Loading...

Tips Cara Membuat Lovebird Gacor Ngekek Panjang

Loading...

Bagaimana Cara Untuk Melatih Lovebird Agar Bisa Ngekek Panjang Terus Menerus?

Kicaumania tentu sangat berharap lovebird yang dipeliharanya bisa ngekek panjang bahkan kalau bisa mendekati ngekek panjangnya legenda lovebird kusumo yang baru-baru ini telah mati. Untuk terapi lovebird agar ngekek panjang saat pukul 07.00, Lovebird dimandikan dengan memakai hand sprayer sampai basah kuyup. Untuk terapi ini sebisa mungkin Anda sebaiknya menyemprot Lovebird dari atas bagian kepala dan tidak terkena pada bagian mata.
Burung lovebird merupakan burung sosial. Di alam bebas, burung ini hidup berkelompok. Disebut “love bird” atau “burung cinta” karena burung ini baru berpisah dari pasangannya bila salah satunya mati. Burung dari genus Agapornis ini ukuran tubuhnya relatif mungil, bila dibanding burung berparuh bengkok lainnya. Lovebird terkenal karena warna dan suara ngekek-nya yang khas. Di pasar, burung ini bisa didapatkan mulai harga puluhan ribu hingga di atas Rp 1 miliar, tergantung jenis dan kualitasnya.
Penjemuran
Sesudah mandi, Lovebird dijemur sampai pukul 10.00. Penjemuran Lovebird dapat di teras rumah. Pastikan juga untuk lokasi penjemurannya itu aman dari hewan-hewan predator misalnya saja seperti kucing, ular, tikus, semut, dan lain sebagainya. Di dalam menghindari hal-hal yang tidak dikehendaki, Anda dapat menaruhnya pada tempat yang memang jauh dari jangkauan predator tersebut.

Setelah dijemur sebaiknya segera diangkat. Dalam waktu 5 menit anda bisa mengangin anginkannya, karena lovebird butuh adaptasi. Jika Lovebird dari suhu yang panas selanjutnya dipindahkan pada ruangan yang memiliki suhu normal, pastinya akan kurang baik bagi kesehatan dari tubuh Lovebird.

Mandi Semprot Tahap 2 
Berikutnya, melakukan terapi mandi semprot yang kedua. Terapi untuk lovebird agar ngekek panjang ini sama dengan tahap pertama. Lovebird disemprot sampai basah kuyup, kemudian dijemur lagi sampai pukul 12.00. Bisa juga cara ini untuk mengontrol birahi lovebird. Akan tetapi, dalam tahap ini lokasi penjemurannya memang berbeda. Untuk terapi mandi yang kedua, tempat penjemuran lebih baik tidak langsung terkena sinar matahari. Usahakan lovebird tetap merasa hangat dengan udara siang hari. Tapi jangan sampai kepanasan agar tidak mati.

Setelah penjemuran selesai, kemudian digantung pada tempat biasanya dan diangin-anginkan. Lovebird Anda sebaiknya diistirahatkant, atau ditempel dengan burung yang sering digunakan untuk memaster Lovebird. Anda bisa mendekatkan lovebird anda dengan lovebird lain yang performanya sepadan.

Pakan Lovebird
Dalam terapi lovebird agar ngekek panjang, masalah pakan harus tetap diperhatikan. Menu serta waktu pemberian pakan Lovebird sama dengan biasanya. Untuk menu pakan Lovebird, dianjurkan dapat semakin bervariasi supaya tidak monoton. Di dalam pakan Lovebird harian, Anda dapat memberikan milet putih maupun milet merah, canary seed atau biji Kenari , biji oat atau haver. Bisa juga anda memberi jagung manis, buah apel merah, kecambah atau toge, dan sayuran berupa kangkung. Lalu untuk porsi dan takaran pakan Lovebird, Anda bisa mengaturnya dengan sebaik mungkin.

