Tips Cara Agar Burung Pleci Berani Berkicau


Cara Meningkatkan Mental Burung Pleci Agar Berani Berkicau Saat Lomba
Bagaimanakah caranya agar pleci menjadi rajin berkicau dengan jarak yang berdekatan? Mengingat di tempat lomba, pleci diletakkan berdekatan antara satu pleci dengan pleci lainnya dengan jarak kurang dari 1 meter. Lazimnya, pleci yang lama hidup sendirian dalam kandangnya akan kehilangan naluri berkoloninya. Pleci yang disendirikan atau jauh dari temannya akan rajin berkicau. Jika berjumpa dengan pleci lainnya, terutama dalam jarak dekat, pleci akan berlompatan ke sana kemari, ngeruji, salto, didis, makan, mandi bahkan tak jarang pleci tidak bersuara sedikitpun walau itu hanya nada call. 
Memiliki pleci yang gacor dan berani berkicau saat lomba adalah harapan kicaumania pencinta burung kacamata ini. Ciri-ciri burung pleci yang berkualitas merupakan pleci yang mampu melantunkan kicauannya secara full buka paruh. Dapat mengulanginya dalam tempo yang tinggi, cepat, dan terus berulang. Disuarakan dengan lantang, keras, dan lepas seperti halnya pleci yang hidup di alam bebas serta harus tetap rajin berkicau di setiap tempat kita meletakkan dan menggantangnya.
Burung Pleci Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) adalah nama sejenis burung kecil dari suku Zosteropidae, bangsa Passeriformes (burung petengger). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Oriental White-eye. Suku burung-burung kacamata (Zosteropidae) mencakup sejumlah burung pengicau kecil yang cenderung tersebar di daerah tropika di Dunia.
Agar pleci yang kita miliki terbiasa berkicau di segala tempat, kita harus melatih mentalnya agar berani berkicau sekalipun itu di tempat yang baru dikenalnya. Dalam melatih mental pleci, kita harus melaksanakannya secara bertahap. Berikut ini tahapan melatih mental pleci.
  • Letakkan pleci di tempat-tempat dekat rumah yang masih asing bagi burung tersebut. Sebagai tahap awal, bisa kita letakkan di bagian lain rumah. Jika pleci sudah terbiasa berada di teras, maka kita bisa meletakkannya di halaman belakang rumah. 
  • Setelah sekian jam, kembalikan lagi ke tempat semula. Minggu depan bisa kita letakkan pleci di tempat yang agak jauh dari rumah atau sesekali bisa kita bawa ke pasar burung agar terbiasa dengan keramaian. Tahapan ini kita lakukan agar pleci merasa teritorial yang dimilikinya sangat luas (pleci berkicau sebagai penanda wilayah teritorialnya). 
  • Lakukan latihan ini secara berkala dengan tempat yang berbeda beda setiap 1 atau 2 minggu sekali. Sekali waktu, kita gantangkan sangkarnya di tempat yang rendah atau letakkan begitu saja kandangnya di atas tanah.
Selain itu tips cara meningkatkan mental pleci yang paling mudah adalah bentuk komunitas kecil sesama hobiis pleci untuk menyelenggarakan latihan bersama-sama dan berpindah-pindah tempat. Kita tentunya telah memahami bahwa pleci merupakan burung koloni. Di alam bebas, pleci berkicau dengan jarak yang relatif berjauhan dengan pleci yang lain.
UPDATE: Burung Pleci Saat Ini Termasuk Jenis Burung Yang Dilindungi. Peraturan Menteri LHK itu bernomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Aturan itu diteken Menteri LHK Siti Nurbaya pada 29 Juni 2018 dan diundangkan oleh Kemenkum HAM pada 11 Juli 2018. Beberapa jenis burung kicau yang baru masuk di antaranya adalah kenari melayu (Chrysocorythus estherae), kacamata Jawa alias pleci (Zosterops flavus), opior Jawa (Heleia javanica), dan gelatik Jawa (Lonchura oryzivora). Bisa jadi nantinya masyarakat harus izin untuk memelihara satwa-satwa tersebut. Selama ini sudah ada mekanisme izin untuk memelihara satwa yang dilindungi. Mekanisme izin tersebut sesuai dengan PP No 8 Tahun 1999.
Bagaimanakah caranya agar pleci menjadi rajin berkicau dengan jarak yang berdekatan? Mengingat di tempat lomba, pleci diletakkan berdekatan antara satu pleci dengan pleci lainnya dengan jarak kurang dari 1 meter. Lazimnya, pleci yang lama hidup sendirian dalam kandangnya akan kehilangan naluri berkoloninya. Pleci yang disendirikan atau jauh dari temannya akan rajin berkicau. Jika berjumpa dengan pleci lainnya, terutama dalam jarak dekat, pleci akan berlompatan ke sana kemari, ngeruji, salto, didis, makan, mandi bahkan tak jarang pleci tidak bersuara sedikitpun walau itu hanya nada call.

