Resep Jamu Ternak Untuk Burung Puyuh Agar Produktivitasnya Meningkat


Tips dan Cara Alami Untuk Meningkatkan Produktifitas Pada Budidaya Burung Puyuh dengan Jamu Ternak, Kenali Juga Apa Saja Faktor Penyebab Produksi Telur Puyuh Menurun

Penggunaan jamu ternak ini ditujukan agar puyuh memiliki daya tahan yang kuat terhadap penyakit, meningkatkan nafsu makan dan pada gilirannya bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi telur puyuhnya. Disini juga akan coba dibahas faktor apa saja yang bisa menyebabkan turunnya produksi telur puyuh agar bisa sedini mungkin diantisipasi.
Puyuh adalah nama untuk beberapa genera dalam familia Phasianidae. Burung ini berukuran menengah. Burung puyuh dari Dunia Baru dan puyuh kancing tidak berkerabat dekat namun nama mereka memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip. Burung puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk.
Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Selain untuk manusia, jamu juga bermanfaat untuk ternak, baik itu ternak besar maupun ternak kecil dan unggas. Salah satu jamu yang bisa dimanfaatkan untuk unggas adalah menggunakan resep dibawah ini yang bisa untuk meningkatkan performa produksi telur puyuh.

Jamu Ternak

Jamu ternak merupakan solusi alternatif yang terbukti efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jamu merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang sudah sejak berabad-abad lalu dapat meningkatkan kesehatan dan bisa untuk mengobati berbagai penyakit baik pada manusia ataupun hewan ternak. Jamu ternak terdiri dari beberapa herbal yang ada disekitar kita yang diformulasikan secara tepat untuk meningkatkan performa ternak sehingga dapat berproduksi dengan maksimal.

Pemberian jamu ternak dapat memberikan beberapa keuntungan seperti murah dan mudah dalam pembuatannya, tidak meninggalkan residu dalam produk ternak yang dihasilkan, dapat meningkatkan nafsu makan ternak, dapat meningkatkan produksi ternak, menghasilkan kotoran yang lebih kering dan tidak berbau.

Bahan-bahan Jamu Ternak (Untuk 30 Litter) :
  • Kencur : 750 gram
  • Bawang Putih : 750 gram
  • Jahe : 375 gram
  • Lengkuas : 375 gram
  • Kunyit : 375 gram
  • Temulawak : 375 gram
  • Daun sirih : 187,5 gram
  • Kayu manis : 187,5 gram
  • Molases/Tetes/ Gula : 0,5 %
  • EM 4 : 10 ml / liter jamu

Cara Membuat Jamu Ternak:

  • cuci bersih semua herbal yang akan digunakan lalu haluskan dengan menggunakan blender atau ditumbuk.
  • saring herbal yang sudah digiling dengan menggunakan kain, ulangi proses penyaringan sampai setidaknya 3 kali.
  • air hasil saringan ditampung pada drum lalu tambahkan air sampai 30 liter.
  • tambahkan molases atau gula sebanyak 0.5% dari 30 liter atau sebanyak 150 – 200 gram (kesetraan 1 mg : 1 ml).
  • tambahkan EM 4 sebanyak 10 ml/ liter jamu atau sebanyak 300 ml EM 4
  • aduk rata campuran jamu, gula dan EM 4, tutup rapat dan diamkan selama 5-7 hari untuk mengoptimalkan proses fermentasi.
  • lakukan pengadukan pada hari ke 2 dan 4 proses fermentasi untuk memastikan fermentasi berjalan optimal
  • setelah 5 atau 7 hari jamu ternak siap digunakan sebagai campuran air minum pada puyuh

Cara Pemberian Jamu untuk Puyuh :

  • untuk pencegahan jamu ternak dapat dicampurkan dengan air minum dengan perbandingan 1 : 5. 1 liter jamu dapat dicampurkan dengan 5 liter air minum.
  • untuk pengobatan jamu ternak dapat dicampurakan dengan air minum dengan perbandingan 1 : 3 atau 1 : 2. 1 liter jamu dicampurkan dengan 2-3 liter air minum.
  • pemberian jamu ternak bisa diberikan 2-3 kali dalam 1 minggu. untuk pemberian setiap hari jamu bisa diencerkan lagi dengan perbandingan 1 : 7 atau 1 : 10.

