Loading...

Manfaat Pemberian Vitamin B Pada Sapi Selain Pakan Dan Air Minum

Loading...

Mengapa Sapi Perlu Diberi Vitamin B?

Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Sumber berbagai vitamin ini dapat berasal dari makanan, seperti buah-buahan, sayuran, dan suplemen makanan. Vitamin B kompleks adalah kelompok vitamin yang terdiri dari delapan jenis vitamin B: B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6, B7 (biotin), B9 (folat), dan B12. Pada dasarnya, setiap mikronutrien dalam vitamin B kompleks membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Setiap anggota B kompleks memiliki struktur dan menjalankan fungsi sendiri dalam tubuh manusia. Vitamin B1, B2, B3, dan biotin ambil bagian dalam produksi energi, vitamin B6 penting untuk metabolisme asam amino, dan vitamin B12 dan asam folat membantu dalam pembelahan sel.
Ternak sapi tidak boleh kekurangan Vitamin B juga tidak boleh berlebihan dalam memberikan vitamin B karena ada efek sampingnya.
Gejala kekurangan vitamin B1 pada ternak sapi antara lain:
  • Nafsu makan hilang
  • Berat badan sapi terus turun
  • Sapi mengalami gangguan pencernaan.
Selain pakan yang berupa hijauan makanan ternak (HMT dan juga pakan konsentrat, maka ternak sapi juga perlu diberi tambahan asupan mineral dan juga vitamin. Berbagai macam vitamin dibutuhkan oleh sapi seperti juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tetapi secara khusus kita akan membahas satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ternak dan harus ada dalam ransum atau pakan sapi tersebut. Vitamin yang dimaksud adalah Vitamin B dan biasanya diberikan dalam wujud suntikan vitamin B Kompleks.

Vitamin B memang jenis vitamin yang paling banyak dibutuhkan dalam tubuh sapi. Vitamin B adalah jenis vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Ada 8 jenis vitamin B yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin ini sepenuhnya bisa dibentuk dalam tubuh hewan yang memamah biak seperti sapi, sehingga kemungkinan terjadinya kekurangan vitamin B1 sangat kecil, kecuali pada kasus kekurangan pakan atau kualitas pakan yang kurang baik.

Vitamin B1

Vitamin B1 disebut juga vitamin hidroklorida. Vitamin B1 ini memiliki banyak fungsi dalam tubuh sapi. Fungsi vitamin B1 di dalam tubuh sapi adalah untuk kegiatan berikut.
  • Menjalankan fungsi tubuh sapi.
  • Memproduksi energi yang dibutuhkan sapi dalam tubuh dan beraktivitas.
  • Membantu memelihara kesehatan syaraf dan dan otot dalam tubuh sapi.
  • Membantu tubuh sapi untuk membuat dan menggunakan protein.

Pemberian vitamin B1 pada tubuh sapi sebaiknya tidak terlalu berlebihan.

Jika pemberian vitamin ini terlalu berlebihan maka vitamin B1 akan dibuang percuma melalui air seni. Gejala kekurangan vitamin B1 adalah nafsu makan hilang, berat badan menurun.
Namun, jika sapi mengalami kekurangan vitamin ini akan menimbulkan gangguan pencernaan. Pemakaian vitamin B yang melebihi batas normal yang diperlukan akan mempengaruhi sistem syaraf (denyut nadi menjadi cepat), karena terjadi reaksi hipersensitif yang akan menyebabkan sapi mudah stress. Vitamin B1 akan lebih efektif jika penggunaannya dilakukan bersamaan dengan vitamin B yang lain.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B1 adalah beras pecah kulit, daging, telur, hati, ikan, dan pakan hijauan. Tubuh sapi menyimpan vitamin B1 pada hati, ginjal, jantung, otak dan otot, dalam jumlah yang terbatas.

Loading...

Blog, Updated at: 18:34:00