Cara Cegah Obesitas Dengan Memilih Macam-macam Jenis Makanan Yang Bisa Membakar Lemak Tubuh

loading...

Mengenal Beberapa Jenis Makanan Alami dan Olahan Pabrik Yang Bermanfaat Untuk Membakar atau Melunturkan Lemak Saat Diet

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Berbeda dalam penyebutan di beberapa negara, dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Diet adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan ke dalam tubuh guna menjaga berat badan yang terkontrol. Diet yang dilakukan untuk menjaga kesehatan biasanya dilakukan oleh penderita diabetes, darah tinggi, ginjal, jantung, asam urat, dan penderita penyakit lainnya yang diharuskan melakukan diet. Selain itu, diet juga biasanya dilakukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.
Seiring kemajuan jaman ternyata problem obesitas atau kegemukan semakin menghantui penduduk perkotaan. Tekanan pekerjaan, kurang gerak akibat terlalu banyak duduk saat kerja dikantor menjadi salah satu pemicu problema obesitas.
Obesitas adalah kondisi kronis akibat penumpukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi. Masalah obesitas ini terkait dengan peningkatan jumlah kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, serta beberapa penyakit kanker.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kelebihan berat badan seperti olah raga rutin sampai keluar keringat, konsumsi makanan secukupnya saja tidak berlebihan, pilih makanabn berserat tinggi untuk memperlancar pencernaan dan lain-lain.
Metode diet yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan berat badan ideal, mempunyai perbedaan cara dalam menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan (obesitas) dan menaikkan berat badan bagi yang kurang atau belum mancapai berat ideal. Diet juga biasa dilakukan oleh para atlet, biasanya mereka mengikuti diet untuk menjaga berat badan sekaligus untuk menjaga bentut otot. Bagi mereka yang mempunyai berat badan yang ideal tetapi mudah sekali mengalami kenaikan berat badan biasanya akan melakukan diet untuk menjaga berat badan mereka supaya tetap stabil.
Tetapi jika mau jujur kebanyakan kasus obesitas dipicu karena seseorang tidak bisa menahan keinginan atau nafsu makannya. Keinginan untuk makan terus menerus apabila dilaksanakan dan dipenuhi maka akan berakibat badan kelebihan kalori yang akhirnya menumpuk sebagai lemak dan timbul obesitas.

Beberapa pilihan jenis makanan ternyata mampu mengurangi kegemukan karena manfaatnya yang mampu membakar lemak dalam tubuh sebagai akibat kandungan zat dan nutrisi di dalam makanan tersebut.

Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda. Kebutuhan kalorinya dibedakan berdasarkan aktivitas fisik, kondisi kesehatan dan usia. Misalnya, mereka yang berusia 19-30 tahun dan cukup aktif bergerak, rata-rata membutuhkan 2.000 – 2.800 kalori per hari.

Cukupi kebutuhan kalori harian Anda tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Sebab jika Anda mengonsumsi kalori melebihi dari kebutuhan kalori per hari, maka kalori tersebut akan disimpan tubuh sebagai lemak.
Lemak merupakan suatu molekul yang terdiri atas oksigen, hidrogen, karbon, dan terkadang terdapat nitrogen serta fosforus. Lemak tidak mudah untuk dapat larut dalam air. Untuk dapat melarutkan lemak, dibutuhkan pelarut khusus lemak seperti Chloroform.
Guna mendukung diet yang sehat, sebaiknya cukupi kebutuhan kalori ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Hindari sumber kalori yang kurang sehat, seperti makanan manis yang mengandung gula tinggi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh lebih efektif sehingga bermanfaat untuk program diet penurunan berat badan.

Jenis-jenis Makanan pedas

Cobalah mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, paprika dan jahe.
Karena jenis makanan ini dapat menimbulkan efek termogenik yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu membakar kalori. Bisa juga mencari jenis makan​an​ lainnya yang mengandung nutrisi dan senyawa yang terdapat seperti pada cabai yang mampu membantu meningkatkan metabolisme

Konsumsi Oatmeal dan Beras Coklat atau Beras Merah
Oatmeal adalah jenis makanan sehat yang kini terkenal di kalangan sebagian orang yang sedang melakukan diet. Oatmeal kerap kali dijadikan salah satu menu untuk sarapan pagi karena saat ini oatmeal dalam bentuk instan sudah banyak ditemui sehingga menu oatmeal ini lebih praktis dibuat.
Selain memb​uat​ perut terasa kenyang lebih lama, gandum utuh juga dapat membantu menurunkan kalori dalam tubuh. Mengonsumsi gandum utuh dapat membakar kalori sebanyak hampir 2 kali lebih banyak dibanding makanan olahan. Terutama pada gandum dengan serat tinggi seperti oatmeal dan beras cokelat. Beras merah mengandung serat tinggi dan rendah karbohidrat sehingga cocok untuk program pelangsingan badan disamping juga manfaat bagi kesehatan tubuh.

Asupan Protein Yang Tinggi dari Daging Murni yang Lean atau tanpa lemak
Protein (asal kata protos dari bahasa Yunani yang berarti "yang paling utama") adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim.
Daging dada ayam tanpa kulit merupakan salah satu contoh daging tanpa lemak. Protein yang ada pada daging memberi efek termogenik sangat tinggi yang dapat membakar kalori hampir 30%.

Konsumsi Keju, Yoghurt dan Susu Skim
Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Sedangkan Yoghurt adalah produk yang dibuat dari susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus (Collins, dkk, 1992). Yoghurt sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga keasaman lambung dan dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen di usus.
Beberapa produk susu seperti keju, yogurt dan susu skim mengandung tinggi kalsium dan vitamin D yang dapat membantu menjaga dan membangun massa otot. Lemak yang ada dalam tubuh diubah menjadi otot dengan cara berolah raga secara teratur.

Rajin Minum Teh hijau
Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.
Menurut American Journal of Clinical Nutrition minum empat gelas teh hijau akan mampu membantu menurunkan berat badan karena khasiat teh hijau untuk pembakaran lemak dan melancarkan peredaran darah dan pencernaan. Banyak produk teh hijau yang sudah dikemas menjadi minuman kesehatan dan slimming tea.

Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kailan, brokoli dan lainnya kaya serat dan klorofil. Serat yang tinggi pada sayuran hijau memperlancar pencernaan dan mengenyangkan tetapi rendah energi sehingga baik sekali untuk mencegah obesitas.
Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui berapa kandungan kalori dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh.
Konsumsi Buah-buahan berserat tinggi

Seperti juga sayuran, buah juga sangat bermanfaat untuk program diet. Konsumsi buah secukupnya setiap hari memperlancar metabolisme tubuh dan pencernaan.

Konsumsi Paprika
Paprika (Capsicum annuum L.) adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae). Dalam pengertian internasional, paprika dipakai untuk menyatakan hampir semua varietas C. annuum, termasuk yang pedas.
Sebagai salah satu jenis dari keluarga cabe cabean, paprika memiliki kandungan capsaicin yang menimbulkan rasa pedas seperti pada umumnya cabe. Kandungan capsaicin pada paprika dipercaya mampu membakar kelebihan lemak di dalam tubuh.

Memang agar pengaruh makanan tersebut lebih efektif harus dibarengi dengan olah raga yang teratur dan porsi yang cukup.

loading...

Blog, Updated at: 00:03:00
loading...