Kenali Tanda-tanda, Penyebab, Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Meningitis

Apa Penyebab Utama dan Gejala Meningitis? Bagaimana Cara Pencegahan dan Pengobatan Meningitis?

Penyebab utama penyakit meningitis pada dasar nya adalah virus yang dapat menyerang manusia dalam kondisi kekebalan tubuh seperti apapun. Selain itu juga dapat disebabkan karena infeksi akibat bakteri atau pun jamur, meskipun ini sangat jarang dijumpai. Bakteri penyebab meningitis tersebut antara lain : Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Listeria monocytogenes, Mycobacterium tuberculosis dan Staphylococcus aureus. Penyakit ini bisa dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat dan menghindari kondisi yang dapat memicu penyebaran infeksi. Guna meningkatkan kekebalan tubuh dari kuman penyebab meningitis, lakukan vaksinasi sesuai anjuran dokter.

Apa itu Penyakit Meningitis?

Meningitis merupakan peradangan pada selaput meningen yang menutupi otak dan susmsun tulang belakang. Sehingga sebenarnya kurang tepat apabila mengartikan Meningitis adalah radang selaput otak, karena pada kenyataannya menigen juga melapisi sum-sum tulang belakang. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan karena virus maupun bakteri pada selaput meninges tersebut. Dari keterangan tersebut nampak jelas bahwa penyakit meningitis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan menakutkan. Penyakit meningitis diketahui mampu membuat bagian syaraf manusia, sumsum tulang belakang dan otak menjadi rusak.

Penyakit meningitis dapat menyerang kelompok umur manapun, meskipun pada kenyataannya, kelompok umur yang rawan terkena penyakit ini adalah anak-anak usia balita dan orang tua. Beberapa orang yang rentan terkena penyakit meningitis selain dilihat melalui kelompok umur juga bisa disebabkan oleh hal berikut ini:

Seseorang yang memiliki pleuroperitoneal CSF dalam otak/patologi lain.Seseorang yang menggunakan prosedur tulang belakang, seperti halnya anestesi tulang belakang.Seseorang dengan cacat dural.Penderita penyakit diabetes.Seseorang yang terinfeksi bakteri Endokarditis.Para pecandu alkohol.Pecandu narkotika jenis suntik.

Sebenarnya penyebab penyakit meningitis ini bukan merupakan jenis virus yang begitu berbahaya, namun jika telah parah dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius seperti kerusakan otak, kurangnya daya ingat, kurang nya kemampuan pendengaran dan bahkan menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius. Virus penyebab penyakit meningitis pada awal nya menginfeksi bagian tubuh penderita dan mengalir masuk ke dalam sel-sel syaraf pusat yaitu otak manusia.

Penyebab utama penyakit meningitis pada dasar nya adalah virus yang dapat menyerang manusia dalam kondisi kekebalan tubuh seperti apapun. Selain itu juga dapat disebabkan karena infeksi akibat bakteri atau pun jamur, meskipun ini sangat jarang dijumpai. Bakteri penyebab meningitis tersebut antara lain : Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Listeria monocytogenes, Mycobacterium tuberculosis dan Staphylococcus aureus.

Meningitis dapat menimbulkan gejala-gejala seperti demam tinggi, sakit kepala dan leher terasa kaku. Gejala lain yang mungkin timbul termasuk mual, muntah, rasa tidak nyaman melihat lampu terang, kebingungan dan kantuk. Selain itu mungkin sulit untuk menemukan Gejala Penyakit Meningitis.
Meski gejalanya awalnya mirip dengan flu, meningitis tetap harus diwaspadai, karena juga dapat menimbulkan kejang dan kaku pada leher. Pada bayi di bawah usia 2 tahun, meningitis umumnya ditandai dengan memunculkan benjolan di kepala.
Ada beberapa faktor yang dapat memicu meningitis, antara lain:
  • Infeksi kuman.
  • Penyakit kanker dan lupus.
  • Efek samping obat dan operasi otak.
Risiko terkena meningitis juga akan meningkat pada ibu yang sedang hamil atau lupa menjalani imunisasi.
Selain itu Meningitis dapat dicegah dengan cara :
  • Mencuci Tangan.
  • Bersihkan permukaan yang terkontaminasi.
  • Tutup mulut ketika batuk.
  • Hindari berciuman atau berbagi gelas minum, alat makan, lipstik atau barang-barang lainnya dengan orang yang sakit atau dengan orang lain ketika anda sakit.
Pengobatan yang terbaik untuk Penyakit Meningitis tentu saja segera di bawa ke rumah sakit. Bahkan rumah sakitnya pun benar-benar yang berkelas dan memiliki perlengkapan yang baik untuk mendiagnosa penyakit ini karena dalam penyembuhan dan pengobatan penyakit meningitis harus dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium seperti test darah, rontgen bahkan cek cairan selaput otak. Pengobatan untuk meningitis tergantung pada penyebabnya. Untuk infeksi virus, dokter akan mengobati gejala dan menunggu untuk infeksi untuk sembuh dengan sendirinya. Untuk infeksi bakteri, pasien mungkin harus opname di rumah sakit agar dapat dipantau oleh dokter dan perawat.
Pengobatan biasa termasuk terapi antibiotik melalui infus, minum banyak cairan, dan istirahat. Antibiotik digunakan untuk mengobati bakteri radang selaput otak. Antibiotik tidak dapat mengobati meningitis viral. Obat antivirus dapat diberikan kepada orang-orang dengan herpes meningitis.

Faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit meningitis adalah
  • Tidak vaksin meningitis
  • Sebagian besar kasus meningitis akibat virus terjadi pada anak berusia lebih muda dari 5 tahun.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Orang yang baru saja menjalani transplantasi sumsum tulang
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes
  • Jika Anda sedang hamil, Anda meningkatkan risiko tertular listeriosis (infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria, yang juga dapat menyebabkan meningitis)
Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa mengalami meningitis. Anda harus konsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Diolah dari berbagai sumber

loading...

Blog, Updated at: 02:13:00
loading...