Mengenal Cara Transfer Melalui Virtual Account dan Keunggulan-keunggulannya

loading...

Makin Cepat Mengelola Transfer Dana Antar Rekening Virtual Account, Apa Kelebihannya?

Virtual Account adalah nomor identifikasi pelanggan perusahaan yang dibuka oleh Bank atas permintaan perusahaan untuk selanjutnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya (perorangan maupun non perorangan) sebagai No Rekening Tujuan penerimaan (collection). Sebagai contoh adalah no virtual accoun BPJS, Nomor virtual account BPJS adalah terdiri dari kombinasi kode 5 angka tergantung bank yang digunakan yaitu BNI, BRI, Bank BTN kodenya 88888-0 sedangkan Mandiri 89888-0 ditambah 10 digit dari belakang no kartu BPJS yang kita miliki.
Saat ini hampir semua bank besar mempunyai produk perbankan yang namanya virtual account. Bank yang menerbitkan virtual account ini antara lain BRI, BCA, Bank Mandiri, BNI, Bank Muamalat dll. Banyak sekolah yang sekarang memanfaatkan virtual account ini sebagai cara untuk pembayaran spp, bp3 dan iuran lainnya. Setiap siswa akan memiliki virtual account sendiri/masing-masing.

Apa itu virtual account?

Untuk tranfer via bank, biasanya dibagi dua jenis yaitu dengan rekening biasa atau Virtual Account (VA). Mayoritas bank di Indonesia sudah mendukung untuk pembayaran via Virtual Account (VA)ini. Contoh untuk mengisi Go-Pay bisa lewat nomor Virtual Account (VA)70001 ditambah nomor telepon yang terdaftar contoh 700108223*******, dengan catatan ini adalah nomor Virtual Account (VA)untuk customer.
Pengertian virtual account ini adalah rekening tidak nyata dan cuma bisa dibuat menerima kiriman uang saja dari pelanggan. Apa keunggulannya dibandingkan rekening biasa? Jawabannya adalah mempermudah proses pembayaran karena satu transaksi atau satu pelanggan akan mendapatkan satu nomor rekening virtual account yang unik dimana proses konfirmasi pembayaran akan berlangsung otomatis. Kenapa bisa begitu? Karena seharusnya yang akan mengirimkan dana ke rekening yang dituju hanyalah pelanggan dan sesuai dengan nominal yang diketahui sebelumnya.
Contoh Langkah-Langkah Pembayaran Transfer Virtual Account Via ATM BCA :
  1. Masukkan kartu ATM BCA
  2. Masukkan PIN ATM BCA Anda
  3. Pilih menu “TRANSAKSI LAINNYA
  4. Pilih menu “TRANSFER
  5. Pilih menu “KE REK. BCA VIRTUAL ACCOUNT
  6. Masukkan nomor Virtual Account yang Anda terima dari rekanan anda, kemudian pilih “BENAR
  7. Pastikan data Virtual Account Anda benar, kemudian masukkan angka yang perlu Anda bayarkan, kemudian pilih “BENAR
  8. Cek & Perhatikan Konfirmasi Pembayaran dari layar ATM, jika sudah benar pilih “YA“, atau pilih “TIDAK” jika data di layar masih salah
  9. Transaksi Anda sudah selesai, pilih “TIDAK” untuk tidak melanjutkan transaksi lain.
  10. Terakhir jangan lupa ambil Kartu ATM BCA Anda.
Kalau transfer bank dulu harus melakukan konfirmasi setelah mengirimkan uang dan repotnya foto struk kadang wajib diupload maka dengan sistem virtual account ini tidaklah perlu. Langsung saja bayar sesuai nilai invoice dan bila sudah masuk maka billing akan langsung mengenali transaksinya, dalam hitungan menit pesanan anda akan sudah diproses. Jadi selain pelanggan akan senang karena sangat cepat prosesnya juga pihak perusahaan mudah dalam mengelola tagihan yang ada.

Dengan menggunakan Virtual Account (VA),maka pembayaran tagihan listrik atau iuran lingkungan bisa dilakukan secara otomatis tanpa harus keluar rumah dan jadwalnya bisa disesuaikan dengan tanggal jatuh tempo (anda tidak perlu takut kelewatan dan terkena denda).

Beberapa perumahan dan apartemen sudah mendukung auto debet via Virtual Account (VA)ini sehingga tidak mempersulit penghuni saat akan membayar tagihan bulanan dan tentu berdampak pada kelancaran layanan pada hunian tersebut (lebih hemat kertas karena tidak perlu mencetak tagihan dan surat peringatan)

Bahkan untuk pembayaran tagihan internet dari ISP MyRepublic menggunakan metode ini, dan sangat memudahkan jadinya. Oh ya, seperti di BukaLapak ada metode Indomaret dan ini mirip konsepnya, satu transaksi satu kode unik dan kalau sudah lunas akan otomatis diverifikasi.

Mengenai contoh produk virtual account ini bisa dibaca:

BCA Virtual Account: http://www.bca.co.id/id/commercial-business/produk-dan-layanan/e-Banking/klik-bca-bisnis/bca-virtual-account/bca-virtual-account_landing.jsp

Mandiri Virtual Account: http://www.bankmandiri.co.id/article/corporate-virtual-account.asp

Demikian informasi singkat tentang virtual account, semoga bermanfaat.

loading...

Blog, Updated at: 06:10:00
loading...