Harga Terbaru Macam-macam Jenis Kuda Tunggangan, Pacu dan Kuda Hias, Mana Yang Termahal?

loading...


Harga Kuda Saat Ini Sesuai Dengan Jenis dan Umur Serta Kegunaan, Kuda Apa Yang Memiliki Harga Paling Mahal Didunia?

Kuda Pacu Termahal, Fusaichi Pegasus. Inilah kuda paling mahal di dunia yang pernah dijual dengan harga total US$ 70 juta atau setara dengan Rp 930,05 miliar. Fusaichi Pegasus merupakan kuda balap dan telah memenangkan banyak kompetisi balap besar di seluruh dunia. Kuda ini telah memenangkan total hadiah sekitar US$ 1.994.000 atau setara dengan Rp 26,94 miliar, yang merupakan jumlah cukup besar untuk dimenangkan oleh kuda. Kuda ini dijual pada 2000 dan dinamakan sebagai kuda paling mahal di dunia.

Harga Kuda Sumbawa

Pada umumnya, kuda sumbawa untuk anakan, yang juga nantinya akan dijadikan kuda pacu dibandrol dengan harga Rp 25 juta. Namun jika bukan kuda pacuan, maka harganya bisa lebih murah sekitar 20 juta. Namun beberapa di antaranya juga bisa mencapai Rp30 juta. Dan jika kuda sudah berusia dua tahun maka harganya bisa lebih mahal lagi.

Kuda sumbawa merupakan salah satu rumpun kuda lokal Indonesia yang mempunyai sebaran asli geografis di Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2917/Kpts/OT.140/6/2011 tanggal 17 Juni 2011.

Kuda sumbawa mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh kuda dari bangsa lainnnya dan merupakan sumber daya genetik ternak Indonesia yang perlu dijaga dan dipelihara kelestariannya sehingga dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia. 

Ciri Spesifik Sifat Kualitatif: 
  1. Warna tubuh dominan warna terang sampai gelap.
  2. Bentuk tubuh kompak dan relatif kecil dengan punggung rata, sedangkan pada tipe pacu punggung agak cekung.
  3. Kepala: hidung dan mulut relatif besar.
  4. Ekor panjang dan berbulu lebat.
Kaki: persendian baik, bentuk kuku kecil, kaki belakang lebih tinggi.
Ciri Spesifik Sifat Kuantitatif: 
Ukuran permukaan tubuh
Tinggi pundak            
  • Jantan ±120,80 cm
  • Betina ±113,25 cm
Panjang badan           
  • Jantan ±120,40 cm
  • Betina ±111,25 cm
Lingkar dada              
  • Jantan ±136,00 cm
  • Betina ±138,75 cm
    1. Bobot badan                         
  • Jantan ±213,40 kg
  • Betina ±281,75 kg
Persentase karkas :  35%
Ciri Spesifik Sifat Reproduksi: 
  1. Umur pubertas:  12 – 18 bulan
  2. Siklus berahi:     22 – 23 hari
  3. Lama bunting:    330 – 350 hari
Sifat Produksi
  1. Produksi susu:  1 – 2 liter/ekor/hari
  2. Daya adaptasi:   baik
Daya tahan penyakit:   cukup baik

Harga Kuda Pacu

Kuda pacu adalah kuda yang dikembangkan khusus untuk pacuan. Jenis kuda ini memiliki kecepatan lari yang luar biasa dibanding bangsa kuda lainnya. Kecepatan kuda pacu bisa mencapai 80 km per jam. Sebagai perbandingan, cheetah mampu mencapai kecepatan 120 km per jam. Oleh karena itu kuda pacu memiliki harga yang sangat mahal. Paling murah harganya sekitar 100 jutaan untuk kualitas yang biasa sedangkan yang terbaik harganya bisa tembus miliaran. Beberapa kuda pacu ada yang hanya jago sprint jarak pendek dan ada juga yang kuat lari jarak jauh. Inilah 9 kuda tercepat di dunia.

Untuk anakan kuda pacu dibandrol dengan harga Rp 25 jutaan, sedangkan untuk kuda pacuan yang sudah siap bertarung di usia dua tahun kuda dijual dengan harga Rp 50 juta. Sementara, untuk kuda pacu yang unggul, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Dan semakin besar serta tenar si kuda maka akan semakin mahal. Pacuan kuda adalah olahraga berkuda yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Kuda dilatih untuk berpacu menuju garis akhir (finish) melawan peserta lain. Contohnya adalah balap kereta kuda yang populer pada masa Romawi kuno.
Hal ini tentu sebanding, sebab, dalam pemberian makan untuk kuda pacu bisa mencapai lebih dair Rp500 ribu, untuk satu kuda pacu. Bahkan, tak hanya menjual kuda, ada juga bisnis kawin kuda. Untuk bisnis kawin kuda ini, dibandrol dengan harga Rp5 juta.

