Mengenal Pakan Itik Petelur dan Pedaging Serta Cara Membuatnya

loading...



Cara Membuat Sendiri Pakan Ternak Bebek Petelur dan Pedaging, Bahan-bahan Alternatif Untuk Pakan Ternak Itik.

Bebek Atau Itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut.
Ciri Khusus Bebek
  1. Paruh bebek berbentuk sudu. Fungsi ciri khusus paruh bebek berbentuk sudu adalah memudahkan bebek dalam mencari makanan di lumpur.
  2. Lehernya panjang.
  3. Kaki berselaput. Fungsi selaput renang pada ruas jari kaki bebek adalah untuk membantuk bebek berenang di air, ketika kita melihat bebek bisa berenang cepat di permukaan air ini dikarenakan kaki yang berselaput tersebut. Bebek mencari makanan di air, lumpur atau tanah.
  4. Bulu berlapis lilin.
  5. Warna bulu yang berbeda antara bebek jantan dengan betina. 
  6. Jarang bahkan tidak mengerami telurnya.
Agar Pakan Bebek Bisa Lebih Murah Solusinya Adalah Membuat Sendiri Pakan Bebek Tersebut, Bagaimana Caranya?
Pakan adalah makanan/asupan yang diberikan kepada hewan ternak (peliharaan). Istilah ini diadopsi dari bahasa Jawa. Pakan merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan dan dan kehidupan makhluk hidup. Zat yang terpenting dalam pakan adalah protein.
Dengan membuat pakan bebek sendiri tentunya kan jauh lebih efisien dan menghemat dana, dengan kata lain membuat pakan sendiri memiliki keunggulan daripada hanya mengandalkan pakan buatan pabrik. Mengandalkan pakan buatan pabrik bisa "berbahaya" bagi kelangsungan usaha peternakan itik karena harga bahan baku pakan yang fluktuatif sangat berpengaruh dengan harga pakan buatan pabrik. Saat harga pakan pabrikan murah tidak ada salahnya kita pakai pakan itik buatan pabrik tetapi saat harga pakan naik tinggi saatnya kita membuat sendiri pakan itik dengan bahan-bahan alternatif yang tersedia disekitar rumah kita sehingga biaya pakan ternak bisa ditekan dan usaha peternakan itik baik petelur maupun pedaging yang kita jalankan tetap menguntungkan dan bisa tahan lama.


Pakan ternak bebek sudah banyak dijual dalam bentuk pelet yang diproduksi oleh perusahaan terkenal seperti CPI, Japfa, GC dan lainnya. Pakan bebek dari beberapa merk tersebut hampir memiliki kandungan zat makanan yang sama. Jika anda melihat produk CPI (Charoen Pokphan Indonesia) maka dari label kandungan pakan itik tersebut anda sudah bisa membuat sebuh ransum pakan ternak untuk bebek petelur maupun pedaging.
Perlu diperhatikan bahwa ternak itik lokal khususnya mempunyai sifat yang mudah stress terhadap perubahan yang mendadak, terutama pakan. Oleh sebab itu sebelum merencanakan memelihara itik, peternak harus mempelajari dulu situasi dan kondisi ketersediaan bahan pakan yang akan digunakan sebagai ransum ternak itiknya, apakah bisa tersedia terus menerus atau tidak, Bila tidak, untuk menganti bahan pakan yang baru harus secara bertahap yaitu :
  1. Minggu pertama perbandingan ransum lama dan   ransum baru  adalah 75% : 25%.
  2. Minggu kedua perbandingan ransum lama dan ransum baru adalah 50% : 50%.
  3. Minggu ketiga perbandingan ransum lama dan ransum baru adalah 25% : 75%.
  4. Minggu keempat baru boleh diberikan ransum baru adalah 100%.
Itik kurang bisa beradaptasi dengan makanan kering, sehingga pakan harus basah. Sesuai dengan bentuk paruh, Itik lebih sesuai dengan pakan basah. Namun jangan terlalu basah, kandungan airnya tidak lebih 20%. Formulasi pakan yang sudah disiapkan biasanya ditambah air dan diaduk jadi satu dalam wadah.
Dalam menyusun komposisi pakan itik / bebek dibutuhkan pengetahuan tentang kebutuhan zat makanan / umur (zat makanan: karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin).

Secara kompleksnya yang harus diketahui seorang peternak itik dalam menyusun ransum pakan itik adalah: kebutuhan zat makanan ternak pada umur tertentu per harinya. Misalkan seekor anak itik umur 1 mignggu hanya membutuhkan karbohidrat sebanyak 25 gr, protein 15 gr dan 10 gramvitamin dan mineral. Maka dari contoh kebutuhan zat maknan tersebut kita harus mencari komposisi pakan dengan kandungan zat makanan yang sesuai.

Cara Membuat Pakan Itik Pedaging dan Itik Petelur

Untuk 100 kilogram pakan itik/ bebek maka kita membutuhkan:
  • Jagung (giling kasar atau halus) sebanyak 40 Kg
  • Dedak halus (bekatul) 40 Kg
  • Tepung tulang 1 ½ Kg
  • Tepung ikan 10 Kg
  • Bungkil kedele 8 Kg
  • Minyak nabati ½ Kg
Mixing (aduk semua bahan tersebut) dan beri kepada bebek / itik sesuai dengan kebutuhan harian ternak bebek tersebut. Dalam hal ini anda haruslah memahami tentang kebutuhan pakan bebek per ekor per hari sesuai dengan umur itik bebek tersebut.

