Segudang Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

loading...


Setangkai Bunga Mawar Berduri, Manfaatnya Setajam Durinya

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Dan dari berbagai jenis mawar tersebut tersimpan berbagai macam manfaat untuk kesehatan manusia selain sebagai kembang indah penghias taman. Secara umum, bunga mawar dikelompokkan berdasarkan perawakan dan sifat pertumbuhannya menjadi 4 kelompok besar. Yakni: bunga mawar semak yang banyak ditanam sebagai pagar, Bunga mawar kerdil berupa tanaman dalam pot, Bunga mawar pohon dan terakhir Bunga mawar liana yang tumbuh merambat.
Bunga ini memang sangat mudah ditemui dipekarangan rumah. Sifatnya sangat mudah tumbuh, dengan stek batang saja asal tanah nya gembur apalagi subur maka tanaman ini akan mudah tumbuh. Banyak manfaat mawar yang belum diketahui orang, ternyata mawar bisa untuk mengatasi Insomnia. Nah untuk anda yang susah tidur silahkan minum teh mawar. Satu lagi manfaat mawar yang sangat penting adalah bisa memperlancar sirkulasi darah yang tentunya akan sangat membantu meringankan kerja jantung anda.

Sudah lama diketahui bahwa Bunga mawa adalah toner alami. Coba anda gunakan minyak mawar dengan bola kapas dan bersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran dan make up. Minyak Mawar juga membantu untuk mengencangkan pori-pori. Minyak alami yang ditemukan dalam mawar membantu kelembaban kunci ke dalam kulit yang membantu untuk menjaga kulit terasa halus dan lembut. Gula dalam kelopak mawar membuatnya sempurna untuk mereka yang memiliki kulit sensitif karena langsung menciptakan perasaan menenangkan.

Menggunakan beberapa tetes air mawar dalam air mandi akan membuat kulit Anda bersinar. Sifat anti-bakteri di bunga mawar membuat luar biasa untuk memerangi jerawat dan jerawat. Sifat anti-inflamasi membantu untuk menenangkan kulit iritasi dan kemerahan. Sifat menenangkan Yang juga dapat membantu kesungguhan rosecea dan eksim.
Dibalik keelokan warna bunga mawar, ternyata juga terkandung khasiat sebagai obat alami. Bilamana anda sempat pergi jalan jalan ke Bangkok, akan anda jumpai makanan yang terbuat dari bunga mawar. Banyak restoran di bangkok yang menyuguhkan menu andalan dari bahan bunga ini. Bunga ini aman dikonsumsi dan memiliki beberapa khasiat. Minyak atsiri nya mengandung geraniol dan limonene yang berfungsi sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh. Harum aroma bunga mawar juga sering digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan juga meningkatkan mood. Daun kelopak bunganya yang kering juga dapat untuk mengharumkan teh. Caranya sangat mudah, anda campurkan sedikit kelopak bunga kering bersama teh dan rebuskan air kemudian saring, anda akan menikmati segarnya teh sambil menghirup aroma bunga mawar yang dapat meningkatkan mood.
Vitamin C yang ditemukan di bunga mawar berfungsi sebagai antioksidan yang indah yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat matahari terbenam. Gunakan di bawah area mata untuk memerangi lingkaran hitam. Bunga mawar memiliki sifat penyejuk alami yang membuatnya indah untuk digunakan di rambut Anda. Tambahkan beberapa tetes air mawar untuk sampo atau kondisioner. Salah satu manfaat penting bunga mawar untuk mahkota kepala adalah membantu pertumbuhan rambut.

Macam Macam Jenis Bunga Mawar

Bunga Mawar Talitha. Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna orange. Panjang tangkainya 50-83 cm dengan diameter bunga mekar 8 cm. Permukaan daunnya bergelombang. Produksi bunga jenis ini1,7-1,8 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 7-9 hari.

Bunga Mawar Shananda. Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna pink cerah (bright pink), red purple group 66A. Panjang tangkainya 45-60 cm dengan diameter bunga mekar 9-11 cm. Produksi bunga jenis ini1,2-1,6 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 5-8 hari.

Bunga Mawar Pertiwi. Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna merah muda (red purple group 65D). Panjang tangkainya 5,65-7,54 cm dengan diameter bunga mekar 8,84-9,01 cm dan durinya sedikit. Mawar macam ini tahan tanpa naungan.
Bunga Mawar Megawati. Bunga mawar macam ini merupakan macam mawar potong dengan permukaan daun bergelombang. Produksi bunga jenis ini1,3-1,7 tangkai dengan diameter bunga 9-11 cm, panjang tangkai 48,89-73,00 cm. Bunga dapat tetap segar dalam vas sampai 6-8 hari.

