Jenis Penyakit Kambing dan Domba Yang Disebabkan Parasit


Mengenal Macam-macam Penyakit Kambing Domba Yang Ditimbulkan Oleh Parasit

Kambing ternak merupakan salah satu subspesies kambing yang dipelihara atau dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur. Kambing merupakan anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan dengan biri-biri karena keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae. Domba (Ovis) adalah ruminansia dengan rambut tebal dan dikenal oleh banyak orang. Domba dipelihara untuk dimanfaatkan rambut (disebut wol), daging, dan susunya. Namun, domba berbeda dengan biri-biri. Domba berbeda dengan kambing. Parasit adalah hewan renik yang dapat menurunkan produktivitas hewan yang ditumpanginya. Parasitoid adalah parasit yang menggunakan jaringan organisme lainnya untuk kebutuhan nutrisi mereka sampai orang yang ditumpangi meninggal karena kehilangan jaringan atau nutrisi yang dibutuhkan.
KUTU DAN TUNGAU PARASIT PENYEBAB PENYAKIT PADA TERNAK KAMBING DAN DOMBA

Parasit eksternal yang suka menyerang dan menyebabkan penyakit kulit pada ternak kambing seringkali tidak tampak, tapi mereka dapat menyebabkan infeksi bakteri kulit. Anda dapat mencegah infeksi tersebut dengan perawatan rutin, menghindari ruangan kepadatan kambing Anda, mengidentifikasi dan mengobati sejak awal.

Kutu
Kutu pada kambing adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di sela-sela bulu pada kulit kambing. Bisa menyebabkan kerontokan bulu dan kerusakan kulit kambing. Jika kutu kambing tidak parah - mengalami rasa gatal dan rambut rontok - bahkan tanpa perawatan, kutu akan pergi sendiri, ketika cuaca hangat dan kambing menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari. Untuk kasus yang lebih parah, Anda dapat mengobati kambing dengan produk yang mengandung paramethrin.
Kambing bisa mendapatkan dua jenis kutu: kutu menggigit dan kutu mengisap. Kutu Menggigit makan sel-sel kulit mati pada kambing dan membuat mereka gatal. Sedangkan kutu mengisap lebih serius - mereka tidak hanya menyebabkan gatal, tapi mereka mengisap darah kambing ', yang dapat menyebabkan anemia.

Kutu cenderung mengambil tempat tinggal di kambing di bulan musim dingin ( bisa musim hujan atau daerah dengan suhu yang cukup dingin). Anda biasanya dapat mengetahui bahwa kambing memiliki kutu karena menunjukkan tanda-tanda gatal. Bulu-bulu yang mungkin mulai terlihat kasar, dan kambing akan gosokkan pada pagar atau dinding kandang (lebih dari biasanya), memiliki ketombe, kehilangan beberapa rambut ( rontok sedikit), dan mengunyah bulu pada dirinya sendiri.

Anda dapat melihat kutu atau telur keabu-abuan mereka (disebut nits) dengan memeriksa bagian atas punggung kambing dengan kaca pembesar. Anda perlu mikroskop untuk menentukan apakah Anda sedang berhadapan dengan kutu penghisap atau kutu penggigit. kutu pengisap memiliki kepala besar, dan kutu penggigit memiliki kepala kecil.

Anda sering dapat mengontrol kutu hanya dengan teratur menyikat kambing atau menjemur kambing ketika cuaca lebih hangat. Jika kutu kambing tidak parah - mengalami rasa gatal dan rambut rontok - bahkan tanpa perawatan, kutu akan pergi sendiri, ketika cuaca hangat dan kambing menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari. Untuk kasus yang lebih parah, Anda dapat mengobati kambing dengan produk yang mengandung paramethrin.
Tungau adalah sekelompok hewan kecil bertungkai delapan yang, bersama-sama dengan caplak, menjadi anggota superordo Acarina. Tungau bukanlah kutu dalam pengertian ilmu hewan walaupun sama-sama berukuran kecil.
Tengau
Seperti kutu, tungau kambing merundung terutama selama bulan-bulan dingin. Mereka datang dalam dua jenis: menggali dan non-menggali. Tungau non-menggali biasanya mulai di daerah berbulu tubuh, seperti ekor, dan kemudian bekerja dengan cara mereka sepanjang tubuh. Mereka melekat pada kulit dan tusukan, melepaskan cairan tubuh. Anda dapat melihat lapisan kulit berkerak dan rambut rontok pada kambing saat tengau menyerang.

