Jenis Minuman Sehat : Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan dan Problem Perut Gendut (Buncit)

loading...

Jus Tomat Adalah Minuman Yang Kaya Antioksidan Dan Menyehatkan, Ini Beberapa Manfaat Kesehatan Dari Jus Tomat

Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat mengandung lycopene, salah satu jenis antioksidan yang punya khasiat melindungi kulit dari sinar UV matahari, sel tubuh, dan organ penting. Lycopene juga memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, sehingga sistem imun menjadi lebih kuat untuk melawan kanker.
Masalah perut buncit yang dipicu oleh menumpuknya lemak dibagian perut bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Lemak yang menumpuk di perut adalah salah satu musuh bagi banyak orang. Beberapa orang memiliki kecenderungan memiliki perut yang buncit ketika mereka mulai menambah berat badan. Perut buncit tak hanya buruk untuk penampilan, namun juga berbahaya. Sebelumnya banyak penelitian yang mengungkap bahwa lemak yang berkumpul di perut lebih berbahaya dibanding lemak yang berkumpul di bagian lain tubuh.

Manfaat Jus Tomat Untuk Merampingkan Perut

Buah ini memang sudah banyak diketahui manfaatnya bagi kesehatan selain sebagai sumber antioksidan, sumber vitamin dan lainnya, buah tomat ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan prostat untuk kaum laki-laki. Dan ternyata ada satu lagi manfaat tomat jika dikonsumsi sebagai minuman atau dibuat jus yaitu bisa untuk merampingkan perut. Jadi jika Anda termasuk yang memiliki banyak lemak di daerah perut, jangan khawatir. Anda bisa segera menghilangkannya dengan minum segelas jus tomat setiap hari. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum segelas jus tomat setiap hari bisa menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada bagian perut.
Tomat adalah sumber kuat antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopene yang tinggi pada tomat membantu mencegah kanker. Tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung.
Hasil Penelitian Tentang Manfaat Jus Tomat

Penelitian yang dilakukan di China Medical University, taiwan, ini menjelaskan bahwa wanita yang minum segelas jus tomat setiap hari selama delapan minggu mengalami pengecilan lingkar pinggang. Tingkat kolesterol mereka pun menurun hingga 10 persen, seperti dilansir oleh Daily Health Post.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati sekitar 25 wanita sehat berusia rata-rata 20 sampai 30 tahun. Mereka diminta minum segelas jus tomat setiap hari dan peneliti mengamati penurunan lingkar pinggang. Ukuran lingkar pinggang wanita tersebut diketahui menurun hingga satu inci, kebanyakan wanita juga mengalami pengurangan lemak setelah dua bulan.

Azmina Govinji, seorang ahli nutrisi, menjelaskan bahwa tomat bisa memegang kunci untuk mengontrol berat badan dan mencegah penambahan berat badan. Sayangnya dalam penelitian ini tak ada kelompok kontrol yang bisa digunakan untuk membandingkan partisipan yang minum us tomat dengan yang tidak.
Berikut ini ciri-ciri tomat yang berkualitas baik:
  • Tomat tersedia sepanjang tahun dalam keadaan segar dan diawetkan di pasar tradisional hingga supermarket. Ada ribuan varietas tomat yang tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna.
  • Dua bentuk umum tomat berbentuk bulat atau seperti buah pir, dan berukuran seperti ceri. Pilih tomat yang kaya warna seperti merah tua, berwarna seperti jeruk segar.
  • Tomat juga tersedia dalam warna kuning dan ungu, tetapi ini kurang asam sehingga tidak memiliki banyak rasa.
  • Tomat selalu berbentuk bagus, tanpa lekuk, retak, atau memar.
  • Kulit tomat harus kencang dan tidak lembek atau kusut. Tomat segar dan matang menghasilkan sedikit tekanan dan mengeluarkan aroma yang manis.
Manfaat Jus Tomat Selain Untuk Mengecilkan Perut dan Lingkar Pinggang
  • Sebagai tambahan bahwa jus tomat tidak hanya bermanfaat untuk masalah perut buncit atau perut besar tetapi juga memiliki manfaat lain yaitu:
  • Minum jus tomat bisa menurunkan risiko kanker,
  • Mencegah timbulnya penyakit jantung,
  • Jus Tomat bisa untuk mengurangi depresi.
Lebih lengkapnya manfaat lain jus tomat silahkan simak dibawah ini:

Jus Tomat Bisa Mencegah sembelit. Jus tomat yang dicampur dengan jus bayam bukan cuma menyehatkan hati, tetapi juga ampuh mencegah sembelit atau buang air besar.

