Mengenal Macam-macam Jenis Ikan Cupang, Antara Ikan Hias dan Aduan

Macam-macam Jenis Ikan Cupang

Apa Itu Ikan Cupang? Apa Saja Jenis Ikan Cupang Yang Populer?

Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.Sawah, rawa-rawa, kolam, dan sejenisnya menjadi tempat favorit bagi ikan cupang untuk dijadikan tempat tinggalnya. Ikan cupang bisa ditemukan di alam bebas ikan ini hidup berkelompok. keistimewaan ikan cupang yaitu daya tahannya, sanggup hidup dalam lingkungan air minim oksigen. Bisa dipelihara dalam toples kecil. Kemampuan ini didapat karena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti pada paru-paru manusia. Labirin tersebut bisa membuatnya bertahan pada lingkungan miskin oksigen. di antara varietas ikan cupang yang memiliki tubuh begitu indah dan menawan.
Pakan yang biasa diberikan pada ikan cupang yaitu kutu air , cacing sutera dan larva nyamuk. Pakan ikan cupang diberikan sesering mungkin, misalnya 3-4 kali sehari. Semakin sering frekuensinya semakin baik. Lebih baik sedikit-sedikit tapi sering dari pada sekaligus banyak. untuk mengurangi resiko penumpukan sisa pakan yang bisa mengakibatkan berkembangnya penyakit.

Jenis ikan cupang di kenal tahan banting dan tahan dalam kondisi air yang buruk. Bisa dipelihara dalam akuarium tanpa menggunakan aerator. Ikan ini tahan terhadap kondisi air yang minim oksigen. Walaupun begitu, disarankan untuk tetap menjaga kualitas air dengan memberinya aerasi dan filter pembersih. Agar ikan bisa berkembang sempurna dan selalu dalam kondisi bugar. memelihara lebih dari satu ikan cupang jantan yang telah dewasa dalam satu akuarium. Terlebih bila ukuran akuariumnya kecil dan tidak ada tempat berlindung. Ikan-ikan tersebut bisa saling menyerang satu sama lain. Akibatnya, sirip-siripnya tidak mulus dan warnanya kurang keluar dan menimbulkan kecacatan.

Perbedaan Ikan Cupang Hias dan ikan Cupang Aduan.

Tanda-tanda cupang hias

Seperti namanya, cupang hias dinilai dari keindahannya. Umumnya ditetapkan berdasar pada bentuk, warna, gerak serta mental. Dengan cara umum tanda-tanda cupang hias yaitu seperti berikut :
  • Bentuk sirip serta ekor menjumbai panjang. Susunan tulang sirip serta ekor tunjukkan bentuk yang khas.
  • Warna badan jelas tak kusam. Mempunyai varian warna yang menarik serta atraktif.
  • Gerakkannya tenang, kibasan-kibasan siripnya memperlihatkan keanggunan.
  • Apabila lihat musuh atau tengah bercumbu, sirip serta ekornya terkembang prima tunjukkan bentuk yang khas.
  • Umumnya cupang hias adalah spesies Betta splendens. Beberapa jenis cupang hias yang kerap dilombakan diantaranya, serit (crown tail), bulan separuh (halfmoon), pertandingan (plakat), cagak (double tail) serta belakangan ini type Giant.
Tanda-tanda cupang adu

Langkah menunjukkan keandalan cupang adu yaitu dengan melihatnya saat bertarung. Lantaran terdapat banyak ikan cupang yang dikira juga sebagai cupang hias, nyatanya perkasa saat diadu. Tetapi dengan cara umum ciri-cirinya dapat dipandang seperti berikut :
  • Bentuk badan cupang adu tampak kokoh. Lebar serta tinggi ikan dari mulai leher sampai ke ekor mempunyai besar serta ketebalan yang sama. Cuma pada ujung ekor tampak sedikit mengecil.
  • Gerakannya agresif. Tak lamban serta anggun seperti cupang hias.
  • Saat lihat musuh, sirip-siripnya mengembang penuh. Ini mengisyaratkan mental yang bagus untuk bertarung.
  • Bibir terlihat tebal serta kokoh. Mulutnya terkatup rapat tak menganga. Apabila dipandang dari atas, pada bibir sisi bawah ada bintik-bintik mencirikan gigi yang runcing. 
Lebih baik hanya 1 jantan dengan beberapa ekor cupang betina dalam 1 wadah. Pastikan untuk cupang betina diberikan tempat persembunyian yang baik didalam akuarium. Cupang jantan tidak cuma agresif terhadap cupang jantan lainnya, dia juga bakal mengejar cupang betina yang berada disekitarnya dan apabila tanpa tempat persembunyian yang cocok, maka cupang betina bisa menjadi stres. Hewan air ini cocok ditempatkan dengan ikan pedang serta anakan gurami yang tidak begitu besar.