Untuk daftar kebutuhan pakan itik dan bebek anda bisa membacanya dari buku pedoman pemeliharaan itik yang dapat dibeli di toko buku. Atau bisa juga diberikan kepada bebek atau itik secukupnya saja (berdasarkan perasaan).

Bahan pakan ternak bebek / itik alternatif yang mudah didapatkan diantaranya keong mas dan talas. Untuk keong mas dapat diberikan langsung ke ternak itik setelah di pecahkan.

Daftar Bahan Pakan Alternatif  Untuk Pakan Ternak Itik
Berikut ini adalah bahan baku yang dijadikan sebagai pakan ternak alternatif pengganti konsentrat:

Jagung
Gunakan konsentrasi 50 sampai dengan 55 persen. jagung merupakan sumber energi utama bagi ternak bebek. Mudah dicerna dan pengaruhnya besar terhadap warna kuning telur.
 Bungkil kacang kedelai
Konsentrasi yang digunakan antara 15 sampai 20 persen.

Tepung daging atau tepung tulang
konsentrasi antara 2 sampai 6 persen. Bahan ini penting untuk menyediakan protein kasar, kalsium, dan fosfor.

Tepung ikan
konsentrasi antara 3 sampai 7 persen. mudah dicerna ternak dengan sangat baik.

Tepung daging ayam
konsentrasi antara 2 sampai dengan 4 persen. Hindari bulu ayam yang ikut bersama tepung daging ayam karena dapat menyebabkan daya cerna berkurang.

Dedak padi
Gunakan konsentrasi dedak padi dalam pembuatan pakan ternak alternatif ini sebanyak 10 sampai 15 persen. anda harus bisa bedakan juga antara dedak kasar, dedak halus dengan serat kasar, dan bekatul dengan serat kasar.

Tepung kerang
Merupakan sumber kalsium yang tinggi bagi ternak bebek dan bagus untuk kulit telur. Konsentrasi penggunakan 6 sampai dengan 8 persen.
Minyak kelapa sawit
Konsentrasi penggunaan dalam pakan ternak alternatif antara 0,5 sampai 1 persen. Bahan ini tidak digunakan juga tidak apa-apa, mengingat kelemahannya yang mudah menjadi tengik.
Garam
Dapat merangsang pertumbuhan ternak bebek. menjaga ph ternak. pada ternak, kekurangan garam dapat menyebabkan ternak cenderung kanibal, pertumbuhan lambat, dan mempengaruhi produksi telur. penggunaan dalam pakan alternatif dengan konsentrasi antara 0,1 sampai 0,3 persen.

Tabel Kandungan Gizi berbagai bahan pakan ternak Itik dan batas % penggunaan dalam ransum Itik :
Bahan Pakan
Batas (%)
Protein kasar(%)
Energi kkal EM/KG
Ca
(%)
P
(%)
Dedak Padi < 75 12.0 2.400 0,20 1,00
Menir - 10.2 2.660 0,09 0,12
Jagung - 8.5 3.300 0,02 0,30
Tepung Ubi Kayu <30 2.0 3.200 0,33 0,40
Tepung Sagu 25 2.2 2.900 0,53 0,09
Limbah buah kopi - 10.0 1500 TT TT
Tetes (molasses) - 2.5 3047 (GE) 1,42 0,02
Bungkil Kelapa 30 18.6 1410 0,14 0,67
Bungkil inti sawit 20 18.7 2050 0,21 0,53
Bungkil biji sawit - 31.3 4920 (GE) 0,43 0,67
Tepung darah - 80.0 2850 0,28 0,53
Tepung ikan - 55.0 2.960 5.30 0,69
Kapur - - - 38,0 -
Tepung daun lantoro - 23.4 850 0,60 0,10
Tepung daun singkong - 21.0 1160 0,98 0,5
Bungkil kedelai - 44.0 2.240 0,32 0,67
Tepung Keong 20 44.0 2.700 0,69 0,43
Tepung kelapa udang 30 30 2.000 7,86 1,15
Catatan : EM = energy metabolis, GE = gross energy = energy total bruto

Bahan tambahan
  • -DCP (dicalcium Phosphate) mengandung kalsium dan fosfat. -konsentrasi penggunaan 500 gr/ton pakan ternak.
  • -Asam amino methione, konsentrasi penggunaan 1 – 2 kg/ton.
  • -Asam amino lysine, konsentrasi penggunaan 0,25 – 0,5 kg/ton
  • -Choline cloride, konsentrasi penggunaan 0,25 – 0,5 kg/ton
  • -AGP (antibiotic growth promotor), multivitamin, asam amino, mineral, dengan konsentrasi keseluruhan 2 -5 kg/ton
  • -Zeolit dengan konsentrasi 5 kg/ton untuk mengurangi kotoran becek pada ternak.

loading...

Blog, Updated at: 19:01:00
loading...