Kuda paling cepat di dunia saat ini. Nama quarter diambil dari 'quarter mile', karena kuda ini spesialis dalam jarak seperempat mil (400 m) alias jarak pendek. Kecepatan lari kuda ini dapat mencapai 88 km per jam. Yang membuat kuda ini begitu hebat karena bentuk tubuhnya yang kompak dan berotot. Sehingga ia tidak hanya cepat, namun juga ahli bermanuver.

Harga Kuda Poni


Tak ada yang bisa memastikan harga dari kuda poni. Sebab, kuda poni memang memiliki harga yang berbeda. Dan harganya tidak main-main. Harga-harganya pun bakal buat geleng-geleng kepala. Untuk kuda yang biasa dan kerap dijadikan hiburan sebagai kuda delman bisa mencapai puluhan juta.
Kalau di Inggris, kuda poni yang terkecil adalah jenis Shetland, yang memiliki ukuran sekitar 7 jengkal tangan sedangkan jenis yang paling kuno adalah kuda poni Exmoor yang mirip dengan kuda yang biasanya digunakan oleh para penduduk Inggris sebelum zaman Romawi. Kuda poni yang biasanya di gunakan untuk kuda tunggang adalah jenis New Forest dan Welsh yang dikenal cukup terkenal. Ternyata gak cuma dikalangan orang kaya saja yang menginginkan kuda poni ini, bahkan masyarakat biasa juga mendambakan kuda jenis ini.
Namun, untuk kuda hias dan peliharaan harganya bisa di atas mencapai puluhan juta rupiah bahkan ratusan juta rupiah per ekornya. Bahkan, nih ada juga kuda poni yang harganya mencapai milyaran rupiah. Wow bukan. Namun rata-rata untuk kelas kuda poni adalah Rp14 juta, Rp15 juta, dan lainnya.

Kuda Poni adalah jenis kuda yang berukuran kecil bisa juga dibilang mini sih. Tingginya dari tanah sampai ke punggung saja kurang dari 14 jengkal tangan (142 cm) kecil kan guys. Katanya nih ya guys, para leluhur dari kuda poni juga memiliki ukuran yang kecil tetapi setelah kuda-kuda ini dikembangkan maka terciptalah kuda poni yang cukup kuat walaupun kecil.

Sampai saat ini, ternyata masih banyak orang yang menggunakan kuda ini sebagai alat transportasi dan katanya kuda kecil ini juga dapat meringankan pekerjaan manusia. Kuda poni ini biasanya juga digunakan sebagai kuda tunggang di tempat-tempat rekreasi dan biasanya mereka akan memberikan harga Rp. 20.000 untuk sekali putaran.

Hewan kecil pemakan rumput ini, jika mereka sangat kelaparan mereka dapat pula memakan daun dan tunas muda. Disamping itu kuda kecil yang satu ini juga memiliki penglihatan dan pendengaran yang cukup tajam lho. Kuda juga termasuk dalam mamalia berkuku ganjil. Kuda, keledai dan zebra memiliki kesamaan yang membuatnya berbeda hanyalah kulit saja.

Perbedaan yang paling jelas terletak pada besar dan bentuk telinga, semua kuda memiliki bulu surai yang tegak dan suatu garis gelap yang memanjang di punggung. Mungkin beberapa jenis kuda poni ada yang terlihat berbeda namun semuanya cenderung bersifat kuat dan mandiri, inilah yang merupakan ciri khas dari kuda poni ini.

Harga Kuda Delman

Untuk delman dan kudanya bisa didapat dengan harga yang lumayan tidak murah. Harga yang bisa dibayar untuk kuda plus delmannya adalah 17,5 jutaan. Untuk delmannya saja, harganya yakni 2,5 juta, itu terbuat dari kayu. Artinya untuk kudanya saja, harga yang bisa kita bayarkan sekitar 15 jutaan. Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda. 

Harga Kuda Sandel dan Kuda Bonsai

Kuda sandel, atau lebih lengkap kuda Sandalwood pony, adalah kuda pacu asli Indonesia yang dikembangkkan di Pulau Sumba. Nama "sandalwood" sendiri dikaitkan dengan cendana ("sandalwood") yang pada masa lampau merupakan komoditas ekspor dari Pulau Sumba dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya. Harga yang bisa kita bayarkan untuk kuda sandel dan kuda bonsai adalah Rp14 juta, Rp15 juta. Pada umumnya di harga tersebut. Jadi harganya masih pada takaran harga pada umumnya.

Nama Sandalwood, awalnya dikaitkan dengan kayu cendana (sandalwood tree) yang dulunya tumbuh subur di Pulau Sumba dan merupakan komoditas ekspor ke pulau-pulau lain di Nusa Tenggara.

Secara fisik, kuda Sandel memiliki postur pendek bila dibandingkan kuda-kuda ras Australia atau Amerika. Tinggi punggung kuda antara 130-142 cm, dengan sepasang telinga kecil dan mata ekspresif.