Memberikan energi. Kandungan kalium dalam jus tomat bisa mengatasi rasa letih dan lesu. Setelah berolahraga, minum jus tomat pun sangat dianjurkan jika ingin mendapatkan energi secara instan.

Melancarkan pencernaan. Sebelum makan, ada baiknya jika jus tomat dikonsumsi sebagai makanan pembuka. Fungsinya adalah untuk melancarkan pencernaan.

Menghancurkan radikal bebas. Vitamin A dan C dalam tomat punya tugas untuk menghancurkan radikal bebas pada tubuh. Jadi minum jus tomat secara rutin bisa digunakan sebagai pencegah berbagai penyakit secara alami.

Minuman yang Kaya antioksidan. Tomat mengandung lycopene, salah satu jenis antioksidan yang punya khasiat melindungi kulit dari sinar UV matahari, sel tubuh, dan organ penting.

Mampu Melawan kanker. Lycopene juga memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, sehingga sistem imun menjadi lebih kuat untuk melawan kanker.
Berikut cara menyimpan tomat dengan baik dan benar agar manfaat tomat tetap terjaga:
  • Tomat cukup sensitif terhadap dingin karena dapat menghambat proses pematangannya dan bahkan mengurangi rasanya.
  • Simpan pada suhu kamar, jauh dari sinar matahari langsung dan mengonsumsinya sedini mungkin.
  • Belilah tomat yang matang di pohon karena gula, asam, dan senyawa aroma tetap utuh dalam tomat yang sudah matang. Hindari membeli tomat yang terlalu matang dan lunak.
  • Jika secara tidak sengaja telah membeli tomat yang sedikit mentah, bungkuslah dalam kantong kertas dengan pisang atau apel dan biarkan semalaman. Gas etilen yang dikeluarkan oleh buah-buahan ini akan mempercepat proses pematangan. Simpan di lemari es setelah matang, di mana tomat akan tetap segar selama 2 hingga 3 hari lagi.
  • Keluarkan tomat dari lemari es setidaknya 30 menit sebelum menggunakannya karena ini akan meningkatkan rasa dan kesegarannya.
  • Saat membeli saus tomat, belilah hanya saus tomat organik untuk menghindari residu pestisida yang tidak diinginkan dan kontaminan lainnya. Tomat yang terlalu matang mudah rusak dan harus disimpan di lemari es.
  • Kandungan asam yang tinggi dari tomat adalah alasan utama bahwa tomat lebih dikalengkan daripada buah atau sayuran lainnya. Tomat kaleng tersedia dalam banyak varietas seperti utuh, cincang, dihancurkan, dan dihaluskan dan seperti saus. Tomat kalengan yang belum dibuka dapat dikonsumsi dalam waktu enam bulan, sedangkan tomat yang dibuka harus dikonsumsi dalam waktu seminggu.
  • Anda juga bisa membekukannya jika tomat berlebih. Pembekuan tidak akan mengubah rasa atau tekstur tomat. Yang perlu Anda lakukan adalah mencucinya sampai bersih dan keringkan.
Mencegah penyakit jantung yang kambuh. Penelitian menyebutkan kalau lycopene dalam jus tomat mampu mencegah penyakit jantung datang kembali, sehingga pasien penyakit tersebut dianjurkan minum jus tomat secara teratur.

Menyembuhkan penyakit paru-paru. Jus tomat segar adalah penyembuh alami dari dalam, termasuk meredakan penyakit paru-paru, bronkitis, dan TBC.

Baik bagi penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, jus tomat ampuh dalam menghambat penggumpalan pembuluh darah. Sehingga minuman ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sumber nutrisi bayi. Vitamin C dan kalium yang terkandung dalam jus tomat sangat baik bagi ibu hamil sebab mereka sama saja dengan menyalurkan nutrisi penting bayi bayi dalam kandungan.

loading...

Blog, Updated at: 00:18:00
loading...