Bunga Mawar Putri. Bunga mawar macam ini termasuk macam mawar potong dengan jenis ganda. Permukaan daun bergelombang berwarna merah tua (dark red)/red group 46A. Produksi bunga jenis ini1,4-1,6 tangkai dengan panjang tangkai 55-105 cm dan diameter bunga 9,5-11,5 cm. Aroma bunga agak wangi dan kesegarannya dalam vas dapat bertahan hingga 8-9 hari.

Bunga Mawar Fortuna. Bunga mawar macam ini merupakan macam mawar potong yang termasuk jenis bunga ganda. Permukaan daunnya bergelombang dan aramonya agak wangi. Panjang tangkainya 47-75 cm . Mawar macam ini berdiameter bunga mekar 8,5-9,5 cm. Kesegaran bunga bertahan hingga 5-8 hari.

Bunga Mawar Rosmarun. Bunga mawar macam ini termasuk jenis bunga ganda. Mawar macam ini berdiameter bunga kuncup 1,35 cm, diamater bunga mekar 4,37 cm serta aromanya sedikit wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 56,33 hari.

Bunga Mawar Rosanda. Bunga mawar macam ini termasuk jenis bunga ganda dengan warna bunga unik dan menarik. Di bagian depan orange red group 35D, bagian belakang red group 49D. Mawar macam ini berdiameter bunga kuncup 0,90 cm, diamater bunga mekar 2,54 cm serta aromanya wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 43,63 hari.
Bunga Mawar Cipanas Dwi Warna. Bunga mawar macam ini merupakan mawar taman jenis bunga ganda dengan warna red purple group 68 D dan 61 C. Panjang tangkainya 4,1-5,1 cm dengan diameter bunga mekar 8,5-8,9 cm. Jumlah bunga/tanaman/ bulan 1,4-2,9 kuntum. Mawar macam ini memiliki adaptasi luas.

Bunga Mawar Mega Putih. Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan bentuk tepi petal bunga keriting. Jumlah petal 104-138 helai. Mawar macam ini memiliki tangkai bunga (neck length) kokoh sepanjang 7-8 cm, panjang tangkai total 47-85 cm. Ukuran bunga ini tergolong besar dengan diameter 9-12 cm. Diameter bunga kuncup 2,12-2,15 cm. Aroma bunga sedikit wangi (light fragrance). Kesegaran bunga 7-9 hari.
Bagaimana agar Bunga Mawar Potong Tahan Lama?
Berikut ini adalah Tips untuk memperlama kesegaran bunga mawar yang sudah di potong:
  1. Kebanyakan bunga potong menjadi cepat layu karena pembusukan pada bekas pemotongan tangkai bunga, yakni bakteri pembusuk berkembang biak dan menyumbat saluran vaskuler. Berakibat bunga cepat layu karena suplai makanan terhambat. Untuk mengatasinya perlu ditambahkan asam benzoate pada air agar bakteri mati dan pembusukan dapat diperlambat. Dapat pula anda tambahkan 3 tetes cairan pemutih kain per 1 liter air.
  2. Bunga potong juga masih membutuhkan nutrisi yang dia dapatkan dari gaya kapiler untuk memperpanjang kesegarannya. Anda bisa menambahkan 1 sdt gula pada 1 liter air perendam. Atau anda bisa menggunakan nutrisi khusus bunga potong yang tersedia di toko bunga potong.
  3. Bunga potong akan menyerap air secara maksimal pada pH 3,5-4,5, dan agar tidak menimbulkan dehidrasi anda bisa menurunkan air pada pH ideal dengan menambahkan asam sitrat 200 mg per 1 liter air.
  4. Pergunakan vas dari kaca, keramik atau plastik dan hindari penggunaan vas bunga yang terbuat dari logam karena logam mengandung ethylene dan biasanya bunga sensitif terhadap kandungan tersebut.
  5. Agar serapan air bisa optimal, anda harus memotong pangkal batang menyerong sehingga didapatkan penampang batang lebih besar. Dengan cara ini maka batang potong lebih optimal untuk menyerap air.
  6. Potong daun yang anda anggap tidak perlu sehingga suppy makanan bisa mencukupi.
Mawar Untuk Kesehatan
Sebagai bunga yang indah dan banyak digemari orang, maka mawar banyak ditanam dan dibudidayakan orang untuk memperindah pekarangan rumah. Nah daripada hanya terbatas sebagai hiasan maka sebaiknya anda coba juga untuk dapat memanfaatkan bungan mawar ini sebagai herbal alternatif mengingat manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat bunga mawar bagi kesehatan:
  • Ketika digunakan aromatically, berfungsi menenangkan dan menenangkan pikiran.
  • Minum secangkir teh mawar dapat membantu memerangi depresi dan kecemasan.
  • Membantu untuk memperkuat saluran pencernaan dan lapisan perut. bunga mawar membantu dalam menghilangkan limbah beracun di kedua usus kecil dan besar.
  • Teh Rose dapat membantu memerangi kelelahan kronis dan Insomnia.
  • Aroma Rose dapat membangkitkan Anda dan untuk itu sangat membantu untuk meningkatkan libido.
  • teh Rose memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan saluran kemih dari limbah nitrogen beracun yang pada gilirannya dapat mengurangi potensi risiko ISK, kandung kemih dan infeksi ginjal.
  • Bekerja sebagai anti-spasmodik dan efisien mengurangi kejang pada sistem pernapasan, usus dan kejang otot di tungkai.
  • Membantu mengatur dan menyeimbangkan produksi hormon.
  • Meningkatkan sirkulasi, mengurus jantung, mengurangi tekanan darah dan membantu penyembuhan sakit kepala, asma dan infeksi tertentu.
Penggunaan Mawar Untuk Obat batuk kering
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, kurangnya mengkonsumsi air dan kontak langsung terhadap polusi dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan berakibat pada batuk kering. Bunga mawar memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk meredakan batuk kering. Caranya ambil 10 gram mawar kering, cuci sampai bersih. Kemudian campurkan 30 gram gula batu lalu kukus kedua bahan sampai keluar airnya. Setelah itu, bahan di saring dan minum selagi hangat

