Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Dengan Macam-macam Suplemen

loading...

Mengenal Jenis-jenis Suplemen Yang Bisa Dimanfaatkan untuk Menambah Daya Tahan dan Imunitas Tubuh

Agar tubuh memiliki daya tahan tinggi terhadap penyakit maka salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan olah raga yang teratur dan mengonsumsi makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi berbagai macam dan jenis suplemen yang bisa menguatkan sistem imunitas dalam tubuh kita. Sebagai contoh tanaman meniran sudah lama dikenal sebagai herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap  penyakit, juga berbagai macam vitamin sangat diperlukan tubuh untuk daya tahan yang lebih perima.
Sistem imun atau sistem kekebalan adalah sel-sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas imunitas, yaitu pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Suplemen adalah suatu produk yang dikonsumsi lewat mulut yang memiliki satu atau lebih komposisi nutrisi. Namun, suplemen bukanlah untuk mengganti makanan atau bahan makanan. Pada makanan kemasan terdapat label informasi nilai gizi, sedang suplemen memiliki label informasi komposisi suplemen.
Produk imunomodulator rata-rata mengandung: Echinacea, meniran (Phyllanthus nurii L), zink, vitamin C, dan beberapa produsen yang menambahkan vit B, selenium, black elderberry, dan jamur. Sebenarnya sudah diketahui komponen-komponen di atas memiliki khasiat yang bisa meningkatkan sistem imun.

Echinacea
Echinacea adalah tanaman berbunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Hasil penggalian arkeologi menunjukkan bahwa penduduk asli Amerika mungkin telah menggunakan echinacea selama lebih dari 400 tahun untuk mengobati infeksi dan luka dan sebagai obat segala penyakit.
Merupakan primadona dalam meningkatkan sistem imun. Echinacea sendiri berperan untuk memodulasi sistem imun tubuh, menghambat enzim hyaluronidase yang berfungsi untuk mencegah penyebaran infeksi, menghambat enzim siklooksigenase dan lipooksigenase sebagai antiinflamasi, dan mengaktivasi fibroblast yang salah satu fungsinya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka.

Meniran
Meniran atau Phyllanthus urinaria adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat, basah dan tinggi kurang dari 50 cm. Daun dari tanaman meniran bertulang menyirip genap, setiap satu tangkai memiliki daun majemuk dengan ukuran yang kecil dan berbentuk lonjong.
Tanaman ini khas Indonesia. Kandungan utamanya adalah flavonoid, antara lain, quercetin, qeurcetrin, isoquercetrin, astragalin dan rutin. Dexa Medica adalah produsen yang mengangkat tanaman ini hingga menjadi fitofarmaka.

Berikut sampel dan merk suplemen untuk daya tahan tubuh serta deskripsi produknya.

Stimuno

Komposisi: ekstrak keringPhyllanthus nurii L.

Indikasi: imunomodulator, terapi penunjang pada infeksi bakteri dan virus. Dosis dewasa 3 kali sehari, dapat diberikan sampai dengan 30 hari atau lebih. Ada 2 bentuk sediaan yaitu kapsul dan sirup.

Fituno

Ini adalah produk dari Kimia Farma, mengkombinasikan meniran, Echinace, dan morinda (pace). Lebih komplit lagi dengan penambahan vitamin B kompleks. Tersedia dalam bentuk kaplet berwarna hijau yang dimasukkan dalam botol isi 30 kaplet.

Setiap kaplet mengandung:

Conc. Echinaceae Herba Extract 150 mg

Conc. Morindae Fructus Juice …………. 50 mg

Conc. Phyllanthi Herba Extract ………. 100 mg

Vitamin B1 ………10 mg

Vitamin ……….. 5 mg

Vitamin E ………. 5 mg

Imboost/imboost force

Imboost adalah produk dari SOHO, tersedia dalam dua bentuk sediaan, yaitu tablet dan sirup. Tiap tablet mengandung Echinacea purpurea250 mg, zinc picolinate 10 mg. Sedangkan yang sirup tiap ml mengandung Echinacea 250 mg dan zink 5 mg. Varian lain yaitu Imboost force komposisi sama dengan imboost, tapi ada tambahan satu lagi yaitu black elderberry 400 mg dalam bentuk sediaannya kapsul dan sirup.

Indikasi: terapi suportif untuk menstimulasi sistem imun terhadap infeksi akut, kronis, atau kambuhan terutama infeksi saluran nafas dan genitalia seperti kandidiasis dan vaginitis.

Manalah yang lebih bagus, Echinacea atau meniran?

Bagus dua-duanya, tapi perlu dinggat bahwa sediaan/suplemen Echinace tidak boleh untuk ibu hamil (pustaka ekinase tidak boleh untuk ibu hamil). Pada bagian kesimpulan tertulis:

In conclusion it should be stressed that pharmaceuticals containing Echinacea purpurea may influence fetal angiogenesis in murine experimental model and without further studies should not be recommended for pregnant women.

Bagaimana dengan harganya?

Memang bisa dikatakan obat yang mahal. Stimuno harganya Rp 22.000 per 10 kapsul. Sedangkan imbost Rp 35.000 per 10 tablet. Sedangkan Fituno Rp 60.000 per 30 kaplet. Bila dikalkulasi harga sekitar Rp 2000-3000/tab.

