Harga Sapi dan Pedet Terbaru 2019 Memasuki Bulan April - Mei

loading...

Harga Sapi Potong Jenis Limousin, Simental, PO, Bali, Madura Saat Ini

Dalam waktu dekat ini ada 2 moment penting hari raya yang biasanya akan mempengaruhi harga sapi lokal di pasar hewan maupun dipeternak-peternak sapi lokal dipedesaan. Dua hari raya tersebut adalah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Jenis Sapi Limousin Super. Sapi limousin adalah sapi yang pertama kali dikembangkan di Prancis. Sapi limousin merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan yang lebih baik dari sapi simmental. Sapi limousin memiliki bulu berwarna coklat tua kecuali di sekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda.
Mulai dari awal Ramadhan biasanya harga sapi akan naik karena tingginya permintaan daging sapi segar jelang munggahan puasa. Puncak permintaan adalah saat menjelang hari raya Idul Fitri dimana jagal bsa memotong sapi sampapi 3 kali lipat dari jumlah potongan normalnya dan bahkan kadang ada yang lebih dari itu.

Sapi Simental adalah jenis sapi jinak dan mudah untuk dikelola, dan dikenal. Sapi simmental atau orang sering menyebutnya dengan sapi metal adalah sapi super dalam hal pertumbuhan dan pertambahan berat badan. Peternak lokal sering menghargai sangat tinggi untuk pedet sapi metal ini karena berbagai kelebihan sapi ini. Sapi Simmental (juga termasuk Bos Taurus), berasal dari daerah Simme di negara Switzerland (Swiss), namun sekarang berkembang lebih cepat di benua Amerika, serta di Australia dan Selandia Baru (New Zealand). Sapi ini merupakan tipe sapi perah dan pedaging.
Harga sapi lokal saat ini baik yang siap potong maupun pedet masih terlihat stabil meskipun sudah ada tanda-tanda naik. Hanya saja kenaikkan masih dipicu karena jumlah sapi jantan siap potong belum banyak dipasar hewan.

Berikut ini harga sapi lokal terbaru saat ini:

  • Harga sapi lokal jenis limousin, simental dan pegon saat ini untuk sapi siap potong berkisar antara Rp 43.000 - Rp 45.000 per kg. Harga sapi bakalan berkisar antara Rp 44.000 - 46.000 per kg.
  • Harga sapi jenis PO untuk siap potong berkisar antara Rp 42.000 - Rp 44.000 per kg. Harga bisa saja naik atau turun tergantung kualitas sapinya.
  • Harga sapi Madura siap potong berkisar antara Rp 47.000 -  Rp 50.000 per kg dan biasanya harga tertinggi hanya untuk persiapan sapi Kurban.
  • Harga sapi Bali berkisar antara Rp 40.000 - Rp 43.000 per kg.
  • Harga pedet secara umum untuk yang jantan masih berkisar Rp 60.000 - Rp 70.000 terutama untuk jenis pedet metal dan limousin. Harga pedet ini bisa naik tinggi per kg nya tergantung dari super atau tidaknya pedet yang dijual (tergantung kualitas).
Harga diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung pada situasi suplai dan demand di masing-masing pasar hewan. Saat suplai kurang dan pembeli banyak tentunya harga akan otomatis naik tanpa dikomando sesuai dengan kebiasaan yang berlaku dipasar hewan, demikian juga sebaliknya.

loading...

Blog, Updated at: 07:57:00
loading...