Perbedaan Umum ikan cupang hias serta cupang aduan

Cupang adu umumnya datang dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachai serta variasi silangan-silangannya. Kontes cupang adu banyak di gelar di negara-negar Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia. Sedang di sebagian negara lain, seperti Amerika Serikat, mengadu ikan cupang dikira kejahatan serta ilegal.

Jenis jenis ikan cupang yang cukup populer

Seperti telah disinggung pada awal mulanya, beberapa breeder serta pehobi mengelompokkan type ikan cupang berdasar pada penampakan bentuk serta warnanya. Tiap-tiap hasil silangan yang memiliki bentuk serta ciri-ciri yang khas, bakal diberikan nama sendiri. Beberapa jenis ikan cupang yang paling popular yaitu seperti berikut.

Ikan Cupang Halfmoon (bulan separuh)

Seperti namanya, type ikan cupang halfmoon mempunyai sirip serta ekor yang seakan menyatu membuat 1/2 lingkaran. Apabila dipandang dari samping, sirip ikan halfmoon berupa seperti bulan. Ikan cupang halfmoon dipelihara lantaran keindahannya. Type ini memiliki varian warna yang bermacam dari mulai merah menyala, kuning, serta varian warna yang lain.

Ikan Cupang Crown tail (serit)

Indonesia mungkin saja dapat sedikit berbangga, lantaran ikan cupang serit dilahirkan oleh beberapa breeder dari daerah Slipi, Jakarta. Cupang serit jadi mendunia lantaran variasi keindahannya. Disebut crown tail atau ekor mahkota, lantaran apabila di balik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya tampak seperti mahkota raja.

Type ikan cupang serit mempunyai banyak varian. Ada yang seritnya tunggal, di mana dalam tiap-tiap serit cuma ada satu tulang sirip. Ada pula yang berserit dua atau serit ganda. Keindahan ikan cupang serit telah disadari dunia serta dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

Ikan Cupang Plakat (petarung)

Plakat datang dari arti di Thailand yang berarti lebih kurang yaitu tarung atau pertandingan. Sesuai sama namanya, type ikan cupang ini umum dipakai juga sebagai cupang aduan. Thailand memanglah mempunyai kebiasaan adu cupang yang telah melegenda.

Sirip serta ekor cupang plakat umumnya pendek tak menjumbai seperti serit serta halfmoon. Lantaran pendek, sirip itu memberi kesan kokoh serta kekar. Gerakan ikan cupang plakat tak terlampau anggun namun tampak lebih sangar.

Ikan Cupang Dauble tail (cagak)

Di namai dengan double tail lantaran sisi ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua. Type ikan cupang double tail termasuk susah di kembangkan. Oleh karenanya keberadaannya agak jarang di temui di pasar

Ikan Cupang Giant (raksasa)

Ikan cupang raksasa ini sukses di kembangkan breeder dari Thailand. Ukuran terbesarnya meraih 12 cm, lebih besar dari type ikan cupang yang lain. Cupang raksasa ini di kembangkan dari cupang plakat, yang disilangkan dengan cupang yang lain. Sekarang ini ada beragam type ikan cupang raksasa, salah satunya halfmoon giant, double tail giant serta crown tail giant.
Cara Memelihara dan Beternak Ikan Cupang
  • Memilih induk ikan cupang
  • mendapatkan indukan atau bibit berkualitas yang bagus,Indukan yang baik sebisa mungkin berasal dari keturunan unggul, kondisinyasehat, bebas penyakit dan cacat bawaan. Simpan indukan jantan dan betina di tempat terpisah.
  • Adapun ciri-ciri indukan yang telah menunjukkan siap kawin adalah sebagai berikut.
  • Untuk cupang jantan:
  • Bentuk badan panjang
  • Gerakannya agresif dan lincah
  • Berumur setidaknya 4-8 bulan
  • Siripnya panjang dan warnanya terang atraktif
  • Untuk cupang betina:
  • Berumur setidaknya 3-4 bulan
  • Bentuk badan membulat, bagian perut sedikit buncit
  • Gerakannya badannya  lambat
  • Siripnya pendek dan warnanya kusam tidak menarik
  • wadah yang baik menurut cara berternak ikan cupang
wadah cara berternak ikan cupang  yaitu bak semen atau akuarium yang ukurannya tak perlu besar yakni cukup 1 x 2 m atau akuarium 100 x 40 x 50 cm, masih wadah perkawinannya lebih kecil dari wadah pembesaran, yang dapat dipakai diantaranya : baskom, akuarium kecil atau ember bisa dipakai buat memijahkan ikan cupang.
Dari berbagai sumber

loading...

Blog, Updated at: 23:55:00
loading...