Salah satu penyebab dari keadaan ini adalah kesalahan dari si pemilik yang terlalu lama menyendirikan plecinya guna menikmati kicauannya dengan lebih puas. Untuk mengatasi problem tersebut, kita perlu mengembalikan naluri alami pleci untuk berkicau dalam koloni. Caranya, Pleci digantang berdekatan. Salah satu cara untuk mengembalikan naluri pleci berkicau dalam koloni adalah dengan digantang berdekatan dengan burung pleci lainnya ciptakan koloni pleci dalam kesehariannya. Pleci selalu digantang berdekatan dengan pleci-pleci lain dalam jarak yang dekat. Jarak gantang antar sangkar paling jauh yang direkomendasikan sekitar 200 cm. Semakin dekat atau menempel antar sangkar semakin bagus.

Pola perlakuan seperti ini bertujuan untuk membiasakan pleci bernyanyi bersama dengan kelompoknya dalam jarak yang dekat. Pada tahap-tahap awal, pleci yang mendapatkan perlakuan seperti ini akan berkurang intensitas gacornya. Pleci berubah total menjadi burung yang rajin ngriwik saja atau bahkan diam sama sekali. Hal ini wajar tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pleci akan kembali gacor setelah terbiasa saling berdekatan.

Tips Cara Agar Pleci Semakin Gacor

Jaga Pemberian Pakan, Air Minum dan Tambahan Vitamin
Pakan merupakan faktor utama dalam melatih burung pleci ini agar cepat gacor, dengan kebutuhan nutrisi yang cukup akan membuat burung pleci terjaga kesehatannya dan tentunya mempengaruhi tingkat suara yang dihasilkan, adapun pakan yang yang dianjurkan adalah voer yang bernutrisi tinggi yang dikombinasi dengan buah-buahan seperti pisang, pepaya serta untuk pakan tambahan sesekali berikan kroto dan ulat hongkong, hal ini akan memenuhi nutrisi burung pleci. untuk hasil lebih memuaskan berikan nektar atau berikan larutan gula dengan perbandingan 4:1 dengan tujuan sebagai sumber energi.

Usahakan Pleci Selalu Aktif Bergerak  
Untuk mendapatkan suara burung pleci yang merdu, lantang dan panjang perlu diberikan olah fisik, olah fisik ini berguna untuk pembentukan fostur tubuh yang kuat serta akan memunyai nafas yang cukup panjang, hal ini akan memicu burung pleci agar cepat gacor, hal yang bisa diprlukan yakni diberikannya tengger yang berjauhan dengan tujuan agar burung pleci bisa lebih aktif bergerak.

Jaga Kebersihan Kandang
Banyak penghobi mungkin kurang memperhatikan ukuran kandang, dengan beranggapan ukuran burung yang mungil kandangnya pun tidak harus besar, hal ini dirasa kurang tepat, dengan menggunakan kandang yang lebih besar akan memicu burung bisa lebih aktif bergerak dan tidak mudah stress serta melatih pernafasan agar lebih panjang. untuk kebersihan kandang juga harus diperhatikan agar tidak ditemukan serangga yang mengganggu yang mengakibatkan burung tidak nyaman dan mudah stress.

Lakukan Penjemuran dan pengembunan
Pada dasarnya burung pleci atau burung kacamata hidup dialam liar mulai bergerak dipagihari, disaat suhu masih dingin, hal ini bisa lakukan dengan cara mengeluarkan burung pleci sekitar pukul 05.30-09.00 untuk merasakan dinginnya udara pagi dan sekaligus dilakukan penjemuran, hal ini sangat berguna bagi burung pleci karena akan merangsang pernafasan yang lebih sehat sehingga memicu gacor lebih cepat.

Lakukan Pemasteran
Untuk merangsang kicau atau gacor dari burung pleci bisa dengan cara melatih suara atau pemasteran, pemasteran bisa dilakukan dengan cara memberikan asupan suara agar burung pleci mengikuti, hal ini bisa dengan menggunakan mp3 atau hape yang diputer secara terus menerus, waktu yang baik untuk pemasteran sebaiknya disaat pengembunan dan penjemuran. jika burung sudah siap atau sudah jadi, pemasteran bisa dengan menggunakan suara dari jenis burung lainnya seperti burung jalak suren dan lain-lain.

Peliharalah Pleci Dalam Koloni Jangan Sendirian
Hal ini sangat diperlu diperhatikan, karena dengan memelihara burung pleci minimal 2 ekor dengan kandang terpisah akan memicu burung pleci agar cepat gacor, dengan harapan burung pleci akan saling saut menyaut kicauan dan akan mendorong burung akan lebih aktif bersuara.

Sumber: http://hobiburungkicaumania.blogspot.com/, detik.com, wikipedia.org

loading...

Blog, Updated at: 21:54:00
loading...