Beberapa Penyebab Turunnya Produksi Telur Puyuh
  • Kekurangan Pakan. Burung puyuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar bisa memproduksi telur. Jika Anda tidak mencukupi kebutuhan tersebut, besar kemungkinan burung puyuh tidak bisa menghasilkan telur. Anda harus memperhitungkan jumlah pakan yang harus diberikan secara bijaksana. Terlalu banyak memberikan pakan juga akan berdampak buruk pada kesehatan burung puyuh dan kondisi lingkungan kandang. Jangan pula terlalu pelit memberikan pakan demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
  • Kondisi Kandang yang terlalu gelap dan Pengap. Burung puyuh sangat menyukai tempat yang kondisinya terang. Disarankan memberikan penerangan (lampu) khususnya pada kandang induk mulai dari pagi sampai malam. Kondisi kandang yang terang juga membuat nafsu makan burung puyuh bertambah. Sebaliknya, kandang yang gelap menyebabkan burung puyuh berdiam diri dan malas makan sehingga produksi telurnya pun menurun. Kandang yang terlalu pengap disebabkan tidak adanya ventilasi udara yang memadai. Akibatnya adalah udara terjebak di dalam kandang yang tertutup rapat ini. Lama-kelamaan kualitas udara tadi akan menurun karena tercemar oleh partikel-partikel debu. Kondisi udara yang demikian justru berbahaya dan beracun bagi burung puyuh yang menghirupnya. Buatlah kandang burung puyuh yang nyaman dengan ventilasi udara yang cukup untuk membuat kondisi di dalamnya tetap segar.
  • Lokasi dan Situasi Kandang Kurang Nyaman Karena Suara Bising atau Terlalu Ramai. Posisi yang paling baik untuk dibangun kandang burung puyuh adalah tempat yang tenang, sunyi, dan damai. Usahakan lokasi pembuatan kandang tersebut jauh dari hiruk-pikuk manusia. Suara bising yang terdengar dari kandang dapat mengakibatkan burung-burung peliharaan Anda menjadi stres.
  • Perubahan cuaca secara ekstrem. Pada saat pergantian musim, kondisi cuaca mudah sekali berubah. Misalnya ketika pagi hari cuacanya cerah cenderung panas, lalu sore harinya tiba-tiba turun hujan deras. Keadaan seperti ini akan mengakibatkan kesehatan burung puyuh terganggu. Burung puyuh tersebut akan merasa kurang nyaman dan rentan terserang penyakit. Untuk pencegahannya, Anda bisa memberikan suplemen antistres, vitamin C, dan cairan gula pada burung puyuh.
  • Serangan wabah penyakit. Menurunnya produktivitas burung puyuh secara signifikan bisa menjadi indikasi yang kuat bahwa burung puyuh tersebut sedang terkena penyakit. Anda harus sesegera mungkin melakukan analisis secara matang untuk mengetahui penyebabnya sehingga dapat memberikan pengobatan yang tepat. Perhatikan kondisi burung puyuh serta kotoran yang dikeluarkannya.
Salah satu keunggulan penggunaan jamu ternak untuk meningkatkan produksi telur pada burung puyuh adalah minimnya efek samping karena menggunakan bahan-bahan alami. Jamu ternak untuk puyuh tersebut juga bermanfaat untuk menambah stamina puyuh sehingga lebih tahan terhadap penyakit yang bisa menurunkan produksi telur puyuh. Hanya saja perlu dicatat bahwa penggunaan jamu ternak untuk puyuh ini harus sesuai aturan dan dosis cara memberikan yang sesuai. Pemberian jamu ternak yang berlebihan akan bisa memicu timbulnya efek samping karena semua yang berlebihan tentunya tidak akan bisa diterima tubuh ternak dan bisa mengakibatkan toksin atau racun. Semoga bermanfaat.

loading...

Blog, Updated at: 21:19:00
loading...