Beberapa tungau hidup di telinga kambing. Tungau yang menyebabkan kudis pada manusia. Mereka mulai menyerang di daerah yang gundul atau memiliki sedikit rambut, seperti wajah kambing atau telinga. Mereka menyebabkan gatal dan botak di kulit dan akhirnya dapat menyebabkan kerontokan rambut/bulu dan penebalan kulit.

Anda bisa menyingkirkan kedua tungau menggali dan tungau non-menggali tungau dengan subkutan (di bawah kulit) suntikan ivermectin. Untuk hasil terbaik, memperlakukan seluruh ternak dan melakukan perawatan kedua untuk memastikan bahwa semua telur yang menetas setelah pengobatan awal yang mati.

Kutu dan keds

Kutu dan keds (juga disebut kutu lalat) yang bersayap, serangga melompat yang dapat mendiami kambing, biasanya pada musim semi atau musim panas. Semua dari mereka adalah pengisap darah, dan bisa menyebabkan masalah yang serius. Kambing bisa mendapatkan kutu dari anjing dan kucing, dan keds dari domba / gibas.

Jika Anda memiliki kutu kambing atau keds, Anda mungkin melihat mereka menggosok, menggaruk, dan mengunyah, dan Anda akan dapat melihat serangga ini setelah pemeriksaan. Anda dapat mengobati kambing dengan salah satu produk yang bekerja pada kutu, seperti debu Co-Ral atau UltraBoss Pour-on.

Kutu

Jika kambing Anda merumput di atau dekat hutan, mereka menjadi sasaran kutu. Kutu bisa lebih dari sekedar hama karena mereka dapat menyebarkan penyakit Lyme, Rocky Mountain spotted fever, dan penyakit lainnya yang mempengaruhi kambing dan manusia. Kutu bisa masuk ke dalam kulit kambing, jadi segera bersihkan jika Anda melihatnya. Seekor kutu yang melekat pada seekor kambing terlihat seperti tag kulit dan dapat menjadi besar seperti penghapus pensil.
Untuk membasmi kutu, pegang dengan pinset sedekat mungkin dengan kepala atau mulut dan tarik perlahan sampai tercabut. Untuk mengetahui jenis kutu apakah itu Anda dapat memasukkan dalam botol alcohol untuk nantinya diperiksa agar tahu jenis obat yang tepat untuk mencegah dan mengobatinya. Untuk mencegah kutu di masa depan, Anda dapat mengobati kambing dengan pour-on atau semprot yang berisi insektisida permethrin alami.

* (Rocky Mountain spotted fever (RMSF)disebabkan oleh bakteri Rickettsia rickettsii. Gejala termasuk sakit kepala, mialgia, dan ruam yang khas biasanya dimulai pada pergelangan tangan, pergelangan kaki, telapak tangan dan telapak kaki. Pengobatan biasanya tetrasiklin.
Kutu yang mengirimkan Rocky Mountain spotted fever termasuk Amblyomma americanum (lone star), Dermacentor variabilis (anjing) dan Dermacentor andersoni (kayu)

** penyakit Lyme adalah ruam merah yang dikenal sebagai eritema migrans (EM). Ruam-tanda dimulai sebagai sebuah titik merah kecil di tempat gigitan kutu. Tempat mengembang selama hari atau minggu, membentuk ruam melingkar atau berbentuk oval. Kadang-kadang ruam menyerupai mata banteng, muncul sebagai cincin merah di sekitar area yang jelas dengan pusat merah. Ruam, yang dapat berbagai ukuran dari yang sepeser pun untuk lebar punggung Anda, muncul dalam beberapa minggu gigitan kutu dan biasanya di tempat gigitan. Seperti menyebar infeksi, ruam dapat muncul di lokasi yang berbeda pada tubuh.

loading...

Blog, Updated at: 00:11:00
loading...