Keistimewaan kuda ini terletak pada leher proporsional dan berotot, surai yang tegas, dada dalam dengan bahu miring, punggung cukup panjang, serta kaki dan kuku yang kuat. Karena posturnya itu, kuda ini juga digunakan sebagai kuda tarik, kuda tunggang, dan kuda pacu. Selain memiliki daya tahan yang istimewa, kuda Sandel juga memiliki warna yang bervariasi, yaitu hitam, putih, merah, coklat dan abu-abu.

Jenis-jenis Kuda

Kuda sendiri telah hadir dalam beragam jenis. Berikut jenis-jenis kuda populer di luar negeri, yang dirangkum dari Tribun News.
  • Kuda Akhal Teke, diklaim sebagai kuda ras tertua di dunia. Kuda yang dilabeli kuda tercantik di dunia konon telah ada sejak 3000-an tahun yang lalu, di sebuah padang pasir berbatu yang dikelilingi pegunungan di kawasan Karakung, Turkmenistan. Ras kuda Akhal Teke dikenal memiliki kecepatan yang tinggi, cerdas, tangkas, serta punya rambut yang halus dan terawat.
  • Black Forest Horse, memiliki nama lain Black Forest Cold Blood, sisi menarik dari jenis ini adalah memiliki bulu yang panjang dan unik di bagian leher dan ekor. Kuda Black Forest sendiri berasal dari Tanah Arya, Jerman.
  • Kuda Shire, memiliki bulu yang sangat lebat dan panjang, yang tidak hanya terdapat pada kepala dan ekor, tetapi juga pada bagian kaki. Kuda Shire ini memiliki tampilan yang anggun serta postur yang besar dan tinggi. Masyarakat di Inggris hingga saat ini masih sering memanfaatkan kuda ini dalam proses angkut benda berat.
  • Kuda Poni, adalah jenis kuda berukuran kecil dengan tinggi dari tanah sampai ke punggung hanya 142 cm. Meski punya ukuran kecil, kuda ini memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam dan bersifat mandiri.
  • Kuda Marwari, dikenal sebagai kuda bangsa India dan punya daya tahan tubuh yang baik. Kuda ini hanya membutuhkan sedikit makanan untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh. Biasanya, kuda Marwari digunakan untuk pengerjaan bertani dan dikenal memiliki telinga unik berbentuk kurva yang masuk ke dalam.
  • Mustang, merupakan salah satu jenis kuda tangguh dari Amerika. Karena kebanyakan hidup di alam liar, maka Mustang lebih dikenal dengan Mustang si kuda liar.
Spesifikasi Kuda Harga (Rp)
  • Kuda Betina, umur 7 bulan 8.000.000
  • Kuda Tunggang 110 cm, umur 8 bulan 8.000.000
  • Kuda Betina 125 cm, umur 7 tahun 17.000.000
  • Kuda Sandelwood 127 cm, umur 3 tahun 18.000.000 – 22.000.000
  • Kuda Jantan 140 cm 26.000.000
  • Kuda Betina 136 cm, umur 3,5 tahun 28.000.000

Berikut tiga daftar kuda termahal di dunia yang dilansir dari laman Mostluxuriouslist.com:

Kuda Dengan Nama Totilas
Totilas masuk jajaran kuda paling mahal yang pernah dijual di pelelangan dengan harga tinggi, yaitu US$ 21 juta atau setara dengan Rp 279,03 miliar (kurs US$ 1=13.257).

Kuda ini merupakan kuda yang luar biasa karena telah menorehkan banyak catatan dan juga memenangkan berbagai ras di seluruh dunia. Selain itu, kuda ini juga telah membuat skor lebih dari 90 di hampir setiap kompetisi. Totilas dijual kepada orang-orang Jerman pada 2011 dan juga berpartisipasi dalam balapan di sana.

Kuda Pemilik Nama Shareef Dancer
Shareef Dancer adalah kuda yang telah menorehkan rekor dan memenangkan banyak balapan sehingga membuatnya menghasilkan pendapatan hampir US$ 246.463 atau sekitar Rp 3,27 miliar sepanjang kariernya.

Kuda ini dibeli oleh Emir Dubai di tahun 1983 dengan harga tinggi sebesar US$ 40 juta atau setara dengan Rp 531,47 miliar. Kuda ini disebut sebagai pejantan kuda utama yang sangat menguntungkan dan sukses juga. Shareef Dancer bahkan juga memenangkan gelar kuda dari Dubai Millennium karena keindahannya.

Kuda Bernama Fusaichi Pegasus, Kuda Termahal Di Dunia
Inilah kuda paling mahal di dunia yang pernah dijual dengan harga total US$ 70 juta atau setara dengan Rp 930,05 miliar. Fusaichi Pegasus merupakan kuda balap dan telah memenangkan banyak kompetisi balap besar di seluruh dunia. Kuda ini telah memenangkan total hadiah sekitar US$ 1.994.000 atau setara dengan Rp 26,94 miliar, yang merupakan jumlah cukup besar untuk dimenangkan oleh kuda. Kuda ini dijual pada 2000 dan dinamakan sebagai kuda paling mahal di dunia. 

loading...

Blog, Updated at: 20:28:00
loading...