Cara Memanfaatkan Mawar Untuk Mengatasi masalah haid
Rasa nyeri pada perut ketika datang bulan adalah hal yang sangat mengganggu bahkan menyakitkan. Mengkonsumsi obat-obatan pengurang rasa nyeri berulang-ulang bukanlah solusi yang tepat, malah dapat menimbulkan penyakit yang lebih parah seperti kanker rahim. Oleh karena itu pengobatan tumbuh-tumbuhan alami yang berasal dari kandungan bunga mawar dan rempah-rempah lainya dirasa lebih aman untuk pengobatan tersebut. Caranya, cuci bersih 15 gram bunga mawar dan 15 gram daun dewa. Kemudian rebus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Saring bahan tersebut dan minum 2 kali sehari.

Bisa anda coba untuk minum 1-2 cangkir teh Mawar sehari. Satu di sore hari dan satu sebelum tidur. Ini membantu untuk menenangkan kecemasan. Aroma Mawar langsung menenangkan pikiran dan membuat perasaan bahagia.

Jika rasanya terlalu kuat untuk Anda, kami sarankan menambahkan beberapa madu untuk mempermanis. Anda juga dapat menambahkan Kelopak Mawar untuk teh lainnya. Bisa juga mencampur kelopak mawar pada teh hijau atau teh hitam, Begitu banyak antioksidan semua dalam satu cangkir teh plus kelopak mawar. Bisa juga menggunakan mawar sebagai parfum alami, terutama sebelum tidur. Mudah bukan penggunaan bunga mawar ini untuk ikut menjaga kesehatan seluruh keluarga.

Tips Dan Cara Menanam Bunga Mawar

  • Media tanam, pilih pot yang punya ukuran besar. Ini dimaksudkan agar pertumbuhan mawar lebih baik karena tanah menyerap lebih banyak air ketimbang memakai pot kecil.
  • Pemilihan tanah, gunakan tipe yang mudah meyerap air sehingga air tidak menggenang kala disiram. Jika pot dan tanah sudah siap, masukkan tanaman ke dalamnya dan taruh di tempat yang langsung terkena cahaya matahari.
  • Pada usia tanaman 1-2 bulan, penyiraman dilakukan pagi dan sore. Pada pagi hari disiram untuk bagian tanah, sorenya pada daun. Lebih disarankan penyiraman kedua dilakukan malam hari ketika matahari sudah tenggelam. Jika usia tanaman melewati dua bulan, cukup siram dua hari sekali.
  • Untuk melengkapi unsur hara, dapat diberikan pupuk organik. Sebelum dipupuk, gemburkan tanah lebih dulu di sekitar batang dan bersihkan dari tanaman pengganggu.
  • Jika ditemukan dahan atau bagian yang mengering sebaiknya segera dipangkas. Pangkas juga saat ada cabang yang tumbuhnya menuju ke arah dalam tanaman bunga mawar.
Diolah dari berbagai sumber

loading...

Blog, Updated at: 05:57:00
loading...