Prediksi Harga Sapi Lokal Saat Bulan Puasa, Lebaran Hingga Hari Raya Kurban 2019

Estimasi Harga Terbaru 2019 Berbagai Jenis Sapi Lokal Dan Impor Saat Bulan Puasa, Hari Raya Idul Fitri Hingga Idul Adha

Harga sapi lokal sempat mengalami penurunan yang cukup berarti menjelang bulan Ramadhan hingga awal Ramadhan. Tetapi harga terus merangkak naik saat masuk minggu ke 2 bulan puasa dan sepertinya akan terus bertahan bahkan terus naik sampai Idul Fitri dan Idul Adha.

Berikut harga sapi saat ini:

Jenis sapi limousin dan simmental
  • Harga sapi siap potong untuk kedua jenis sapi ini relatif stabil, ada sedikit kenaikkan dari bulan sebelumnya. Harga per kg berat hidup berkisar antara Rp 43.000 - Rp 46.000 per kg tergantung kualitas. 
  • Menjelang lebaran biasanya sapi jenis metal yang berukuran jumbo dengan berat badan  diatas 500 kg banyak dicari jagal dan mengakibatkan harga biasanya akan naik secara signifikan hingga bisa sampai Rp 47.000 per kg.
  • Kebalikannya saat musim kurban, sapi-sapi berukuran kecil sekitar 300 an kg lebih banyak dicari dan harga bisa melambung hingga Rp 50.000 per kg. Semakin kecil ukuran sapi umumnya harga per kgnya akan semakin mahal meskipun harga per ekornya terlihat murah.
Sapi limousin adalah sapi yang pertama kali dikembangkan di Prancis. Sapi limousin merupakan tipe sapi potong dengan perototan yang lebih baik dari sapi simmental. Sapi limousin memiliki bulu berwarna coklat tua kecuali di sekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. Sedangkan Sapi Simental adalah jenis sapi jinak dan mudah untuk dikelola, dan dikenal. Sapi simmental atau orang sering menyebutnya dengan sapi metal adalah sapi super dalam hal pertumbuhan dan pertambahan berat badan. Peternak lokal sering menghargai sangat tinggi untuk pedet sapi metal ini karena berbagai kelebihan sapi ini.

Jenis sapi Madura dan Sapi Bali
  • Kedua jenis sapi ini harganya tidak begitu terpengaruh dengan bulan puasa, harga berkisar antara Rp 46.000 - Rp 50.000 untuk sapi Madura siap potong dan bakalan.
  • Untuk sapi Bali sendiri harga masih berkisar Rp 40.000 - Rp 43.000 per kg tergantung ukuran besar kecil dan kualitas sapinya.
  • Jenis sapi Madura dan Bali akan naik harga saat jelang hari raya kurban, harga saat kurban untuk sapi Madura berkisar antara Rp 55.000 - Rp 60.000 per kg, sedangkan untuk sapi Bali berkisar antara Rp 47.000 - Rp 49.000 per kg.

Sapi Madura adalah sapi potong hibrida lokal asli Indonesia hasil persilangan antara banteng dengan bos indicus atau sapi Zebu yang secara genetik memiliki sifat toleran terhadap iklim panas dan lingkungan marginal serta tahan terhadap serangan penyakit. Sedangkan Sapi bali (Bos sondaicus) adalah salah satu bangsa sapi asli dan murni Indonesia, yang merupakan keturunan asli banteng (Bibos banteng) dan telah mengalami proses domestikasi yang terjadi sebelum 3.500 SM, sapi bali asli mempunyai bentuk dan karakteristik sama dengan banteng.
Jenis Sapi PO
  • Untuk sapi PO harga tidak terpaut jauh dengan jenis limousin dan simental meskipun secara umum lebih murah. Saat hari raya kurban harga sapi PO biasanya mengalami kenaikan yang cukup tinggi terutama untuk sapi-sapi PO ukuran kecil. Terkadang sapi PO yang ukuran raksasa hingga mendekati 1 ton juga dicari pembeli saat musim kurban.
Sapi peranakan ongole adalah sapi hasil persilangan antara sapi jawa dengan sapi ongole dari Madras-India, untuk memperbaiki kualitas sapi jawa.

Harga Sapi Impor Jenis Brahman Cross

Sapi Brahman Cross atau yang biasa disebut dengan sapi BX merupakan hasil persilangan Sapi Brahman Amerika dengan sapi sapi dari Australia yang memiliki jenis Hereford dan Shorthorn.
  • Untuk harga sapi impor saat ini di RPH sekitar Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Tasikmalaya, dan Tangerang berkisar  antara Rp 39.000 - Rp 42.000 per kg.

loading...

Blog, Updated at: 23:48:00
loading...