Efek Negatif dan Bahaya Minum Teh Hitam Secara Berlebihan, Bisa Memicu Gagal Ginjal

Manfaat dan Efek Samping Minum Teh Hitam Berkadar Oksalat Tinggi

Dalam satu studi, menunjukkan bahwa teh hitam membantu mengurangi kolesterol jahat/LDL sebesar 11,1%. Teh hitam mmiliki efek dalam meningkatan penyerapan kolesterol baik oleh tubuh. Teh hitam membantu meningkatkan kesehatan jantung, kandungan flavon ditemukan dalam teh hitam. Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa minum 3 cangkir teh hitam atau lebih sehari dapat membantu mengurangi risiko yang merusak arteri koroner. Minum teh hitam membantu mengurangi risiko kanker ovarium. Teh hitam mengandung teaflavin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium. Para ilmuwan mengamati bahwa orang yang minum teh hitam secara signifikan dapat mengembalikan kepadatan tulang, karena teh hitam mengandung pengganti kalsium. Rutin minum teh hitam juga mengurangi risiko patah tulang pada orang tua.
Jaga Kesehatan ginjal dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan oksalat tinggi. Teh hitam lebih teroksidasi daripada ragam teh hijau, oolong dan putih; keempat varietas itu terbuat dari daun Camellia sinensis. Teh hitam umumnya lebih berasa seleranya dan lebih banyak mengandung kafeina daripada teh yang tak teroksidasi. Teh hitam kaya akan polifenol yang memiliki efek menjaga keshatanb saraf di otak. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dalam teh hitam berhubungan rat dalam mencegah penyakit Parkinson.

Bahaya dan Efek Samping Teh Hitam Jika Diminum Secara Berlebihan

Suatu ketika seorang pria di Arkansas, Amerika Serikat, dibawa ke rumah sakit setelah mengeluh mual, lemas, dan nyeri di sekujur tubuhnya. Hasil tes medis mengungkapkan bahwa pria yang tak disebutkan namanya itu terkena gagal ginjal.
Dokter menemukan kadar kristal oksalat kalsium yang tinggi di dalam tubuh pria itu. Kristal oksalat kalsium merupakan kristal yang dapat membentuk batu ginjal. Tetapi anehnya, pria itu berkata bahwa dia tidak memiliki riwayat keluarga dengan batu ginjal.

Dokter pun bertanya tentang kebiasaan makannya, yang menunjukkan bahwa dia minum 16.250 ml es teh setiap hari atau setara dengan lebih dari empat liter.

Seperti dilansir Daily Mail, teh hitam ternyata memiliki kadar oksalat yang tinggi, zat kimia yang dikenal membentuk batu ginjal dan bahkan menyebabkan gagal ginjal jika dikonsumsi dalam dosis berlebihan. "Itu satu-satunya penjelasan yang masuk akal," kata Dr umbar Ghaffar dari University of Arkansas. Karena kebiasaan itu, pria tersebut dikatakan mengalami kerusakan ginjal parah, dan dokter pun mengatakan bahwa dia kemungkinan akan menghabiskan sisa hidupnya dengan cuci darah.

Teh hitam memang memiliki kadar oksalat yang tinggi, namun tidak berarti itu berbahaya bagi tubuh karena Teh hitam juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh, bila dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Para ilmuwan telah menemukan bahwa minum teh hitam dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, kandungan catechin dan teaflavin berguna sekali untuk meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengolah glukosa.
Kandungan Gizi Jumlah Per
Kalori (kcal) 1
Jumlah Lemak 0 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 3 mg
Kalium 37 mg
Jumlah Karbohidrat 0,3 g
Serat pangan 0 g
Gula 0 g
Protein 0 g
Kafein 20 mg
Vitamin A0 IUVitamin C0 mg
Kalsium0 mgZat besi0 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60 mg
Vitamin B120 µgMagnesium3 mg
Teh hitam mengandung antioksidan dan membantu menghilangkan molekul beracun. Teh hitam dengan campuran lemon adalah pilihan yang baik untuk menyingkirkan radikal bebas. Konsumsi teh hitam dapat membantu mencegah plak, gigi berlubang dan membantu menjaga napas anda lebih segar. Teh hitam memiliki sifat antioksidan membantu mencegah infeksi di mulut.

Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa zat antioksidan dan nutrisi lain yang ditemukan dalam teh hitam memiliki sifat antimikroba. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan untuk menjaga tubuh terjangkit beragam bakteri. Menurut sebuah penelitian, teh hitam dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh dan brfungsi juga mrerilekskan sistm saraf.

Mengkonsumsi semua jenis herbal harus mengikuti aturan pakai atau dosis yang dianjurkan para ahli herbal jangan sembarangan dan berlebihan karena bukan manfaat yang kita dapat tetapi efek samping negatif yang kita peroleh jika berlebihan mengkonsumsi makanan apapun.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

Blog, Updated at: 06:41:00
loading...