Loading...

Teknik dan Cara Mengasah Pisau Yang Benar Agar Tajam dan Awet

Loading...

Panduan Singkat Bagaimana Cara Mudah dan Tepat Mengasah Pisau Dapur Agar lebih tajam dan Tahan lama menggunakan cara yang benar.

Pisau ialah alat yang digunakan untuk memotong sebuah benda. Pisau terdiri dari dua bagian utama, yaitu bilah pisau dan gagang atau pegangan pisau. Bilah pisau terbuat dari logam pipih yang tepinya dibuat tajam; tepi yang tajam ini disebut mata pisau.
Cara yang benar mengasah pisau juga membuat pisau dapur menjadi lebih awet dan tidak cepat aus disamping ketajamannya terjaga.Mengasah pisau tak semudah kelihatannya. Diperlukan cara yang tepat agar pisau kembali tajam dan awet dari waktu ke waktu. Untuk bisa mengasah pisau atau menajamkan pisau dengan benar maka terlebih dahulu kita harus mengenali berbagai macam alat pengasah pisau, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe alat pengasah tersebut.

Tipe Alat Pengasah Pisau

Paling sederhana adalah pengasah berbentuk batu. Ada juga yang manual, elektrik, dan stick. Keempatnya punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Asahan batu tajamkan pisau lebih cepat dan efisien. Alat ini bisa dipakai menajamkan berbagai jenis. Sayangnya, tidak mudah digunakan oleh pemula.

Batu asah atau grinding wheel merupakan pengasah pisau generasi awal yang masih dipakai hingga saat ini. Banyak orang yang menyebut batu asahan dengan istilah gerinda. Mengasah pisau menggunakan batu asahan terbilang cukup tricky dan membutuhkan keterampilan khusus supaya hasilnya maksimal. Oleh karena itu, batu asahan rata-rata digunakan oleh professional chef atau para pengrajin pisau.

Saat ini kebanyakan batu asahan sudah dilengkapi dengan semacam dudukan dari bahan keramik atau besi yang menjaganya tetap stabil dan berada pada posisi yang pas saat digunakan untuk mengasah. Batu asah biasanya memiliki jenis pasir yang berbeda di kedua sisinya. Untuk mempertajam atau mengasah pisau, gunakan sisi batu yang halus.

Tipe selanjutnya asahan manual dan elektrik. Kelebihannya hampir sama, yaitu murah, hilangkan karat, dan menajamkan pisau dengan sangat cepat. Untuk asahan manual, anda perlu gesekan pisau ke alat secara maju mundur. Sedangkan asahan elektrik, tinggal pencet satu tombol saja.
Cara kerja pengasah elektrik menyerupai cara kerja pengasah manual, namun karena ini elektrik maka prosesnya akan lebih cepat. Berhubung Anda tidak perlu menggerakkan pisau bolak balik maju mundur, alat ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal serumah dengan anak kecil.
Lalu ada asahan stick yang mudah digunakan, bisa dipakai untuk jenis pisau apapun, dan murah. Namun, tidak bisa dipakai menajamkan pisau yang patah atau sangat tumpul.
Berbeda dengan pengasah lain yang bertujuan membuat pisau tumpul menjadi tajam, batang asah biasanya digunakan untuk menjaga sudut mata pisau supaya tetap tajam dan meluruskan ujungnya. Dengan menggunakan batang asah, pisau yang sedikit melengkung atau memiliki torehan yang keluar garis akan kembali bagus. Selain digunakan untuk pisau dapur, batang asah ini bisa juga digunakan untuk mengasah sabit dan gunting.

Memilih Batu Asah

Memilih batu asah yang tepat adalah batu asah dengan dua permukaan, yaitu kasar dan halus. Basahi permukaan batu asah dengan air atau sabun untuk melumasi permukaan batu. Hindari menggunakan minyak pelumas karena akan membuat pori-pori batu asah tertutup.

Cara Mengasah Pisau
  • Sebaiknya mengasah pisau dengan sudut kemiringan sekitar 10-20 derajat. Jangan mengasah pisau dengan posisi berdiri karena akan menghilangkan ketajamannya.
  • Asah pisau secara satu arah, jangan dilakukan secara bolak-balik karena akan membuat pisau menjadi tumpul.
  • Ulangi langkah 1 dan 2 sekitar 3-4 kali.
  • Setelah diasah, segera bersihkan pisau dengan air dan jangan dibiarkan begitu saja. 
  • Bekas asahan akan menimbulkan bakteri yang menempel pada pisau dan membuat pisau jadi tumpul.
Menggunakan Pengasah Pisau dari Baja
Anda dapat menggunakan pengasah pisau baja atau disebut pula pengasah pisau berlian, atau yang alami, gunakan batu. Jika Anda membeli satu set pisau, biasanya lengkap dengan pengasah pisau baja. Jika Anda harus membelinya, pilih yang ukurannya lebih panjang dari pisau terpanjang Anda.

Berikut langkah-langkah menajamkan pisau seperti diulas Themainmeal:

1. Pegang pengasah pisau di satu tangan dan pisau di tangan yang lain. Sisi pisau yang tajam harus menyentuh pengasah dengan sudut sekira 20 derajat. Tempatkan sisi pisau yang tajam (paling dekat dengan gagang pisau) di dekat bagian atas pengasah.

2. Dengan gerakan cepat, gesekkan pisau dan seluruh baja sampai ujungnya menyentuh bagian bawah pengasah. Pertahankan sudut 20 derajat sehingga sisi miring yang kecil pengasah dan sisi tajam pisau akan selaras dengan benar. Anda hanya perlu menggunakan tekanan ringan.

3. Ulangi gerakan penajaman dengan sisi berlawanan dari baja. Enam sampai sepuluh gesekan di setiap sisi cukup untuk menghasilkan ketajaman pisau yang Anda inginkan.

4. Buatlah gesekan terakhir secara perlahan dan tidak terlalu ditekan. Jangan pernah membiarkan sisi pisau menyentuh pengasah karena pisau Anda akan tergores, karena itu posisi sisi tajam pisau selalu dengan sudut 20 derajat.

Loading...

Blog, Updated at: 19:20:00