Sebenarnya ada pro-kontra terkait imunostimulan ini. dr. Iwan dalam websitenya mengatakan Imboost dan sejenisnya sebenarnya adalah bukan obat dan tidak berefek.

Bahkan dari paper di jurnal memang ada kontroversi terkait kefektifan Echinacea terhadap sistem imun. Tapi mungkin penjelasannya Imboost dan sejenisnya bisa bekerja meningkatkan imunoglobulin (antibodi) dalam kondisi tubuh yang tidak begitu parah. Pada saat kondisi sedang drop, bisa dipicu pembentukan imunoglobulin. Namun jika sudah sakit, misal sakit DB (demam berdarah), obat ini memang tidak berefek. Semoga bisa menjawab kebingungan dari pembaca.
Seperti halnya dengan obat-obatan dari dokter, suplemen juga tidak akan terlepas dari kemungkinan adanya efek sampingan, seperti halnya dengan dapat memicu reaksi alergi, berinteraksi dengan obat-obatan medis dan obat-oba bebas atau bahkan dengan suplemen yang lainnya. Sebuah efek samping atau interaksi baik dengan obat lain maupun suplemen lain, akan dapat memperburuk kesehatan kita. Karena cara didalam memproduksi suplemen belum ada standar yang khusus, maka baik efektifitas maupun efek samping yang akan dimiliki oleh suatu merek suplemen akan berbeda dengan suplemen yang lainnya. Oleh karena itu, suplemen yang memiliki kandungan yang sama tetapi berbeda merek belum tentu memiliki efektifitas yang sama dengan yang mungkin pernah dilakukan didalam suatu penelitian. Selain yang dalam bentuk vitamin dan mineral, efek jangka panjang dari penggunaan suplemen maupun herbal sampai saat ini belum penah dengan cermat diteliti.

Beberapa produk dari produsen lain, sepeti berikut:

1. Biofos (Meprofarm) : Echinaceae ekstrak 250 mg, kurkuminoid 2 mg, fructo oligosakarida 300 mg, taurin 100 mg, dan ekstrak meniran 25 mg. Yang ini juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan. Bentuk sirup suspensi, Rp 30.000/60 ml.

2. Divens (Dexa Medica), komposisi sama seperti Stimuno tapi dalam bentuk sirup 100 ml dengan harga Rp 19.500.

3. Eftian (Pharos), berisi Echinacea 500 mg, zink 5 mg, dan selenium 15 mcg (microgram). Bentuk sirup dengan harga Rp 33.000/60 ml.

4. Elanos (Kalbe), isinya black elderberry ekstrak 400 mg, vitamin C 100 mg, echinaceae 250 mg, dan zink 5 mg. Ada juga Elanos kids dalam bentuk sirup rasa anggur.

5. Hemaviton echinaceae plus (Tempo Scan Pacific): ekstrak Echinacea 150 mg, vitamin C 500 mg, ekstrak ginseng 20 mg, royal jelly 2 mg, zink 10 mg, beta-karoten 2500 iu, vitamin B 10 mg.

6. Hepimun (Landson): meniran 300 mg dan curcuma ekstrak 100 mg.

7. Imudator (Pyridam): polinacea ekstrak 200 mg, zink 10 mg, meniran extr 50 mg, jamur reishi extr 250 mg.

8. Imulan (Soho): meniran extr 50 mg, curcuma extr 300 mg, selenium 20 mcg. Tersedia juga dalam bentuk sirup.

9. Norflam (Solas): Echinacea extr dan vitamin B kompleks.

10. Primunox (Solas): Echinacea herba 300 mg, dan meniran herba 50 mg.

11. Proimbus (Meprofarm): Echinacea extr 170 mg, jamur reishi extr 85mg, ca-pantotenat 15 mg.

12. Proza (Landson): Echinacea 250 mg, vit C 250 mg, zink 10 mg.

13. Stamino (Tropica Mas Pharma): Echinaceae 250 mg, vit C 60 mg, L-glutamin 500 mg.

14. Starmuno (Kalbe): Polinacea (Echinaceae)200 mg, black elderberry 400 mg, vit C 100 mg, zink 5 mg.

15. Tribost (Ethica): Echinaceae500 mg, black elderberry 50 mg, meniran 100 mg.

Beberapa produk baru yang muncul yaitu Starmuno (Kalbe). Ada juga Sanbe yang makin gila dengan menggabungkan semua bahan dari produsen yang ada (Formuno). Ada juga Imunos dari Lapi yang harganya juga mahal. Hmm…

Daftar Pustaka

Alamgir, M., and Uddin, SJ., 2010, Recent advances on the ethnomedicinal plants as immunomodulatory agents, inEthnomedicine: A Source of Complementary Therapeutics: 227-244 ISBN: 978-81-308-0390-6 Editor: Debprasad Chattopadhyay

Anderson WL. 1999. Introduction to the Immune System: Innate and Acquired Immunity. Dalam: Immunology. Fence Creek Publishing. Madison.: 7-22.

Baratawidjaja K. 2006. Sistem Imun. Dalam: Imunologi Dasar, Balai Penerbit FKUI, Jakarta, Edisi 7.

loading...

Blog, Updated at: 04:00:00
loading...