Kebersihan Kandang
Jangan lupa anda terus menjaga kebersihan sangkar dan juga aksesoris yang ada di dalamnya. Misalnya saja seperti wadah pakan, wadah minum, tangkringan, kotoran di dasar sangkar, dan lain sebagainya. Jika sangkarnya bersih, lovebird juga akan jauh dari berbabagi penyakit lovebird. Apabila sangkar kayu sudah tampak kusam atau jamuran sebab terkena air hujan, Anda dapat mengilapkan dengan cara yangsederhana.Terapi ini dapat merubah performa lovebird dalam waktu 3-6 hari.
Resume Tips dan Cara Agar Lovebird Ngekek Panjang:
  1. Pukul 07.00, Lovebird dimandikan dengan cara disemprot (menggunakan hand sprayer) hingga basah kuyup. Jika selama ini Anda terbiasa membiarkan burung mandi dalam bak atau karamba, ya untuk sementara bisa diganti dengan cara disemprot dulu. Tapi ingat, penyemprotannya menggunakan mode penyemprotan halus agar Lovebird merasa seperti menjalani terapi mandi air hujan. Selain itu, sebisa mungkin Anda harus menyemprot Lovebird dari atas kepala dan tidak mengenai bagian mata.
  2. Setelah disemprot, Lovebird dijemur hingga pukul 10.00. Penjemuran Lovebird bisa dilakukan di teras rumah. Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa lokasi penjemurannya aman dari hewan-hewan predator seperti kucing, ular, tikus, semut, dan lain-lain.
  3. Lovebird diangkat dari penjemuran, kemudian diangin-anginkan sekitar 5 menit. Proses mengangin-anginkan Lovebird terbilang penting karena ia harus beradaptasi dari suhu tinggi ke suhu rendah. Kalau Lovebird dari suhu yang panas langsung dipindahkan ke dalam ruangan yang bersuhu normal, tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh Lovebird.
  4. Selanjutnya, melakukan terapi mandi semprot tahap kedua. Caranya sama seperti tahap pertama, yaitu Lovebird disemprot hingga basah kuyup, lalu dijemur kembali hingga pukul 12.00. Namun, dalam tahap kedua ini tempat penjemurannya sedikit berbeda. Untuk terapi mandi tahap kedua, tempat penjemuran disarankan tidak langsung terpapar sinar matahari. Yang terpenting Lovebird merasakan hangatnya udara pada siang hari. Jika dipaksa dijemur di tengah teriknya sinar matahari, Lovebird justru bisa mati karena kepanasan.
  5. Lovebird diangkat dari penjemuran, kemudian digantung di tempat biasanya (diangin-anginkan). Biarkan lovebird Anda beristirahat, atau ditempel dengan burung yang biasa untuk memaster Lovebird. Satu hal yang perlu diperhatikan, beberapa Lovebird terkadang tidak berani dengan Lovebird yang performanya berada di atasnya. Jadi, tempel saja dengan jenis burung lain atau Lovebird yang performanya sepadan.
  6. Menu dan waktu pemberian pakan Lovebird tetap seperti biasanya. Khusus menu pakan Lovebird, usahakan bisa lebih bervariasi agar tidak monoton. Nah, untuk pakan Lovebird harian, Anda bisa memberikan milet putih atau milet merah, canary seed atau biji Kenari (Kanarium Memmum), biji oat atau haver (Avena sativa), jagung manis, buah apel merah, kecambah atau toge, dan kangkung.
  7. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan sangkar lengkap dengan aksesorisnya, seperti wadah pakan, wadah minum, tangkringan, kotoran di dasar sangkar, dan lain sebagainya. Jika sangkar kayu terlihat kusam atau jamuran karena terkena air hujan, Anda bisa mengilapkan dengan cara sederhana.
  8. Terapi ini biasanya mampu mengubah performa lovebird dalam waktu 3-6 hari, atau sedikitnya dalam rentang waktu tersebut sudah ada kemajuan daripada sebelum diterapi, seperti yang dikutip dari Omkicau.com.

Referensi: jalaksuren.net dan sumber lainnya

Loading...

Blog, Updated at: 19:23:00