Burung ini memiliki ekor kebawah.puyuh ini hanya bertelur sebanyak 2 – 3 biji dalam sekali masa bertelur.

Jenis Burung Puyuh Rollulus Roulroul




Rollulus Roulroul atau lebih dikenali sebagai puyuh mahkota memiliki ciri-ciri bulu yang berwarna hijau untuk jantan dengan warna ekor belakang yang berwarna kebiru-biruan.Selain itu puyuh mahkota juga memiliki bulu sayap yang berwarna coklat gelap yang bulu pada bahagian kepala yang terlihat seperti kipas.Puyuh mahkota betina memiliki ciri-ciri fisik bulu yang berwarna biru coklat muda dan tidak memiliki bulu yang mirip kipas pada bahagian kepala.

Burung Puyuh Jenis Coturnix Chinensis




Coturnix Chinensis atau dikenali sebagai puyuh batu memiliki ciri fisik dengan panjang badan yang berukuran sekitar 15 cm. Puyuh batu jantan memiliki perut yang berwarna coklat,pada bahagian ekor terdapat warna campuran antara coklat serta garis yang berwarna kehitaman.Sedangkan untuk puyuh batu betina memiliki ciri fisik dengan warna coklat muda dengan garis kehitaman berserta kemerahan.Burung puyuh mampu bertelur sebanyak 4 hingga 6 biji dalam sekali bertelur.



Coturnix Japonica Quail



Japanese Taiwan Quail





White Quail
Burung Puyuh Yang Jago Bertelur
Burung puyuh yang berat badannya sudah mencapai 90-100 gram dengan usia sekitar 5-6 minggu biasanya sudah mulai bisa bertelur.
Dalam satu tahun burung puyuh bisa bertelur hingga 300 butir. Sebagai patokan, grade telur puyuh dibagi menjadi tiga sebagai berikut :
1.Grade A : telur berukuran besar dengan berat 85-93 butir/kg, bercak jelas serta kulit telur tebal dan tidak mudah pecah.
2.Grade B : telur berukuran sedang dengan berat 94-105 butir/kg, bercak jelas, kulit tebal.
3.Grade C : telur berukuran kecil dengan berat 106-11 butir/kg, bercak jelas sampai samar, kulitnya tebal sampai tipis.



Super Quail



French Quail



Bobwhite Quail
Puyuh (Coturnix-coturnix Japonica) termasuk burung yang berbeda dengan jenis burung yang lain karena puyuh tidak memiliki ekor dan tidak bisa terbang. Burung puyuh yang juga mempunyai nama lain yaitu Gemak (bahasa Jawa) atau Quail dalam istilah internasional ini memiliki kaki yang pendek dengan ukuran tubuh yang kecil dan bisa diadu.

Burung puyuh termasuk jenis burung yang hidup secara liar dan baru ditemukan pertama kali pada tahun 1870 di Amerika Serikat sebelum akhirnya mulai berkembang dan menyebar ke seluruh dunia. Burung puyuh baru masuk ke Indonesia dan mulai dikenal oleh masyarakat pada tahun 1979 akhir dengan adanya burung puyuh impor yang didatangkan dari luar negeri.
Sumber : http://zamripuyuh.blogspot.com/2013/05/jenis-burung-puyuh-baka-puyuhyang.html dan sumber lainnya.

loading...

Blog, Updated at: 19:20:00
loading...