Mengenal Pasar Hewan Muntilan Jawa Tengah, Ini Lokasinya!

Dimana Alamat Pasar Sapi Muntilan?

Sektor peternakan memang merupakan penggerak utama ekonomi dipedesaan selain sektor pertanian tentu saja. Peternak lokal yang memiliki sapi hanya 1 - 2 ekor menganggap sapinya adalah tabungan atau rojokoyo yang bisa dicairkan sewaktu-waktu saat membutuhkan dana segar. Dan tempat paling cepat untuk bisa menukarkan sapi menjadi uang adalah di pasar hewan.

Pasar hewan merupakan tempat transaksi jual beli ternak yang mampu menjadi ladang mencari penghasilan untuk berbagai lapisan masyarakat. Pemain tataniaga perdagangan dipasar hewan banyak macamnya, sebut saja ada blantik, ada pedagang sapi, ada pedagang daging, ada penjual alat-alat peternakan, penarik sapi, transporter truk dll.

Salah satu pasar hewan yang bisa dikunjungi saat akan belanja sapi di Jawa Tengah adalah pasar sapi Muntilan. Disana banyak diperjualbelikan berbagai jenis sapi lokal seperti sapi Limousin, simmental, PO dan jenis sapi turunan lainnya. Selain Sapi dipasar hewan ini juag dijual kambing dan domba.


Pasar hewan Muntilan berlokasi tidak jauh dari jalan raya Magelang - Yogyakarta sehingga mempermudah para pengunjung untuk mengunjungi tempat ini baik yang menggunakan mobil pick up, truk, maupun sepeda motor. Rata - rata pengunjung dari Kec. Srumbung, Muntilan, Dukun, sawangan, Borobudur, Mungkid, Temanggung, Magelang, Wates dan juga Yogyakarta. Ditempat ini terjadi transaksi jual beli hewan yang bervariatif , di hari pasarannya bisa terjadi transaksi hingga lebih dari 1 milyar per hari.

Berikut data tentang pasar hewan Muntilan:

Pasar Hewan Muntilan
Informasi Pasar:

Alamat dan Lokasi Pasar di Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kelurahan Tamanagung

Kepala Pasar Muhdi

Petugas BKP  Surajiman

Petugas Pemungut Retribusi Susilo

Petugas Kebersihan Adi Yuli Warjono

Luas Pasar  17260.38 m2

Luas Bangunan Pasar 720 m2

Hari Pasaran:
Hari pasaran untuk pasar hewan Magelang adalah pada hari pasaran Jawa yaitu Kliwon.

Berbagai jenis dan umur sapi bisa ditemukan di pasar hewan Muntilan. Mulai dari sapi bakalan, sai siap potong dan sapi kecil atau pedet bisa diperoleh disini. Jenis kelamin sapi yang diperdagangkan juga lengkap jantan dan betina. Bahkan kadang juga dijual sapi indukan betina yang sedang bunting beberapa bulan.

Harga sapi sangat bervariasi, untuk yang siap potong berkisar antara Rp 16.000.000 hingga yang sangat besar bisa diatas Rp 25.000.000 per ekor. Untuk pedet sendiri dijual pada kisaran harga Rp 8.000.000 - Rp 14.000.000 tergantung dari umur, ukuran pedet, jenis pedet dan tentunya kualitas pedet. Semakin super pedet maka harganya akan semakin mahal apalagi untuk yang jenis Limousin dan simmental.

loading...

Blog, Updated at: 20:11:00
loading...